Rumah Zakat Peduli Korban Letusan Gunung Semeru

Bandung,- Erupsi dan banjir lahar akibat letusan Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu, (4/12) menyisakan kepedihan yang mendalam. Hal ini menyebabkan dua kecamatan terdampak, satu jembatan putus, 13 orang meninggal dunia, 37 orang terluka, serta 902 orang mengungsi.

Merespon hal tersebut, Rumah Zakat mengirimkan para relawan terdekat yakni Jember, Kediri, dan juga Bandung untuk berkoordinasi dengan pihak berwenang dalam melakukan evakuasi dan juga menyalurkan bantuan.

Sedikitnya, 10 Orang relawan diterjunkan dalam aksi ini. Para relawan Rumah Zakat membawa 1 unit ambulans, 1 unit armada rescue, 2000 paket Superqurban, masker medis, masker respirator, generator, lampu emergency, APD, oksigen, dan P3K.

BACA YUK:  Peringati Hari Kesehatan Sedunia, Ketua IDI Kota Cirebon: Harus Diperhatikan Mental, Ibu dan Anak, serta Iklim

“Hari minggu ini kemarin, kami membuka pos layanan, untuk melayani kebutuhan logistik dan juga medis, serta melakukan evakuasi warga,” ujar koordinator Relawan Rumah Zakat, Yazid.

Hingga saat ini status Gunung Api Semeru masih Waspada level 2 dan kondisi udara menurut radar Accuweather Udara mencapai tingkat polusi tinggi dan tidak sehat untuk kelompok yang sensitif. Sementara itu Evakuasi yang tengah dilakukan relawan saat ini di hentikan sementara karena abu vulkanik mulai turun kembali.

Menurut Kepala Cabang Rumah Zakat Cirebon, Iman Handiman menambahkan, bencana letusan Gunung Semeru ini merupakan bencana nasional yang harus di bantu bersama-sama.

BACA YUK:  Kementerian Agama Tetapkan Label Halal Indonesia yang Baru

“Kita turut serta merasakan kegelisahan dan kesedihan masyarakat yang terdampak, maka dari itu, Rumah Zakat berusaha meringankan dan memberi kebahagiaan untuk warga terdampak, dengan mengirimkan relawan dan juga kebutuhan warga termasuk makanan dan lainnya,” paparnya.

Dia juga berharap agar warga terdampak bisa beraktivitas kembali, mendapatkan relokasi tempat tinggal yang lebih aman. Adapun kebutuhan mendesak saat ini yaitu Makanan Siap Saji, selimut, alas tidutr, air mineral, masker, air bersih, dan oksigen. Pihaknya juga masih membuka donasi online melalui https://bit.ly/Donasi-Bencana-Nasional maupun melalui transfer ke BCA 094 301 6001, Mandiri 132000 481 974 5 atau Bank Syariah Indonesia (BSI) 701 551824 8 atas nama Yayasan Rumah Zakat Indonesia. Selain itu, bisa juga berdonasi langsung ke kantor Rumah Zakat Cirebon, Jalan Stasiun Kejaksan No 12B Kota Cirebon. (AC560)

(Dilihat: 30 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.