RTIK Kabupaten Cirebon Borong Penghargaan Festik 2022 di Pontianak

Cirebon,- Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Relawan TIK) Kabupaten Cirebon, memborong penghargaan, pada kegiatan Festival TIK (Festik) 2022 di Pontianak Kalimantan Barat.

Kegiatan yang diselenggarakan pada 16 – 17 November di Kampus Politeknik Negeri Pontianak itu, RTIK Kabupaten Cirebon berhasil memborong tiga penghargaan.

Tiga penghargaan yang diraih yaitu program inovasi terbaik, pandu digital relawan TIK terbaik dan anugerah transformasi digital desa terbaik.

Ketua Relawan TIK Kabupaten Cirebon Akhmad Rofahan mengatakan program inovasi terbaik, karena RTIK Kabupaten Cirebon memiliki program-program inovatif yang saat ini sedang dijalankan. Salah satunya yaitu pendampingan desa.

“Pelayanan dan informasi desa, kita arahkan untuk berbasis digital,” ujar Rofahan, Kamis (17/11/2022).

BACA YUK:  Lebih Lengkap, Hello Bloom Cirebon Terima Jasa Pembuatan Paper Flower Board, Bouquet Hingga Acrilic Board

Menurut Rofahan, pendampingan desa yang dilakukan oleh RTIK Kabupaten Cirebon ini, berkolaborasi dengan Diskominfo Kabupaten Cirebon dan Zeo Technology. Salah satu tujuan dari program pendampingan desa ini, yaitu untuk memberikan keterbukaan informasi kepada masyarakat dan juga memberikan kemudahan dalam pelayanan.

Selain diajarkan dalam pemanfaatan media sosial, aparat desa juga dilatih mengelola Sistem Informasi Desa (SID) untuk mempermudah layanan.

Salah satu yang sudah dikembangkan, yaitu pelayanan administrasi dengan hanya menggunakan tapping KTP. Pelayanan tersebut sudah dilakukan di Desa Kalikoa Kecamatan Kedawung, yang juga mendapatkan penghargaan di Pontianak.

BACA YUK:  Batam Station Hadirkan Coffee Shop, Barbershop dan Toko Skincare di Cirebon Termasuk Mie Tarempa Khas Batam

Dengan tapping KTP tersebut, petugas tidak perlu mengetik ulang nama dan alamat warga yang akan mengurusi persuratan.

“KTP tinggal ditempelkan dan nanti sudah tercantum nama dan alamatnya. Warga tinggal memilih mau mencetak jenis surat seperti apa,” kata Rofahan.

Selain pendampingan desa, pada tahun 2022 ini, Relawan TIK Kabupaten Cirebon juga, berhasil meliterasi sebanyak 4.000 pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Cirebon.

Kegiatan literasi itu, dilaksanakan secara roadshow ke sejumlah sekolah dan kampus. Rofahan mengklaim, capaian sasaran yang terliterasi ini, merupakan yang terbesar diantara gerakan relawan TIK lainnya di Indonesia.

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di ULP Sumber, 8 November 2022

“Mungkin, capaian sasaran literasi yang dilakukan oleh Relawan TIK Kabupaten Cirebon, merupakan capaian terbesar, dibandingkan dengan gerakan RTIK lainnya di Indonesia,” ujar Rofahan.

Rofahan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus dan anggota RTIK Kabupaten Cirebon, yang sudah secara maksimal memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Cirebon.

Selain itu, Rofahan menilai, dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Diskominfo Kabupaten Cirebon yang sangat besar, sangat membantu diraihnya tiga penghargaan pada Festik 2022 ini.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada para kuwu,kepala sekolah dan instansi lainnya yang telah bekerjasama dengan RTIK Kabupaten Cirebon,” pungkasnya. (HSY)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *