SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon Distribusikan 160 Ribu Liter Air Bersih

Cirebon,- Kemarau panjang yang terjadi  di wilayah Kabupaten Cirebon sejak enam bulan terakhir, mengakibatkan beberapa wilayah di Kabupaten Cirebon mengalami krisis air bersih.

Bahkan, sumber resapan tak lagi mengelurakan air, setelah tak di guyur hujan lebih dari enam bulan terakhir.

Melihat fenomena tersebut, Satuan Siswa Pelajar, Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon bekerjasama dengan WPS.Inc dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Cirebon memberikan bantuan air bersih di lima titik, Sabtu (19/10/2019).

Pemberian air bersih tersebut dihadiri langsung oleh Wisnu Pramudya dari WPS.Inc, Ketua SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon Irfan Sholahuddin Gozali, dan juga Perwakilan dari BPBD Kabupaten Cirebon Sholeh.

Ketua SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon, Irfan Sholahuddin Gozali mengatakan pembagian air bersih ini dilakukan di lima desa di wilayah Kabupaten Cirebon dalam rangka melanjutkan program SAPMA Pemuda Pancasila.

BACA YUK:  Ekonomi Syariah Meningkat, Universitas Berbasis Syariah Pun Semakin Diminati

“Sebelumnya, kami telah bekerjasama dengan WPS.Inc melakukan hal yang sama di Yogyakarta tepatnya di Kecamatan Gunung Kidul,” ujarnya kepada About Cirebon, Sabtu (19/10/2019).

Lanjut Irfan, lima titik yang disalurkan air bersih di wilayah Kabupaten Cirebon yakni Desa Sedong Lor, Desa Windu Jaya, Desa Karang Wuni, Desa Ciwaringin Kecamatan Ciwaringin, san Deaa Luwungkencana Kecamatan Susukan.

“Total air bersih yang disalurkan sebanyak 160 ribu liter air dengan mengerahkan 10 mobil tangki air dengan kapasitas 8.000 ribu liter,” terangnya.

“10 mobil tangki air bersih ini dibagi dua  dengan dua kali pengantaran. 5 mobil ke wilayah Kecamatan Sedong dan 5 mobil lagi ke Kecamatan Ciwaringin,” imbuhnya.

BACA YUK:  Warga Pegajahan Selatan Kota Cirebon Bisa Raup Rupiah dari Program Bank Sampah

Dipilihnya lima titik pembagian air bersih, kata Irfan, berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Cirebon, wilayah tersebut merupakan wilayah terparah krisis air bersih.

“Sehingga kita bersama-sama dengan WPS.Inc dan BPBD Kabupaten Cirebon menyalurkan air bersih di lima titik tersebut,” kata Irfan.

Rencananya, tambah Irfan, SAPMA Pemuda Pancasila dan juga WPS.Inc akan melakukan kegiatan serupa di Kota Boyolali, Jawa Tengah.

Sementara itu, Korlap BPBD Kabupaten Cirebon, Sholeh menambahkan dipilihnya lima desa tersebut karena wilayah Sedong merupakan dataran tinggi, serta diperparah dengan kondisi air Setu Sedong surut.

“Di wilayah Sedong ini hampir setiap desa mengalami kesulitan air bersih. Karena daerah ini jauh dari laut dan jauh dari mata air bersih untuk konsumsi sehari-hari,” ujarnya.

BACA YUK:  Nama Tidak Boleh Satu Kata, Simak Syarat Baru Pencatatan Dokumen Kependudukan Berikut Ini

Sedangkan, kata Sholeh, di wilayah Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon sudah sejak bulan Juli mengalami krisis air bersih.

“Di wilayah ini karena tekstur tanah yang tandus serta embung,” jelasnya.

Di Desa Ciwaringin, menurut Sholeh, hanya ada satu-satunya mata air di Gunung Beringin Blok Tuk, itupun jauh dari pemukiman warga dan aksesnya yang sulit.

“Namun, bila tidak ada bantuan air bersih, warga terpaksa mengambil air di Gunugn Beringin demi mendapatkan air untuk mencuci pakaian, cuci piring dan tempat mandi saja,” pungkasnya.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Ketua Umum SAPMA Pemuda Pancasila, Aulia Arief, Ketua Umum SAPMA Pemuda Pancasila periode 2015-2019, Yedidiah Soerjosoemarno dan WPS.Inc serta rekan-rekan dari SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon,” tutupnya. (AC212)

(Dilihat: 27 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.