Kamis, 29 Oktober 2020

Puluhan Peserta Dari Berbagai Daerah Ikuti Kejuaran Nasional Cirebon Brewers Championship 2019

Populer

39 Nakes Positif Covid-19, Layanan di RSD Gunung Jati Tutup Selama 6 Hari

Cirebon,- Rumah Sakis Daerah (RSD) Gunung Jati Cirebon kembali menutup sementara pelayanan mulai tanggal 22 sampai 27 Oktober 2020. Sebelumnya,...

Warga Cirebon Budidaya Ikan Cupang Hingga Dijual ke Luar Negeri

Cirebon,- Budidaya ikan cupang kini semakin diminati di Indonesia. Pasalnya, bisnis ikan cupang ini sangat menjanjikan omset hingga ratusan...

Mulai Besok Pembatasan Aktivitas Masyarakat di Kota Cirebon Dicabut

Cirebon,- Pembatasan aktivitas masyarakat di Kota Cirebon rencananya akan berlangsung sampai 31 Oktober 2020. Namun, Walikota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis...

Momen Mengharukan Saat Wisuda, Seorang Ayah Gantikan Wisuda Anaknya yang Meninggal

Cirebon,- Sebanyak 803 wisudawan/ wisudawati program Sarjana dan Magister Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Kota Cirebon mengikuti acara wisuda...

Bupati Cirebon Bolehkan Belajar Tatap Muka Bagi Kecamatan Zona Hijau

Cirebon,- Beberapa sekolah di Kabupaten Cirebon mulai memberlakukan belajar tatap muka. Bupati Cirebon, Drs. H. Imron meminta tetap menjaga...

Cirebon,- Puluhan peserta dari berbagai daerah mengikuti Cirebon Brewers Championship #CBrC2019 yang diselenggarakan oleh Cirebon Coffee Event, Sabtu (12/10/2019).

Event lomba seduh kopi manual ini berlangsung di Ibis Budget Hotel Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon.

1. Pertama Kali Diselenggarakan

Loading...

Abah Noris, selaku Perwakilan Cirebon Coffee Event mengatakan pada tahun 2019 ini menyelenggarakan Cirebon Brewers Championship atau lomba seduh kopi manual.

“Untuk tahun ini merupakan tahun pertama kita adakan. Walaupun sebelumnya kita juga pernah mengadakan, tapi untuk event ini formatnya secara nasional,” ujarnya kepada About Cirebon, Sabtu (12/10/2019).

Event Cirebon Brewers Championship 2019 yang diselenggarakan oleh Cirebon Coffe Event, kata Noris, di dukung oleh Komunitas Ngopi Cirebon.

“Mereka menyediakan dan mempersiapkan volunteer, karena peran volunteer sangat signifikan sekali dan cukup penting,” terangnya.

2. Dari Berbagai Daerah

Noris menjelaskan, peserta yang terdaftar pada event Cirebon Brewers Championship 2019 ini diikuti sebanyak 36 peserta yang berasal dari berbagai daerah.

“Peserta yang terdaftar berasal dari Yogyakarta, Semarang, Banten, Jakarta, Bandung, Tegal, dan juga Cirebon,” jelasnya.

“Alhamdulillah peserta dari Cirebon masih mendominasi, dan itu yang kita harapkan karena memang ingin mengangkat brewers-brewers Cirebon,”  tambahnya.

3. Dibagi Dua Babak

Event Cirebon Brewers Championship 2019, kata Noris, dibagi menjadi dua rangkaian. Hari pertama Jumat (11/10/2019) diselenggarakan workshop tentang bagaimana caranya mempersiapkan kompetisi, pemilihan biji kopi, alat dan lain sebagainya.

“Kemudian hari ini adalah hari H nya yaitu kompetisinya yang dibagi dari dua babak,” bebernya.

Untuk babak pertama, Noris menjelaskan, yaitu babak penyisihan, yakni beans atau biji kopi yang disediakan untuk kompetisi disediakan oleh panitia.

“Jadi, para peserta ini tidak menyediakan biji kopi sendiri. Kita hanya memberi contoh untuk mereka pelajari, dan jenisnya profile roastingnya itu dirahasiakan,” papar Noris.

Dari babak penyisihan 36 peserta, lanjut Noris, akan diambil enam besar yang akan masuk final atau babak open service.

Di babak ini, kata Noris, peserta yang masuk enam besar ini akan memberikan sebuah presentasi penyayian menyeduh kopi di depan para juri.

“Jadi babak ini seperti halnya ketika ngebar di kedai kopi lah,” terangnya.

4. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan diselenggarakan Cirebon Brewers Championship, kata Noris untuk menggiatkan kembali baik itu komunitas kopi, pegiat kopi dan produsen kopi.

“Karena disini, walaupun skalanya nasional tapi kita tetap berharap brewers atau penyeduh-penyeduh dari Cirebon yang mendominasi,” bebernya.

“Alhamdulillah dari jumah slot peserta yang kita bukan itu 36 peserta dan habis dalam waktu dua hari, ada sekitar 50-60 persenya adalah brewers dari Cirebon,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, pihaknya ingin meningkatkan kualitas dan pengetahuan brewers-brewers lokal yang ada di Cirebon. Karena juri-juri yang didatangkan ada 4 juri yang nasional dan 3 orang juri lokal.

“Kenapa ada lokal, biar ada semacam kolaborasi. Sehingga juri lokal ini bisa belajar dari juri nasional,” kata Noris.

Selain itu, tujuannya dari event ini sendiri juga ingin menggaungkan kopi-kopi yang ada di wilayah Jawa Barat, karena kopi yang digunakan pada babak open service harus menggunakan kopi dari Jawa Barat.

“Jenis kopi kan banyak tuh, ada dari Toraja, Batak, dan lain sebagainya. Tapi kita hanya menggunakan kopi dari Jawa Barat seperti dari Kuningan, Majalengka, Garut dan lainnya,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, event-event di tahun depan akan lebih meriah lagi, dan tidak hanya brewers saja, namun akan ada latteart, cup teater dan lain sebagainya. (AC212)

BACA YUK:  Selama Pandemi, 102 Nakes Di Kabupaten Cirebon Terpapar Covid-19 dan 1 Meninggal Dunia
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Maknai Sumpah Pemuda, Telkomsel Gelar Digital Creative Millennials 2020

Jakarta,- Telkomsel kembali menghadirkan program berbasis digital sebagai wadah untuk memacu kewirausahaan di segmen youth atau millennial. Program yang diberi...

Lapas Kesambi Cirebon Bagikan Masker Hasil Karya Warga Binaan

Cirebon,- Dalam rangka Hari Dharma Karyadhika tahun 2020, Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Kesambi Kota Cirebon membagikan masker, hand sanitizer, dan juga vitamin kepada...

Wali Kota Cirebon Berikan Rekomendasi Pembukaan Bioskop di Kota Cirebon

Cirebon,- Wali Kota Cirebon Drs. Nashrudin Azis telah memberikan surat rekomendasi terkait pembukaan bioskop di Kota Cirebon. Penyerahan tersebut diberikan usai rapat evaluasi bersama para...

Momen Mengharukan Saat Wisuda, Seorang Ayah Gantikan Wisuda Anaknya yang Meninggal

Cirebon,- Sebanyak 803 wisudawan/ wisudawati program Sarjana dan Magister Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Kota Cirebon mengikuti acara wisuda ke-57 Tahun Akademik 2020/2021. Acara wisuda...

More Articles Like This