Saat Cuaca Cirebon Panas, Pembeli Es Tape Bakung Meningkat Signifikan

Cirebon,- Panasnya Cirebon tentu tak menghentikan aktivitas keseharian masyarakatnya. Tapi, bagaimana kalau membuat gerah, lemas, dan males, maka solusinya hanya satu yaitu minum yang manis, asem, dingin, dan segar seperti es tape ketan Bakung.

Siapa yang tak kenal dengan Es Tape Ketan Bakung khas Cirebon, rasanya yang segar membuat lemas dan gerah menjadi hilang. Berbahan dasar tape ketan bakung yang memang sesuai namanya berasal dari desa Bakung, Jamblang, Kabupaten Cirebon tentu miliki rasa khas fermentasi.

BACA YUK:  HZM Siap Maju ke DPR RI dari Partai Nasdem

Bermandikan air gula dan yang bercampur es batu, es tape ketan bakung hanya Rp5.000 per cup dan Rp. 3.000 per kantong plastik es. Hendri salah satu penjual di Kawasan Weru tepatnya di Jalan Fatahillah, Cirebon sendiri mengakui sudah hampir 7 tahun berjualan es tape ketan Bakung dan memang mengakui perolehan keuntungan paling tinggi saat siang hari terik panas matahari.

“ Kalau panas pasti lebih banyak yang beli, kalau dibandingin bedanya bisa 50 persen dengan saat mendung, semisal panas 50 orang itu dalam setengah hari, nah pas hujan atau mendung boro-boro 50 orang,” beber Hendri.

BACA YUK:  Peringati Hari Tani, Yayasan Wangsakerta Dorong Perhatian Pemerintah Lakukan Regenerasi Petani

Meskipun begitu, ia merasa bersyukur karena beberapa belakangan ini musim panas selalu datang dan meningkatkan pelanggan yang beli.

“Alhamdulillah sekarang kan lagi panas terus jadi lumayan lah pembelinya,” tuturnya.

Sebagai warga asli Bakung, Hendri mengakui bahwa menjual es tape ketan Bakung cukup menguntungkan karena tidak begitu beresiko dengan adanya mubazir bahan baku yang membusuk atau terbuang, karena bahan baku dasar tape ketan yang merupakan hasil fermentasi.

Tak hanya itu, menjual es tape bakung bukan hanya menjadi keuntungan bagi Hendri melainkan kebanggaan karena dapat terus mengenalkan makanan khas daerahnya. (SUB)

BACA YUK:  Terima Kunjungan KPU, Partai Gelora Kota Cirebon Siap Menangkan Pemilu
(Dilihat: 74 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.