Senin, 18 November 2019

SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon Distribusikan 160 Ribu Liter Air Bersih

Populer

Sebagai Icon Baru, PT. KAI Daop 3 Cirebon Resmikan Monumen Mesin Mekanik VDM 800 GS, Ini Bentuknya

Cirebon,- Bertepatan Hari Pahlawan yang jatuh tanggal 10 November 2019, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Oprasional (Daop) 3...

Tradisi Panjang Jimat Muncul Sejak Masa Pemerintahan Pangeran Cakrabuwana

Cirebon,- Tradisi Maulid Nabi Saw, merupakan tradisi yang tidak bisa dilepaskan dari sejarah Islamisasi di nusantara. Tradisi ini muncul...

Andra & The Backbone Meriahkan Puncak HUT ke-5 RSIA Cahaya Bunda Cirebon

Cirebon,- Perayaan puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda berlangsung meriah,...

Loko Coffee Shop Hadir di Kota Cirebon, Nongkrong Seperti Naik Kereta Api

Cirebon,- Setelah sukses membuka Loko Coffee Shop di Bandung pada bulan September lalu, PT. Reska Multi Usaha (RSU) kembali...

Peringati Ulang Tahun ke-30, Bentani Hotel & Residence Cirebon Menggelar Berbagai Kegiatan

Cirebon,- Bentani Hotel and Residence di bawah naungan PT. Bentani Permai Hotel yang tahun ini berulang tahun ke-30, melakukan...

Cirebon,- Kemarau panjang yang terjadi  di wilayah Kabupaten Cirebon sejak enam bulan terakhir, mengakibatkan beberapa wilayah di Kabupaten Cirebon mengalami krisis air bersih.

Bahkan, sumber resapan tak lagi mengelurakan air, setelah tak di guyur hujan lebih dari enam bulan terakhir.

Melihat fenomena tersebut, Satuan Siswa Pelajar, Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon bekerjasama dengan WPS.Inc dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Cirebon memberikan bantuan air bersih di lima titik, Sabtu (19/10/2019).

Loading...

Pemberian air bersih tersebut dihadiri langsung oleh Wisnu Pramudya dari WPS.Inc, Ketua SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon Irfan Sholahuddin Gozali, dan juga Perwakilan dari BPBD Kabupaten Cirebon Sholeh.

Ketua SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon, Irfan Sholahuddin Gozali mengatakan pembagian air bersih ini dilakukan di lima desa di wilayah Kabupaten Cirebon dalam rangka melanjutkan program SAPMA Pemuda Pancasila.

“Sebelumnya, kami telah bekerjasama dengan WPS.Inc melakukan hal yang sama di Yogyakarta tepatnya di Kecamatan Gunung Kidul,” ujarnya kepada About Cirebon, Sabtu (19/10/2019).

Lanjut Irfan, lima titik yang disalurkan air bersih di wilayah Kabupaten Cirebon yakni Desa Sedong Lor, Desa Windu Jaya, Desa Karang Wuni, Desa Ciwaringin Kecamatan Ciwaringin, san Deaa Luwungkencana Kecamatan Susukan.

“Total air bersih yang disalurkan sebanyak 160 ribu liter air dengan mengerahkan 10 mobil tangki air dengan kapasitas 8.000 ribu liter,” terangnya.

“10 mobil tangki air bersih ini dibagi dua  dengan dua kali pengantaran. 5 mobil ke wilayah Kecamatan Sedong dan 5 mobil lagi ke Kecamatan Ciwaringin,” imbuhnya.

Dipilihnya lima titik pembagian air bersih, kata Irfan, berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Cirebon, wilayah tersebut merupakan wilayah terparah krisis air bersih.

“Sehingga kita bersama-sama dengan WPS.Inc dan BPBD Kabupaten Cirebon menyalurkan air bersih di lima titik tersebut,” kata Irfan.

Rencananya, tambah Irfan, SAPMA Pemuda Pancasila dan juga WPS.Inc akan melakukan kegiatan serupa di Kota Boyolali, Jawa Tengah.

Sementara itu, Korlap BPBD Kabupaten Cirebon, Sholeh menambahkan dipilihnya lima desa tersebut karena wilayah Sedong merupakan dataran tinggi, serta diperparah dengan kondisi air Setu Sedong surut.

“Di wilayah Sedong ini hampir setiap desa mengalami kesulitan air bersih. Karena daerah ini jauh dari laut dan jauh dari mata air bersih untuk konsumsi sehari-hari,” ujarnya.

Sedangkan, kata Sholeh, di wilayah Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon sudah sejak bulan Juli mengalami krisis air bersih.

“Di wilayah ini karena tekstur tanah yang tandus serta embung,” jelasnya.

Di Desa Ciwaringin, menurut Sholeh, hanya ada satu-satunya mata air di Gunung Beringin Blok Tuk, itupun jauh dari pemukiman warga dan aksesnya yang sulit.

“Namun, bila tidak ada bantuan air bersih, warga terpaksa mengambil air di Gunugn Beringin demi mendapatkan air untuk mencuci pakaian, cuci piring dan tempat mandi saja,” pungkasnya.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Ketua Umum SAPMA Pemuda Pancasila, Aulia Arief, Ketua Umum SAPMA Pemuda Pancasila periode 2015-2019, Yedidiah Soerjosoemarno dan WPS.Inc serta rekan-rekan dari SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon,” tutupnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

ADV150 Urban Exploride, Ajak Konsumen dan Komunitas Kunjungi Tempat Bersejarah di Cirebon

Cirebon,- PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda Jawa Barat mengajak 100...

Cirebon Technopreneurship Kembali Gelar Seminar Nasional di Universitas Kuningan

Kuningan,- Revolusi industri 4.0 ada tantangan dan ada peluang yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kuningan (Uniku) bekerja...

DAM Tawarkan Berbagai Program Spesial di Honda Premium Matic Day Cirebon

Cirebon,- PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat bekerja sama dengan PT Astra Honda...

Nasi Jamblang Hj. Lili Berdayakan Warga Sekitar, Urban Farming Hingga Sirup Kemon

Cirebon,- Nasi Jamblang Hj. Lili yang baru dibuka pada tanggal 9 November 2019 lalu mengusung konsep yang berbeda. Dengan konsep modern, kuliner khas Cirebon...

Belia Lashes Tempat Perawatan Bulu Mata Hadir Di Cirebon

Cirebon,- Perawatan bulu mata kini sudah menjadi salah satu pilihan para wanita untuk terlihat lebih menarik. Perawatan ini juga sudah terbilang trend dan menjadi...

More Articles Like This