RS Permata Cirebon Gelar Simposium Tentang Gula Darah Saat Ramadan

0
20
dr. Sutiadi Kusuma saat memaparkan Simposium Gula Darah di RS. Permata Cirebon

Cirebon,- Rumah Sakit Permata Cirebon menggelar Simposium dan Talkshow “Gula Darah Terkontrol, Puasa Ramadan Plong”, Sabtu (12/5/2018). Puluhan audiens menyimak pemaparan materi yang dibawakan oleh dr. Sutiadi Kusuma, Sp.P.D. yang berlokasi di aula lantai 3 Rumah Sakit Permata Cirebon.

Ketua penyelenggara, dr. Venny mengatakan seminar ini penting bagi yang memiliki diabetes. Karena menjelang Ramadan, seseorang yang memiliki diabetes perlu diberikan tips dan trik yang tepat.

“Sebenarnya para diabetesi ini tetap bisa berpuasa layaknya orang normal. Meskipun diabetes memang ada tingkatannya, seperti gula darah tingkat rendah, sedang, dan tinggi,” ujarnya.

Aston Hotel

Dalam penyampaian yang dibawakan oleh dr. Sutiadi, diberikan tips bagi diabetesi dalam menjalankan ibadah puasa. Dia mengatakan ibadah puasa sangat wajib bagi umat Islam dan diabetes tidak menghalangi jalannya ibadah tersebut.

“Perbedaannya paling di jam minum obat atau mengatur makan saat berbuka dan sahur, agar tetap terkontrol gula darahnya,” ujarnya.

Menjaga porsi makan kebutuhan harian diakuinya begitu penting, karena kalori yang berlebihan menimbulkan risiko terhadap kegemukan yang menyebabkan diabetes. Begitu juga dengan olahraga atau tubuh yang jarang aktif bergerak akan meningkatkan risiko diabetes.

Terpopuler

Ini Dia Es Kepal Milo yang Berasa Sekali Milonya
Es Kepal Milo Viral Jeh Ramaikan Kuliner di Cirebon
Wow! Akan Ada Ice Skating Di Grage City Mall

Dia juga menyarankan agar para diabetesi ini untuk tetap melakukan kontrol ke dokter dalam jangka waktu tertentu. Periksakan diri bagi yang pre-diabetes (sebelum mengalami diabetes), maupun yang sudah mengalami diabetes. (AC560)

Bagikan:
Signup for the newsletter