Queen’s Platinum Jubilee Dirayakan di Jakarta, Perayaan Akhir Pekan 4 Hari di Inggris Membuat Semua Semangat

Jakarta,- Lebih dari 700 orang – sebagian besar orang Indonesia dan Inggris, berkumpul pada Selasa malam di Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta untuk merayakan hubungan Inggris yang semakin kuat dengan Indonesia dan ASEAN, serta ulang tahun Yang Mulia Elizabeth II serta 70 tahun pengabdiannya.

Para tamu dihibur dengan makanan dan minuman Inggris, dengan hidangan klasik tradisional seperti Fish & Chips and Roast dinner yang disajikan bersama Curries dan Daal – hidangan yang dibawa ke Inggris oleh migrasi tak terbatas dari negara-negara Persemakmuran antara tahun 1948 dan 1962 yang membuat Inggris berubah oleh migran dari India, Pakistan, Karibia dan banyak lagi. Makanan penutup dan keju Inggris disajikan untuk para tamu,  termasuk puding Sticky Toffee, Eton Mess, dan puding Bread & Butter.

Para tamu dapat melihat stan Virtual Reality (VR) yang membawa mereka ke pengalaman virtual di Inggris dan mendapatkan salinan beru Buku Panduan Pariwisata Kedutaan Besar Inggris; menikmati Glam Cam 180 derajat untuk mengambil foto; dan membawa pulang benih Lavender untuk ditanam sebagai bagian dari inisiatif Queen’s Green Canopy yang mencatat 1 juta pohon yang telah ditanam di Inggris untuk merayakan Queen’s Platinum Jubilee.

Para tamu dihibur oleh 10 personel band militer yang diterbangkan khusus dari Inggris untuk bermain di acara ini. Grup rock Indonesia, Centre Stage memainkan musik hits Inggris dari Queen, The Beatles, Oasis, Blur, Coldplay, Ed Sheeran, Adele, dan banyak lagi.

Para tamu melihat banyak sponsor Inggris dan Indonesia,termasuk Astra Zeneca, Diageo, Pernod Ricard, Prudential, Kapal Api,  Wicked Pies, PwC, BAE Systems,           ARUP, Airbus, MAP, Mott MacDonald, HSBC, Rolls Royce, Babcock, Standard Chartered and Unilever – banyak dari mereka memiliki sesuatu untuk dibagikan.

BACA YUK:  Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon Setujui Tiga Raperda, Salah Satunya Perubahan APBD 2022

VIP yang hadir diantaranya: Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia (Tamu Kehormatan); Sekretaris Jenderal ASEAN, Dato’ Paduka Lim Jock Hoi (Tamu Kehormatan); Wakil Ketua DPR, Rachmat Gobel; Wakil Ketua DPR, Muhaimin Iskandar; DSG ASEAN Michael Tene; ASEAN DSG Ekkaphab Phabthavong; dan ASEAN DSG Tran Duc Binh.

Pidato Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins dan Duta Besar Inggris untuk ASEAN, Jon Lambe mengucapkan terima kasih kepada Indonesia dan ASEAN atas kemitraan yang berkembang. “Kita menjalin lebih erat bersama” tercermin pada 70 tahun Ratu bertahta, dan perubahan besar pada masa kini, dan menatap masa depan dengan perluasan dan penguatan hubungan.

Peningkatan posisi penting Indonesia dan ASEAN secara global sejauh ini telah terlihat jelas bagi Inggris. Pada 2021, Inggris melangkah lebih jauh dengan menetapkan ‘kecondongan’ ke Indo-Pasifik menempatkan hubungan yang berkembang dengan kawasan di jantung kebijakan luar negeri, pertahanan, keamanan, dan pembangunan Inggris. Dua minggu lalu, Inggris menetapkan strategi pembangunannya dengan Indonesia sebagai salah satu dari beberapa negara yang disebutkan lebih dari satu kali. Inggris ingin melihat Indonesia dan ASEAN berkembang dan tumbuh lebih sejahtera. Inggris percaya bahwa membantu negara-negara berkembang akan membantu Inggris membangun persahabatan yang kuat di seluruh dunia, dalam jangka pendek dan panjang.

Sama seperti Yang Mulia Ratu telah melihat banyak perubahan dalam 70 tahun bertahta, begitu juga dunia akan melihat banyak perubahan dalam 70 tahun mendatang.

Sebagai pengakuan atas pencapaian bersejarah Ratu, tembok luar kedutaan besar Inggris di Patra Kuningan akan diterangi lampu ungu sepanjang akhir pekan 4 hari.

BACA YUK:  Indonesia Kirimkan Wakil ke Kompetisi Global Professional Hairdressers, Style & Color Trophy 2022

Perayaan di Jakarta diimbangi dengan perayaan di Inggris.

Inggris akan menikmati akhir pekan empat hari dari Kamis sampai Minggu, 2-5 Juni dengan liputan penuh di BBC World News. Warga Inggris sangat bersemangat dengan jalan-jalan yang diubah untuk pesta jalanan, memanggang kue, dan banyak lagi.

Acara khusus meliputi:

  • Kamis 2 Juni: Parade Ulang Tahun Ratu (Trooping the Colour) akan berlangsung di London terdiri dari 1.400 parade tentara, 200 kuda dan 400 musisi dengan sukarelawan dari seluruh Inggris dan penghormatan khusus oleh satu-satunya, musisi Ed Sheeran. Keluarga Kerajaan juga akan berkumpul di balkon Istana Buckingham.

Platinum Jubilee Beacon akan dinyalakan di seluruh Inggris Raya, Wilayah Luar Negeri, dan di banyak Negara Persemakmuran. Ada tradisi lama menyalakan suar untuk merayakan Pernikahan Kerajaan, Penobatan dan Jubilees. Sebanyak 54 suar Persemakmuran akan dinyalakan (satu di setiap ibukota Persemakmuran).

  • Jumat 3 Juni: Ibadah Thanksgiving di Gereja Katedral St Paul. Pemuda dari Inggris dan Kerajaan akan ikut serta.
  • Sabtu 4 Juni: Konser langsung Platinum Party di Istana dengan penampilan dari Elton John, Rod Stewart, Craig David, Queen, George Ezra, Alicia Keys, Diana Ross, dan banyak lagi.
  • Minggu 5 Juni: Kontes Jubilee Platinum. Platinum Pageant menyatukan artis, penari, musisi, personel militer, pekerja, dan sukarelawan yang akan bersatu untuk menceritakan kisah 70 tahun pemerintahan Ratu dalam festival kreativitas yang menakjubkan. Kontes akan menarik bakat dari setiap bagian dari Inggris dan di seluruh Persemakmuran. Sementara itu, Makan Siang Jubilee Besar akan melihat komunitas berkumpul di seluruh Inggris dan sekitarnya, dan berbagi makan siang bersama yang menunjukan kesatuan dan kebersamaan.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins mengatakan:

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di Kota Cirebon, Kamis 14 Juli 2022

“Senang sekali setelah 3 tahun akhirnya kita bisa berkumpul lagi, dan waktu yang telah memisahkan kita membuat pertemuan ini semakin manis. Acara ini merupakan perayaan persahabatan Inggris dan Indonesia dan Yang Mulia Ratu dengan kontribusi yang tak tertandingi bagi kehidupan masyarakat Inggris.

Inggris dan Indonesia, dua kekuatan ekonomi dan politik besar dunia, memiliki potensi besar untuk bekerja sama demi keuntungan bersama, dan untuk memecahkan beberapa tantangan terbesar dunia. Inggris ingin bermitra dengan Indonesia karena mengembangkan potensinya yang sangat besar dan bagi kami untuk maju sebagai teman dan sahabat. Tadi malam adalah kesempatan bagi kami untuk merayakan dan memperkuat hubungan antar manusia yang merupakan fondasi tak terpisahkan dari persahabatan antar negara.”

Duta Besar Inggris untuk ASEAN, Jon Lambe mengatakan:

“Begitu banyak yang telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir, terutama Inggris menjadi Mitra Dialog ASEAN tahun 2021. Ini menjadi kesempatan pertama kami untuk merayakannya dengan semua teman dan mitra kami dan semua yang telah kami lakukan sejak itu.

Sekarang kami sangat fokus pada bagaimana kami dapat mendukung ASEAN dan mempererat kerjasama. Inggris adalah ekonomi terbesar ke-5 di dunia. Kami ingin mendukung perdamaian, keamanan, dan kemakmuran di dunia, dan di kawasan ASEAN khususnya.”

Sersan Staf (Drum Major) Andy Garner berkata:

“Kami senang bisa mengunjungi Indonesia untuk pertama kalinya dalam sejarah band ini. Merupakan kehormatan besar untuk mewakili Angkatan Darat Inggris dan Band Nottinghamshire dari Royal Engineers. Musik adalah bahasa internasional dan kami berharap dapatmembawa banyak kegembiraan bagi penonton, seperti halnya kami bisa tampil di sini di Indonesia.”

 

(Dilihat: 83 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.