Regitha: Kenalkan Kostum Tari Topeng Panji di Parade National Costum Miss Earth 2018

0
72

regitha

Jakarta,- Regitha Nur Indah Paulani yang merupakan Jebolan Jaka Rara Kota Cirebon, tengah berjuang mewakili Jawa Barat pada ajang Miss Earth Indonesia 2018. Wanita yang akrab disapa Rere ini mengikuti Parade National Costum & Talent Show di Main Atrium AEON Mall Jakarta Garden City, Minggu (1/7/2018)

Aston Hotel

Berbangga hati, Rere menunjukkan kostum Tari Topeng Panji pada kesempatan tersebut. Dia nampak anggun dan memukau di atas panggung tanpa ragu.

Dipilihnya kostum Tari Topeng Panji ini karena syarat akan makna. Kedoknya berwarna putih, matanya liyep, pandangannya merunduk dan senyumnya dikulum. Raut wajahnya (wanda) menunjukan seorang yang alim, tutur katanya lemah-lembut dan gerakannya halus. Dalam topeng Cirebon kedok ini ditarikan dalam karakter alusan (halus) seperti halnya tokoh Arjuna dalam cerita wayang.

Tariannya menggambarkan seseorang yang berbudi luhur, penuh kesabaran dan tahan atas segala godaan. Ini tercermin dari iringannya (musik) yang bertolak belakang (kontras) dengan tariannya. Tari topeng Panji adalah tarian paradoks.

Istana Kerang

Rere mengaku bangga atas kesempatan yang hadir untuknya membawakan nama Cirebon dan kekhasan Cirebon sebagai perwakilan Jawa Barat di kancah Nasional.

“Seneng banget bisa mengenalkan tari topeng panji di ajang Miss Earth 2018 ini. Filosofi dari topeng panji itu sendiri deep banget. Jadi aku bangga mewakili topeng paling ikonik dari Cirebon,” ungkapnya.

Bagi Rere, hal ini sangat luar biasa, dan dia pun berharap semua orang di Indonesia tahu tentang Cirebon dengan semua kebudayaannya.

“Meski susah dan berat karena topinya gede banget tapi kalau apapun pakai hati ya ngeflow aja gitu. Jiwa aku kaya sudah menyatu sama kostumnya,” jelasnya.

Dia juga menghaturkan terima kasih kepada SMA Negeri 1 Sumber Cirebon yang sudah mendukungnya. (AC560)