Puluhan Peserta Dari Berbagai Daerah Ikuti Kejuaran Nasional Cirebon Brewers Championship 2019

Cirebon,- Puluhan peserta dari berbagai daerah mengikuti Cirebon Brewers Championship #CBrC2019 yang diselenggarakan oleh Cirebon Coffee Event, Sabtu (12/10/2019).

Event lomba seduh kopi manual ini berlangsung di Ibis Budget Hotel Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon.

1. Pertama Kali Diselenggarakan

Abah Noris, selaku Perwakilan Cirebon Coffee Event mengatakan pada tahun 2019 ini menyelenggarakan Cirebon Brewers Championship atau lomba seduh kopi manual.

“Untuk tahun ini merupakan tahun pertama kita adakan. Walaupun sebelumnya kita juga pernah mengadakan, tapi untuk event ini formatnya secara nasional,” ujarnya kepada About Cirebon, Sabtu (12/10/2019).

Event Cirebon Brewers Championship 2019 yang diselenggarakan oleh Cirebon Coffe Event, kata Noris, di dukung oleh Komunitas Ngopi Cirebon.

“Mereka menyediakan dan mempersiapkan volunteer, karena peran volunteer sangat signifikan sekali dan cukup penting,” terangnya.

2. Dari Berbagai Daerah

Noris menjelaskan, peserta yang terdaftar pada event Cirebon Brewers Championship 2019 ini diikuti sebanyak 36 peserta yang berasal dari berbagai daerah.

BACA YUK:  Hari Bhayangkara ke-78, Polresta Cirebon Gelar Turnamen Bola Voli Antar Instansi

“Peserta yang terdaftar berasal dari Yogyakarta, Semarang, Banten, Jakarta, Bandung, Tegal, dan juga Cirebon,” jelasnya.

“Alhamdulillah peserta dari Cirebon masih mendominasi, dan itu yang kita harapkan karena memang ingin mengangkat brewers-brewers Cirebon,”  tambahnya.

3. Dibagi Dua Babak

Event Cirebon Brewers Championship 2019, kata Noris, dibagi menjadi dua rangkaian. Hari pertama Jumat (11/10/2019) diselenggarakan workshop tentang bagaimana caranya mempersiapkan kompetisi, pemilihan biji kopi, alat dan lain sebagainya.

“Kemudian hari ini adalah hari H nya yaitu kompetisinya yang dibagi dari dua babak,” bebernya.

Untuk babak pertama, Noris menjelaskan, yaitu babak penyisihan, yakni beans atau biji kopi yang disediakan untuk kompetisi disediakan oleh panitia.

“Jadi, para peserta ini tidak menyediakan biji kopi sendiri. Kita hanya memberi contoh untuk mereka pelajari, dan jenisnya profile roastingnya itu dirahasiakan,” papar Noris.

BACA YUK:  Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H, Warga RW 08 Kedrunan Timur Cirebon Gelar Pawai Obor

Dari babak penyisihan 36 peserta, lanjut Noris, akan diambil enam besar yang akan masuk final atau babak open service.

Di babak ini, kata Noris, peserta yang masuk enam besar ini akan memberikan sebuah presentasi penyayian menyeduh kopi di depan para juri.

“Jadi babak ini seperti halnya ketika ngebar di kedai kopi lah,” terangnya.

4. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan diselenggarakan Cirebon Brewers Championship, kata Noris untuk menggiatkan kembali baik itu komunitas kopi, pegiat kopi dan produsen kopi.

“Karena disini, walaupun skalanya nasional tapi kita tetap berharap brewers atau penyeduh-penyeduh dari Cirebon yang mendominasi,” bebernya.

“Alhamdulillah dari jumah slot peserta yang kita bukan itu 36 peserta dan habis dalam waktu dua hari, ada sekitar 50-60 persenya adalah brewers dari Cirebon,” imbuhnya.

BACA YUK:  Pemkab Cirebon Kampanyekan Konsumsi Tablet Tambah Darah di Jumbara PMR-PMI

Oleh sebab itu, pihaknya ingin meningkatkan kualitas dan pengetahuan brewers-brewers lokal yang ada di Cirebon. Karena juri-juri yang didatangkan ada 4 juri yang nasional dan 3 orang juri lokal.

“Kenapa ada lokal, biar ada semacam kolaborasi. Sehingga juri lokal ini bisa belajar dari juri nasional,” kata Noris.

Selain itu, tujuannya dari event ini sendiri juga ingin menggaungkan kopi-kopi yang ada di wilayah Jawa Barat, karena kopi yang digunakan pada babak open service harus menggunakan kopi dari Jawa Barat.

“Jenis kopi kan banyak tuh, ada dari Toraja, Batak, dan lain sebagainya. Tapi kita hanya menggunakan kopi dari Jawa Barat seperti dari Kuningan, Majalengka, Garut dan lainnya,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, event-event di tahun depan akan lebih meriah lagi, dan tidak hanya brewers saja, namun akan ada latteart, cup teater dan lain sebagainya. (AC212)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *