Sanggar-Sanggar Seni Tampilkan yang Terbaik di Pasar Seni Rakyat 27 – 28 Agustus 2022

Cirebon,- Pasar Seni Rakyat yang diinisiasi Pengurus Cabang Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (PC Lesbumi) Kabupaten Cirebon tinggal menghitung hari. Para seniman tradisi setempat yang berkesempatan tampil pun mengaku akan memberikan penampilan terbaiknya pada malam 28 Agustus 2022 mendatang.

Dikatakan Stage Manager PSR PC Lesbumi Edeng Syamsul Ma’arif, segala persiapan dari mulai proses kurasi naskah, mentoring, dan latihan untuk perhelatan pada 27 – 28 Agustus 2022 di Lapang Bola Desa Sitiwinangun, Kec. Jamblang, Kab. Cirebon tersebut telah ditunaikan oleh sanggar-sanggar seni yang terlibat.

“Adanya latihan bersama ini bertujuan untuk menyatukan pikiran dan emosi satu sama lain agar penampilan terbaik mereka dapat dinikmati oleh khalayak,” ujar Edeng seperti keterangan tertulis yang diterima About Cirebon.

BACA YUK:  800 Mahasiswa UGJ Dari 7 Fakultas dan Pascasarjana di Wisuda

Adapun sanggar-sanggar yang lolos dan berkesempatan tampil di antaranya Langgeng Safitri Wijaya dari Desa Orimalang menampilkan Rampak Topeng Klana 9, Sanggar Seni Pokdarwis dari Desa Bakung Kidul menyuguhkan pertunjukan Lais, Sanggar Sekar Pusaka Desa Wangunharja mempersembahkan Brai, Cipta Bagus Winangun dari Desa Sitiwinangun menyajikan Sintren, dan Nimas Mayangsari dari Desa Bojong Lor mengangkat lakon sandiwara Putri Ong Tien Nio.

Kelimanya bertemu dan latihan bersama di Pendopo Pancaniti Masjid Keramat Kebagusan Desa Sitiwinangun.

Menurut Sukarno Muhammad Ace dari Sanggar Brai Sekar Pusaka, pihaknya sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari.

BACA YUK:  Qoala Plus Optimis Jadi Solusi Asuransi Digital, Angka Penjualan Asuransi Terus Meningkat

“Rasanya sudah tidak sabar menunggu hari H. Semoga Pasar Seni Rakyat Kecamatan Jamblang lancar dan sukses. Bisa menjadi sarana kreatif dan silaturahmi melalui seni dan budaya,” ucap Ace.

Sementara menurut Koordinator PSR PC Lesbumi Wahyono An-Najih, selain pagelaran pentas seni, ada pula pameran keris, perlombaan mewarnai topeng dan gerabah sebagai ciri khas Desa Sitiwinangun, karnaval, dan bazar UMKM.

“Jangan lupa datang ya. Kita hidupkan kesenian yang ada di Cirebon sekaligus memberdayakan ekonomi masyarakat sekitar. Pasar Seni Rakyat ini menjadi milik bersama,” ujar Wahyono.

BACA YUK:  Inilah Aturan Terbaru Naik Kereta Api Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Pasar Seni Rakyat Kecamatan Jamblang, imbuh Wahyono, akan dihadiri oleh Rois Suriyah KH Wawan Arwani Amin, Ketua Tanfidziyah Terpilih masa khidmat 2022-2027 KH Aziz Hakim Syaerozie, Bupati Cirebon Drs. Imron Rosyadi, M.Ag, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon HM Luthfi M.Si, Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Dr. Deni Nurcahya S.T, M.Si, Kapolresta Cirebon, Dandim 0620 Kabupaten Cirebon, tokoh agama desa setempat beserta segenap jajaran muspika di Kecamatan Jamblang. (rilis)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *