Ribuan Masyarakat Gelar Aksi dari Cirebon untuk Rohingya

Cirebon, 7 September 2017,- Ribuan masyarakat dari wilayah Ciayumajakuning menggelar aksi Solidaritas bertajuk “Dari Cirebon untuk Rohingya” yang berlangsung dari Masjid Raya At-Taqwa menuju Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cirebon, Jumat (08/09/2017).

Ketua At-Taqwa Center Kota Cirebon, Ahmad Yani, M.Ag mengatakan, aksi ini sebagai bentuk keprihatinan yang mendalam dari komunitas umat Islam di wilayah III Cirebon, untuk mendorong secara nyata semua pihak, terutama Pemerintahan Republik Indonesia  untuk secara tegas mengutuk kepada kekejaman pemerintahan Myanmar.

BACA YUK:  Sambut Kompetisi Liga 3 Seri 2, PSGJ Gelar Trofeo

[Baca ya : Ini yang Dilakukan Warga Cirebon Untuk Muslim Rohingya ]

Menurutnya, kami juga mendorong kepada pemerintah bukan hanya mengutuk, tetapi menyeret dan mengadili seadil-adilnya otak dan pelaku pembersihan etnis Rohingya. Dan, memberikan bantuan nyata berupa donasi kemanusian, apakah itu logistik maupun bantuan keamanan yang diperlukan.

“Kita juga memohon kepada Pemerintah Indonesia agar bersama-sama PBB dan juga organisasi kemanusian Internasional untuk secara masif melakukan advokasi agar segera menyelesaikan persoalan pembersihan etnis Rohingya secara tegas dan menyeluruh sampai tuntas,” ujarnya.

BACA YUK:  Bupati Cirebon Ajak Warga Jaga Pola Hidup Sehat

Yani berharap, pemerintah mempertimbangkan seperti apa memberikan pembelajaran kepada pemerintah Myanmar, dengan memutuskan hubungan diplomatik. Kami juga akan memberikan Petisi kepada Presiden Indonesia yang sudah ditandatangani oleh 55 komunitas Forum Komunikasi Umat Islam di Ciayumajakuning.

“Oleh karenanya, dalam aksi bersama Dari Cirebon untuk Rohingya ini kami melibatkan semua komunitas dan Alhamdulillah disambut baik oleh Pemkot Cirebon dan bertemu dengan Ketua DPRD Kota Cirebon,” paparnya.

Selain itu, Agus Mulyadi, selaku Plh Sekda Kota Cirebon menambahkan, Pemerintah Kota Cirebon mendukung aksi ini dan mengutuk tragedi kemanusiaan yang terjadi di Myanmar.

BACA YUK:  Info Loker : RS. Sumber Kasih

Lanjut dia, berkaitan dengan Petisi, kita juga akan mendukung dan menandatangani, kemudian akan mengawal petisi ini sampai ke Pemerintah Republik Indonesia dan disampaikan langsung kepada Sekjen PBB maupun Sekjen Asean.

“Untuk masalah donasi, kami akan koordinasi dengan perbankan untuk bisa membuka rekening bersama untuk Cirebon Peduli Rohingya. Mudah-mudahan mulai hari Senin sudah efektif berjalan,” paparnya. (AC212)

(Dilihat: 8 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.