Ratusan Santri di Kabupaten Cirebon Lakukan Tes Swab

Cirebon,- Ratusan santri yang hendak berangkat ke pondok pesantren (Ponpes) di Jawa Timur menjalani pemeriksaan tes swab di Covid Center, Stadion Watubelah, Kabupaten Cirebon, Kamis (11/6/2020).

Pemeriksaan swab merupakan salah satu syarat untuk bisa kembali para santri bisa kembali belajar di Pondok Pesantren di Jawa Timur.

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron Rosyadi mengatakan pemeriksaan tes swab ini untuk para santri yang ingin kembali ke pondok pesantren di Jawa Timur, karena pemeriksaan swab merupakan salah satu syarat bisa kembali ke pondok.

“Pemeriksaan swab ini salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehingga, para santri yang belajar di pondok pesantren dalam keadaan sehat dan terbebas dari Covid-19,” ujar Imron di Covid Center, Stadion Watubelah, Kabupaten Cirebon, Kamis (11/6/2020).

BACA YUK:  Katarak Serang Kalangan Usia Produktif Penyandang Miopia Tinggi

Menurut Imron, untuk pemeriksaan swab kepada santri yang hendak berangkat ke Pondok Pesantren di Jawa Timur akan dibagi menjadi menjadi tiga gelombang.

“Pemeriksaan swab dibagi tiga gelombang, hari ini Kamis, kemudian Jumat dan Sabtu. Untuk gelombang pertama ada sekitar 200 santri yang menjalani swab,” ungkapnya.

Setelah menjalani tes swab, kata Imron, hasil bisa diketahui besok. Nantinya, para santri tersebut akan diberikan surat keterangan sehat dan surat telah dilakukan pemeriksaan swab.

“Besok sudah keluar hasilnya dan surat keterangan sehat akan diberikan kepada santri sebagai salah satu syarat untuk bisa kembali ke Pondok Pesantren di Jawa Timur,” bebernya.

BACA YUK:  AMITRA Optimis Pembiayaan Syariah Terus Meningkat di Aceh

Selain untuk para santri yang hendak berangkat ke pondok pesantren di Jawa Timur, kata Imron, pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon akan dilakukan hal yang sama.

“Untuk santri di Cirebon seperti pesantren Gedongan, Babakan, Balerante dan lainnya akan diswab. Hal ini untuk memastikan pesantren bebas Covid-19,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni menambahkan Dinkes Kabupaten Cirebon sudah menyiapkan 500 untuk pemeriksaan swab Santri yang akan berangkat ke luar daerah.

BACA YUK:  Bentani Hotel Cirebon Tawarkan Paket Buka Puasa dan Paket Sahur

“Kami sudah siapkan pemeriksaan swab untuk 500 santri yang akan berangkat ke Pondok Pesantren di daerah,” ujarnya.

Enny menerangkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan sekitar 15 ribu untuk pemeriksaan rapid test di seluruh pondok pesantren di Kabupaten Cirebon.

“Di Kabupaten Cirebon ada sebanyak 632 pesantren dan kurang lebih ada 20 ribu santri. Dan kami sudah siapkan khusus untuk santri sebanyak 15 ribu,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 11 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.