Rabu, 3 Juni 2020

SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon Distribusikan 160 Ribu Liter Air Bersih

Populer

Ada Pedagang Positif Covid-19, Pasar Sumber Ditutup Sementara Selama 14 Hari

Cirebon,- Dua Pedagang Pasar Sumber Kabupaten Cirebon terkonfirmasi Positif Covid-19 setelah dilakukan tes massal swab pada tanggal 18 Mei...

Masuk Zona Biru, Kabupaten Cirebon Tidak Perpanjang PSBB

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Cirebon berakhir pada hari ini, Jumat 29 Mei 2020.Pemerintah Daerah Kabupaten...

Mulai Besok Grage Mall dan Grage City Mall Siap Beroperasi Kembali

Cirebon,- Setelah menutup sementara operasional mall, Grage Group memutuskan Grage Mall dan Grage City Mall akan dibuka kembali besok,...

Tanpa Gejala Klinis, Dua Pedagang Pasar Sumber Terkonfirmasi Positif Covid-19

Cirebon,- Dua pedagang Pasar Sumber terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil test swab massal menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction)...

Pasar Sumber Ditutup, Pedagang Rela Demi Kesehatan Bersama

Cirebon,- Setelah ditemukan pedagang pasar sumber yang terkonfirmasi positif Covid-19, Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon menutup sementara operasional pasar selama...

Cirebon,- Kemarau panjang yang terjadi  di wilayah Kabupaten Cirebon sejak enam bulan terakhir, mengakibatkan beberapa wilayah di Kabupaten Cirebon mengalami krisis air bersih.

Bahkan, sumber resapan tak lagi mengelurakan air, setelah tak di guyur hujan lebih dari enam bulan terakhir.

Melihat fenomena tersebut, Satuan Siswa Pelajar, Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon bekerjasama dengan WPS.Inc dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Cirebon memberikan bantuan air bersih di lima titik, Sabtu (19/10/2019).

Loading...

Pemberian air bersih tersebut dihadiri langsung oleh Wisnu Pramudya dari WPS.Inc, Ketua SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon Irfan Sholahuddin Gozali, dan juga Perwakilan dari BPBD Kabupaten Cirebon Sholeh.

Ketua SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon, Irfan Sholahuddin Gozali mengatakan pembagian air bersih ini dilakukan di lima desa di wilayah Kabupaten Cirebon dalam rangka melanjutkan program SAPMA Pemuda Pancasila.

“Sebelumnya, kami telah bekerjasama dengan WPS.Inc melakukan hal yang sama di Yogyakarta tepatnya di Kecamatan Gunung Kidul,” ujarnya kepada About Cirebon, Sabtu (19/10/2019).

Lanjut Irfan, lima titik yang disalurkan air bersih di wilayah Kabupaten Cirebon yakni Desa Sedong Lor, Desa Windu Jaya, Desa Karang Wuni, Desa Ciwaringin Kecamatan Ciwaringin, san Deaa Luwungkencana Kecamatan Susukan.

“Total air bersih yang disalurkan sebanyak 160 ribu liter air dengan mengerahkan 10 mobil tangki air dengan kapasitas 8.000 ribu liter,” terangnya.

“10 mobil tangki air bersih ini dibagi dua  dengan dua kali pengantaran. 5 mobil ke wilayah Kecamatan Sedong dan 5 mobil lagi ke Kecamatan Ciwaringin,” imbuhnya.

Dipilihnya lima titik pembagian air bersih, kata Irfan, berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Cirebon, wilayah tersebut merupakan wilayah terparah krisis air bersih.

“Sehingga kita bersama-sama dengan WPS.Inc dan BPBD Kabupaten Cirebon menyalurkan air bersih di lima titik tersebut,” kata Irfan.

Rencananya, tambah Irfan, SAPMA Pemuda Pancasila dan juga WPS.Inc akan melakukan kegiatan serupa di Kota Boyolali, Jawa Tengah.

Sementara itu, Korlap BPBD Kabupaten Cirebon, Sholeh menambahkan dipilihnya lima desa tersebut karena wilayah Sedong merupakan dataran tinggi, serta diperparah dengan kondisi air Setu Sedong surut.

“Di wilayah Sedong ini hampir setiap desa mengalami kesulitan air bersih. Karena daerah ini jauh dari laut dan jauh dari mata air bersih untuk konsumsi sehari-hari,” ujarnya.

Sedangkan, kata Sholeh, di wilayah Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon sudah sejak bulan Juli mengalami krisis air bersih.

“Di wilayah ini karena tekstur tanah yang tandus serta embung,” jelasnya.

Di Desa Ciwaringin, menurut Sholeh, hanya ada satu-satunya mata air di Gunung Beringin Blok Tuk, itupun jauh dari pemukiman warga dan aksesnya yang sulit.

“Namun, bila tidak ada bantuan air bersih, warga terpaksa mengambil air di Gunugn Beringin demi mendapatkan air untuk mencuci pakaian, cuci piring dan tempat mandi saja,” pungkasnya.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Ketua Umum SAPMA Pemuda Pancasila, Aulia Arief, Ketua Umum SAPMA Pemuda Pancasila periode 2015-2019, Yedidiah Soerjosoemarno dan WPS.Inc serta rekan-rekan dari SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon,” tutupnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Lanjut PSBB Jilid III , Pemerintah Kota Cirebon Gencarkan Pemeriksaan Tes Swab

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap kedua di Kota Cirebon berakhir tanggal 2 Juni 2020.Pemerintah Daerah Kota Cirebon...

Oasis Poolside Aston Cirebon Kembali Dibuka

Cirebon,- Oasis Poolside Aston Cirebon akan kembali beroperasi untuk mengobati kerinduan para pecinta kuliner di Cirebon.Menurut Asst PR Manager Aston Cirebon, Litania Putri Utami,...

2.375 Calon Jamaah Haji di Kabupaten Cirebon Batal Berangkat

Cirebon,- Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Cirebon dipastikan batal berangkat ke tanah suci pada musim haji tahun 2020.Karena Pandemi Covid-19, sampai saat ini Pemerintah...

Satu Pedagang Positif Covid-19, Tiga Pasar di Pabuaran Ditutup Sementara Selama Tiga Hari

Cirebon,- Sebagai tindak lanjut adanya salah satu pedagang di Pasar Pabuaran, Kabupaten Cirebon yang terkonfirmasi positif Covid-19 usai mengikuti tes swab massal, 3 pasar...

Selama Pandemi Covid-19, Dokter Yasmin Dermawan Tangani 1.500 Pasien dalam Sebulan

Cirebon,- Selama Pandemi Covid-19, angka kehamilan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda yang terletak di Jalan Perjuangan, Kota Cirebon mengalami peningkatan.Peningkatan...

More Articles Like This