Selasa, 21 Januari 2020

Ratusan Karyawan Hotel Cirebon Lakukan Bersih-Bersih Keraton Kasepuhan

Populer

Geger Penemuan Mayat Wanita Tanpa Busana di Jalan Wiratama Cirebon

Cirebon,- Mayat wanita tanpa busana ditemukan warga di Jalan Wiratama, Kecematana Kedawung, Kabupaten Cirebon, Minggu (19/1/2020) siang. Warga yang pertama...

Sultan Sepuh XIV : Keraton Agung Sejagat Tidak Terdaftar Dalam FSKN

Cirebon,- Kemunculan Keraton Agung Sejagat yang berada di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo menggegerkan banyak pihak setelah...

Gudang Penyimpanan Popok Bayi di Cirebon Dilalap Si Jago Merah

Cirebon,- Kebakaran hebat melanda gudang penyimpanan popok bayi di Jalan Buyut Pronggol, Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Rabu...

Pengembang Perumahan Bersubsidi di Kabupaten Cirebon Terancam Mandeg

Cirebon,- Forum Komunikasi Pengembang Perumahan Cirebon (FKPPC) memberikan pernyataan terkait permasalahan pemberian hak guna bangunan atas tanah yang akan...

Terdakwa Pembunuhan Santri di Cirebon Divonis 13 Tahun dan 10 Tahun, Serta Denda Rp. 1 Milyar

Cirebon,- Masih ingat dengan penusukan salah seorang santri yang terjadi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, pada bulan...

Cirebon,- Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) dan Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Cirebon melakukan bersih-bersih Keraton Kasepuhan Cirebon, Jumat (10/1/2020).

Kegiatan bersih-bersih Keraton Kasepuhan Cirebon ini dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Indonesia, dengan melibatkan puluhan hotel dari Kota dan Kabupaten Cirebon.

Ketua PHRI Cirebon, Imam Reza Hakiki mengatakan kegiatan bersih-bersih Keraton Kasepuhan Cirebon dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup dengan mengumpulkan semua karyawan hotel.

“Alhamdulillah, hari ini diikuti kurang lebih 200 orang dari karyawan hotel yang ada di Cirebon,” ujarnya kepada About Cirebon di sela-sela kegiatan.

Loading...

Pihaknya berharap kegiatan ini bisa dicontoh juga oleh teman-teman yang lain. Karena menurutnya, potensi Keraton Kasepuhan ini bisa benar-benar menjadi destinasi wisata yang sangat bagus.

“Jadi kenapa kita memilih keraton ini, karena memang Keraton Kasepuhan sampai saat ini sudah bagus, namun harapan kita kedepannya ingin lebih bagus lagi, lebih baik, dan lebih bersih lagi,” ungkapnya.

Kalau lebih bersih lagi, tambah Kiki, wisatawan yang datang ke Keraton Kasepuhan jauh lebih puas dan jauh lebih nyaman saat berwisata.

Puluhan kantong sampah yang terkumpul akan diangkut dengan mobil pengangkut sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon.

“Kami disupport oleh DLH, nanti ada beberapa truk mengangkut sampah-sampahnya,” jelas Kiki.

Rencananya kegiatan bersih-bersih seperti ini, kata Kiki, bisa menjadi kegiatan berkelanjutan, karena kegiatan bersih-bersih ini sudah pernah dilakukan di lain tempat.

“Kita pernah melakukan bersih-bersih pantai Cirebon, Taman Makam Pahlawan. Dan ini pertama kali dilakukan di keraton. Kedepan kita juga akan melakukan kegiatan serupa di tempat yang memang menjadi tempat wisata Cirebon,” jelasnya.

Kedepan, tambah Kiki, teman-teman hotel baik kota maupun kabupaten, baru berencana menyediakan bak sampah di depan Bangsal Keraton Kasepuhan Cirebon.

“Ini baru obrolan ringan sama teman-teman yah, belum tahu diperbolehkan atau tidak oleh pihak keraton. Kita sedang obrolin internal oleh hotel-hotel,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Badan Pengelola Keraton Kasepuhan (BPKK), Ratu Raja Alexandra Wuryaningrat menyambut baik kegiatan dari PHRI dan IHGMA Cirebon melakukan bersih-bersih Keraton Kasepuhan Cirebon.

“Sultan Sepuh sangat mengapresiasi, karena Keraton Kasepuhan yang luasnya 2,5 hektar harus dalam keadaan bersih. Karena ini tempat wisata, kalau terlihat kotor tidak bagus,” ujarnya.

Menurut Ratu Alexandra, Keraton Kasepuhan harus terus dipelihara, karena merupakan situs bersejarah dan ini juga salah satu situs bersejarah di Cirebon.

“Dengan dipelihara, wisatawan yang datang bisa lebih nyaman. Saya harap kegiatan ini bisa ada kelanjutannya, bukan hari ini saja. Karena dengan luas 2.5 hektar petugas kebersihan kita terbatas, jadi kegiatan ini sangat terbantu sekali,” ungkapnya.

Terkait rencana PHRI akan membuat bak sampah, Ratu Alexandra akan menyesuaikan terlebih dahulu bak sampah dengan kondisi bangunan di Keraton Kasepuhan Cirebon.

“Kita lihat dulu dan menyesuaikan yah, karena kan kita lihat juga dengan kondisi bangunan. Jadi ini harus disesuaikan dengan bangunan yang ada di Keraton Kasepuhan,” katanya.

“Jangan sampai tidak sesuai, malah menjadi terlihat seperti pembuangan akhir dan terlihat tidak bagus. Namun kami mengapresiasi rencana yang akan dilakukan oleh Ketua PHRI Cirebon,” pungkasnya. (AC212)

https://www.instagram.com/p/B7Ht2CGALxB/

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Gandeng Pihak Ketiga, Bus Rapid Transit Siap Beroperasi di Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon sudah menemukan format untuk pengoperasian Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Cirebon.Wali Kota Cirebon,...

Akibat Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Perumahan Gamel Terendam

Cirebon,- Hujan dengan intensitas tinggi lebih dari tiga jam mengakibatkan sungai Sikenanga meluap yang mengakibatkan seratusan rumah di Perumahan Cahaya Permai blok A-H, Desa...

Pemerintah Daerah Kota Cirebon Gelar Ratas Rumpun, Ini yang Dibahas

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon terus melakukukan koordinasi dengan dinas-dinas melalui Rapat Terbatas (Ratas) untuk memantau kendala dan mengatasinya. Rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh...

Miliki Keahlian Karate, Perampok Ini Minta Ampun Kepada Korban

Cirebon,- Seorang perampok menyatroni rumah anggota Polisi Polda Jawa Barat di Dusun I, Desa Kepongpongan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Senin (20/1/2020) pagi sekitar pukul...

Opening Kabobs di Grage City Mall Hadirkan Charly Van Houten dan Firman Siagian

Cirebon,- Kabobs kembali membuka gerainya di Kota Cirebon. Terhitung mulai Sabtu (18/1/2020), Kabobs Premium Kebab kembali membuka di Grage City Mall, Jaln Jend. A....

More Articles Like This