Rencananya, TPS Kesambi akan Diubah Menjadi Taman Kota

Cirebon,- Wakil Wali Kota Cirebon Hj. Eti Herawati bersama dengan Sekretaris Daerah, Drs. H. Asep Dedi, MSi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Drs. H. Abdulah Syukur dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Drs. Andi Armawan melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah Tempat Pembungan Sementara (TPS), Selasa (1/1/2019).

Salah satu TPS yang disidak oleh Wakil Wali Kota Cirebon yakni TPS yang berada di Jalan Kesambi Kota Cirebon.

1. Fungsi TPS menjadi Taman Kota

Pemerintah Daerah Kota Cirebon berencana akan mengembalikan fungsi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang berada di Jalan Kesambi menjadi taman kota.

Karena letak TPS Kesambi berada di tengah kota dan menjadi jalur utama para masyarakat berlalu lalang, maka Wakil Wali Kota Cirebon akan mempercantik TPS Kesambi menjadi taman kota.

BACA YUK:  Peringati HUT Bhayangkara dan Iduladha, Polri Bagikan Alquran Bagi Lansia di Cirebon

“Kami dan dinas terkait akan melakukan evaluasi hingga pembenahan, agar TPS Kesambi selalu terlihat bersih,” ujar Eti, usai melakukan sidak.

2. Mewujudkan Kota Cirebon Bersih

Untuk mewujudkan Kota Cirebon yang bersih, tentunya harus ada peran serta masyarakat dalam hal menanggulangi masalah sampah.

Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan melakukan koordinasi dengan RT dan RW setempat, untuk menangulangi pembuangan sampah ke TPS hingga penyortiran sampah.

Menurut Eti, koordinasi dengan pihak-pihak terkait yang menimbulkan penumpukan sampah, bila perlu setiap hari dilakukan sortir agau dipilih, sehingga benar-benar yang dibuang tidak terlalu banyak, terutama sampah rumah tangga.

BACA YUK:  Ini Penjelasan BMKG Penyebab Angin Kencang di Cirebon

“Kami bersama pak Wali Kota bersepakat, pada tahun 2019 ini akan menggulirkan Cirebon Bersih, sehingga bisa terwujud kebersihan kotanya,” ungkap Eti.

TPS Kesambi akan diubah menjadi taman kota

3. Koordinasi dengan Ketua RW dan Pengusaha Resto

Pemerintah Daerah Kota Cirebon berencana akan bertemu dengan 20 Ketua RW, para pengusaha resto dan lainnya untuk membahas TPS Jalan Kesambi.

Menurut Eti, sampah yang ada di TPS Kesambi, kebanyakan sampahnya bukan sampah rumah tangga. Sehingga hal ini membuat TPS Kesambi semakin berat menampung jumlah sampah.

BACA YUK:  Qoala Wujudkan Operasi Sumbing Bibir dan Langit-Langit Bersama Smile Train Indonesia

“Dengan kita bertemu, agat kita bisa mengingatkan dan mencari solusi dengan adanya penumpukan sampah di TPS Kesambi,” jelasnya.

4. Mengembalikan Juga Fungsi Trotoar

Jalan Kesambi yang selama ini terkendala dengan banyaknya tumpukan sampah di TPS Kesambi, maka Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan mempercantik TPS menjadi taman dan mengembalikan fungsi trotoar.

Hal tersebut menuurt Eti, salah satu solusi yang akan ditawarkan untuk mengubah jalan Kesambi menjadi indah.

“Dengan begitu, penataan di Jalan Kesambi akan tertata dengan baik. Jadi, mari kita jaga bersama Kota Cirebon agar tetap bersih dan indah,” tutupnya. (AC212)

(Dilihat: 34 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.