Rupbasan Cirebon Ikuti Upacara HBP Ke-59 dan Halal Bi Halal Kemenkumham Secara Virtual

Cirebon,- Rupbasan Cirebon mengikuti kegiatan Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59 dan Halal Bi Halal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun 2023 diselenggarakan secara virtual terpusat oleh Pusdatin Kemenkumham, Selasa (2/5/2023).

Pada upacara tersebut, Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna Hamonangan Laoly ditunjuk sebagai inspektur. Sedangkan Perwira Upacara dipimpin oleh Pujo Harinto selaku Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Komandan Upacara di Komando oleh Sigit Budianto Selaku koordinator Kerjasama dan Evaluasi pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

BACA YUK:  Jalin Sinergitas Rupbasan Cirebon Sambangi Markas Batalyon Arhanud 14/PWY

“Bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila, pemikiran-pemikiran mengenai fungsi pemidanaan tidak lagi sekadar penjeraan. Tetapi juga merupakan suatu usaha rehabilitasi dan reintegrasi sosial warga binaan yang telah ditetapkan dengan suatu sistem perlakuan terhadap para pelanggar hukum di indonesia yang dinamakan dengan sistem Pemasyarakatan,” kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Reynhard Silitonga saat membacakan sejarah singkat Pemasyarakatan.

Dalam sambutannya, Yasonna mengucapkan Selamat Hari raya Idul Fitri 1444 H dan Selamat Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59 dengan tema “Transformasi Pemasyarakatan Semakin PASTI Berakhlak, Indonesia Maju”.

BACA YUK:  Rayakan Hari Bakti Pemasyarakatan, Rupbasan Kelas I Cirebon Gelar Donor Darah

”Halal Bi Halal harus kita maknai sebagai momentum untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan, introspeksi diri dan juga memperkuat rasa kebersamaan. Dengan semangat baru setelah cuti lebaran, mari kita mulai kembali bekerja dan melayani masyarakat dengan semakin baik,” ucapnya.

Yasonna mengajak seluruh jajarannya di momen Upacara HBP ke-59 dan Halal Bi halal untuk kembali bersemangat dalam bekerja.

”Refleksikan kembali apa saja yang belum dikerjakan, bagaimana konsep serta langkah-langkah perbaikan kedepannya, teguhkan komitmen dan konsistensi seluruh insan Pemasyarakatan Kemenkumham dalam mewujudkan kebijakan yang telah saya terapkan yakni ”Transformasi Pemasyarakatan yang Semakin PASTI Berakhlak,” jelasnya.

BACA YUK:  2 Pegawai Rupbasan Cirebon Naik Pangkat, Pegawai Terbaik Diberi Reward

Yasonna menyampaikan 3 poin penting dalam kegiatan ini diantaranya segera kembali bekerja target kinerja merupakan target utama untuk segera dilaksanakan dan diselesaikan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

“Perkuat sinergi dan kolaborasi pada pelaksanaannya dan tingkatkan kedisiplinan setelah melaksanakan cuti bersama,” paparnya.

kegiatan kemudian dilanjukan dengan Halal Bi Halal secara serentak yang dilakukan pada Kementerian, Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis masing-masing. (HSY)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *