Selasa, 7 Desember 2021

RSD Gunung Jati Kota Cirebon Luncurkan Layanan Swab Drive Thru Maupun Walk In

Populer

Pria Asal Cirebon ini Sukses Menjadi Importir Ikan Koi

Cirebon,- Pehobi ikan koi asal Cirebon, Jawa Barat berhasil menjadi dealer koi import ternama di kancah dunia perkoian nusantara....

Geubrina Cafe Aceh, Kuliner Aceh Terlengkap di Kota Cirebon dan ini Promonya di Bulan Desember

Cirebon,- Aceh memiliki beragam kuliner yang khas untuk bisa dinikmati bagi para pecinta kuliner. Di Cirebon, terdapat kafe atau...

Kearifan Lokal Kerajinan Gerabah di Blok Posong Arjawinangun, Cirebon Terancam Hilang, Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Cirebon,- Desa Arjawinangun Kecamatan Arjawinangun terletak di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Secara kontur, letak permukaan tanah adalah datar...

Little Black Coffee and Tea Buka Cabang Baru, Hadirkan Konsep Collab Space

Cirebon,- Little Black Coffee and Tea kini melebarkan sayapnya dengan membuka cabang yang kedua untuk para pecinta kopi di...

Mengenal Metode ERACS yang Dijalankan Nagita Slavina, ini Penjelasan dr. Yasmin Dermawan

Cirebon,- Nagita Slavina baru saja melahirkan putra keduanya beberapa hari lalu dengan proses operasi sesar. Namun, setelah menjalani operasi...

Cirebon,- Untuk memudahkan masyarakat mendeteksi penularan COVID-19, Rumah Sakit Daerah Gunung Jati (RSDGJ) Kota Cirebon berinovasi membuat layanan Swab Drive Thru maupun Walk In, Jumat (1/10/2021). Layanan tersebut berada di Area Parkir Pakungwati RSD Gunung Jati Kota Cirebon.

Layanan Swab Drive Thru ini beroperasi setiap hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Layanan tersebut melayani tiga pemeriksaan yakni Rapid Antigen, Tes RT-PCR, dan Tes Isothermal PCR COVID-19.

Direktur RSD Gunung Jati, dr. Katibi, MKM mengatakan layanan Swab Driver Thru mau Walk in merupakan terobosan yang dilakukan RSD Gunung Jati Kota Cirebon. Sehingga, volume pelayanan di RSD Gunung Jati bisa meningkat.

Loading...

“Ini sebagai daya dukung untuk penanganan dan penanggulangan COVID-19 secara umum. Dan sebagai institusi pelayanan publik bisa menjadi lebih baik dari hari-hari sebelumnya, lebih cepat, lebih bermutu, dan lebih baik,” ujar dr. Katibi saat ditemui About Cirebon.

BACA YUK:  Kalahkan Petahana, Tukang Becak ini Terpilih Menjadi Kuwu Desa Jungjang

Katibi menjelaskan kelebihan dari layanan Swab Drive Thru maupun Walk in di RSD Gunung Jati, dari sisi waktu bisa lebih cepat terutama dari sisi aksesibilitas.

“Kalau selama ini spesimen yang datang ke RSD Gunung Jati itu kiriman dari Puskesmas, dari IGD COVID, dan dari ruangan-ruangan. Maka sekarang ada tambahan dari pasien yang datang langsung,” katanya.

Katibi menjelaskan dibukanya layanan Swab Drive Thru maupun Walk in ini untuk mengantisipasi datangnya gelombang ketiga COVID-19. Namun, menurut Katibi, pihaknya tidak menginginkan itu terjadi.

“Karena, dalam satu antisipasi ada daya dukung pemeriksaan. Sehingga pembukaan ini salah satu untuk mengantisipasi gelombang ketiga COVID-19. Tapi mudah-mudahan itu tidak terjadi,” katanya.

Selain itu, pembukaan layanan Swab Drive Thru maupun Walk In ini, pemeriksaan bisa lebih cepat dan murah. Karena, sudah ditetapkan untuk pemeriksaan Swab RT-PCR pasien umum hanya Rp. 445.000.

BACA YUK:  Modern Jewelry Berikan Solusi Perhiasan Pengganti Emas di Kota Cirebon

“Untuk Pemeriksaan Swab Antigen hanya Rp. 90 ribu, Tes RT-PCR Rp. 445 ribu, dan Tes Isothermal PCR Rp. 718.000,” jelasnya.

Mengenai hasil pemeriksaan Swab Drive Thru maupun Walk In di RSD Gunung Jati, pemeriksaan Swab Antigen membutuhkan waktu 1 jam. Tes RT-PCR hasilnya 6-8 jam dengan CT Value dan Tes Isothermal PCR COVID-19 hasil 1 jam dengan target gen spesifik RdRp tanpa CT Value.

“Keunggulan pemeriksaan di RSD Gunung Jati, hasilnya sudah menggunakan barcode. Sehingga, pasien yang melakukan pemeriksaan bisa menunjukan barcode saja dan hasilnya bisa langsung dikirim kepada pasien tanpa harus menunggu di rumah sakit,” jelasnya.

“Jika pasien sudah menyelesaikan tahap-tahapannya dan mengambil spesimennya, pasien boleh pulang dan hasil dikirim secara online,” tandasnya.

Sementara itu, dr. Moh. Erwin Indrakusuma, Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik menambahkan untuk teknis pemeriksaan Swab Drive Thru maupun Walk In ada dua macam. Bagi yang sudah mendaftar melalui scan barcode maupun link, untuk mengisi data dan meng-upload bukti pembayaran dan KTP.

“Selain secara online, bisa juga datang langsung. Setelah diambil swab pasien boleh pulang langsung dan kita bantu untuk yang lain-lainnya,” ujar Erwin.

Terkait hasil pemeriksaan, kata Erwin, sudah terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi dan sudah menjadi barcode, serta dikirim dalam bentuk PDF.

“Jadi, pasien tidak perlu menunggu tinggal menunggu hasil saja. Sehingga, pasien yang sudah pulang tidak perlu kembali lagi untuk mengambil hasil, karena sudah kita kirim melalui online dan terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi,” ungkapnya.

BACA YUK:  Barisa Cafe Usung Konsep Pantai Lengkap dengan Pasirnya

“Pasien tidak perlu berputar-putar, untuk pendaftaran, pembayaran dan hasil satu pintu, seperti Samsat. Kita bantu sampai selesai dan pasien lebih mudah dan cepat,” pungkasnya.

BACA YUK:  Dua Hotel OHM Resmi Dibuka di Solo dan Palembang Menjelang Akhir Tahun 2021

Selain itu, pada soft launching Swab Drive Thru, RSD Gunung Jati memberikan swab gratis untuk lima orang pendaftar pertama. Swab Gratis ini untuk pemeriksaan Swab Antigen COVID-19. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Bersama Generasi Muda, ReSkills Ajak Berdayakan Masyarakat Melalui Charity Learning Festival 2.0

Jakarta,- ReSkills EdTech (ReSkills), sebuah startup global dari Malaysia dan juga platform edukasi yang menghubungkan calon pelajar dengan master...

Peduli Bencana Gunung Semeru, Jurnalis Cirebon Galang Dana

Cirebon,- Bencana erupsi Gunung Semeru meluluhlantahkan pemukiman warga dan memakan korban jiwa serta luka. Bencana tersebut mengundang keprihatinan sejumlah pihak. Seperti para Jurnalis di Cirebon...

Anggaran Rumah Ambruk Habis, Dinsos Kota Cirebon Berikan Baper Stok

Cirebon,- Hujan deras dan angin kencang terjadi di Kota Cirebon pada Jumat (3/12) hingga Sabtu (4/12) dini hari mengakibatkan rumah ambruk karena tertimpa pohon...

Wakil Wali Kota Eti Bersyukur Peredaran Rokok Ilegal di Kota Cirebon Hampir Nihil

CIREBON – Peredaran Rokok Ilegal di Kota Cirebon hampir nihil. Ada beberapa faktor pendukungnya. Salah satunya adalah tingkat pemahaman masyarakat terhadap pentingnya menghindari rokok...

More Articles Like This