Sambil Nunggu Waktu Berbuka, Warga Kunjungi Situs Sunan Kalijaga

Cirebon,- Situs Kramat Sunan Kalijaga, yang terletak di Jalan Kalijaga, Kota Cirebon, saat sore hari di bulan Ramadan dikunjungi warga. Pasalnya, banyak sekali monyet-monyet yang mendiami situs kramat ini.

Setiap sore, banyak warga yang datang memberikan makan kepada monyet-monyet tersebut. Tak jarang, warga pun membawa anak-anaknya melihat monyet-monyet sambil menunggu waktu berbuka.

Menurut pengurus Situs Kramat Sunan Kalijaga, Bambang Mas Adiningrat setiap sore di bulan Ramadan, banyak sekali warga yang datang untuk sekadar memberi makan atau menunggu waktu berbuka.

BACA YUK:  RS Sumber Kasih Hadirkan Layanan Pemeriksaan Kandungan Gratis

“Biasanya, kalau bukan bulan Ramadan sepi. Hanya saja ada pengujung yang datang untuk berziarah,” ujarnya kepada About Cirebon, Sabtu (19/5/2018).

Lanjut dia, memang setiap tahun, Situs Sunan Kalijaga ini menjadi tempat rutin untuk nyenyor warga Cirebon dan sekitarnya sambil menunggu waktu berbuka puasa.

“Jumlah monyet disini kurang lebih ada 100 monyet. Dari 100 monyet dibagi menjadi dua kelompok, ada kelompok selatan dan kelompok utara,” ungkapnya.

Menurut Bambang, perawatan Situs Kramat Sunan Kalijaga ini didapat dari kas parkir pengujung yang datang. Namun dari pemerintah hanya memfasilitasi apa yang dibutuhkan, seperti pemegaran situs, sedangkan pemeliharan situs tetap dari pengurus.

BACA YUK:  Disbudpar Hadirkan Program Literasi Budaya dan Profesi Kota Cirebon

Selain itu, salah satu pengujung, Salahudin dari Kasepuhan sengaja datang untuk melihat-lihat monyet dan menunggu waktu berbuka puasa.

“Setiap Ramadan pasti ke sini, bahkan tiap sore selalu rame pengujung,” katanya. (AC212)

(Dilihat: 13 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.