Senin, 24 Februari 2020

Puluhan Peserta Dari Berbagai Daerah Ikuti Kejuaran Nasional Cirebon Brewers Championship 2019

Populer

Pertama di Indonesia, Imigrasi Cirebon Hadirkan Pelayanan Paspor Senja Hingga Malam Hari

Cirebon,- Setelah sukses menghadirkan program Imigrasi Masuk Desa, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon kembali menghadirkan terobosan baru yakni...

KPP Pratama Cirebon Dua Gelar Pelatihan Media Sosial

Cirebon,- Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cirebon Dua yang berlokasi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, menggelar pelatihan...

YPSGJ Cirebon Resmikan Klinik dan Apotek Cakrabuana Serta Laboratorium Biomedis

Cirebon,- Mendukung pelayanan kesehatan, Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ) meresmikan Klinik dan Apotek Cakrabuana dan juga peresmian Laboratorium...

Wali Kota Cirebon: Hadirnya Klinik dan Apotek Cakrabuana, Serta Laboratorium FK UGJ Berkah Bagi Masyarakat Kota Cirebon

Cirebon,- Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis mengapresiasi dengan dibukanya Klinik dan Apotek Cakrabuana, serta Laboratorium Fakultas Kedokteran (FK)...

Sultan Sepuh XIV Prihatin Atas Rusaknya Situs Petilasan Matangaji

Cirebon,- Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA. Arief Natadiningrat sangat prihatin atas kejadian rusaknya petilasan Matangaji yang berada...

Cirebon,- Puluhan peserta dari berbagai daerah mengikuti Cirebon Brewers Championship #CBrC2019 yang diselenggarakan oleh Cirebon Coffee Event, Sabtu (12/10/2019).

Event lomba seduh kopi manual ini berlangsung di Ibis Budget Hotel Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon.

1. Pertama Kali Diselenggarakan

Abah Noris, selaku Perwakilan Cirebon Coffee Event mengatakan pada tahun 2019 ini menyelenggarakan Cirebon Brewers Championship atau lomba seduh kopi manual.

Loading...

“Untuk tahun ini merupakan tahun pertama kita adakan. Walaupun sebelumnya kita juga pernah mengadakan, tapi untuk event ini formatnya secara nasional,” ujarnya kepada About Cirebon, Sabtu (12/10/2019).

Event Cirebon Brewers Championship 2019 yang diselenggarakan oleh Cirebon Coffe Event, kata Noris, di dukung oleh Komunitas Ngopi Cirebon.

“Mereka menyediakan dan mempersiapkan volunteer, karena peran volunteer sangat signifikan sekali dan cukup penting,” terangnya.

2. Dari Berbagai Daerah

Noris menjelaskan, peserta yang terdaftar pada event Cirebon Brewers Championship 2019 ini diikuti sebanyak 36 peserta yang berasal dari berbagai daerah.

“Peserta yang terdaftar berasal dari Yogyakarta, Semarang, Banten, Jakarta, Bandung, Tegal, dan juga Cirebon,” jelasnya.

“Alhamdulillah peserta dari Cirebon masih mendominasi, dan itu yang kita harapkan karena memang ingin mengangkat brewers-brewers Cirebon,”  tambahnya.

3. Dibagi Dua Babak

Event Cirebon Brewers Championship 2019, kata Noris, dibagi menjadi dua rangkaian. Hari pertama Jumat (11/10/2019) diselenggarakan workshop tentang bagaimana caranya mempersiapkan kompetisi, pemilihan biji kopi, alat dan lain sebagainya.

“Kemudian hari ini adalah hari H nya yaitu kompetisinya yang dibagi dari dua babak,” bebernya.

Untuk babak pertama, Noris menjelaskan, yaitu babak penyisihan, yakni beans atau biji kopi yang disediakan untuk kompetisi disediakan oleh panitia.

“Jadi, para peserta ini tidak menyediakan biji kopi sendiri. Kita hanya memberi contoh untuk mereka pelajari, dan jenisnya profile roastingnya itu dirahasiakan,” papar Noris.

Dari babak penyisihan 36 peserta, lanjut Noris, akan diambil enam besar yang akan masuk final atau babak open service.

Di babak ini, kata Noris, peserta yang masuk enam besar ini akan memberikan sebuah presentasi penyayian menyeduh kopi di depan para juri.

“Jadi babak ini seperti halnya ketika ngebar di kedai kopi lah,” terangnya.

4. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan diselenggarakan Cirebon Brewers Championship, kata Noris untuk menggiatkan kembali baik itu komunitas kopi, pegiat kopi dan produsen kopi.

“Karena disini, walaupun skalanya nasional tapi kita tetap berharap brewers atau penyeduh-penyeduh dari Cirebon yang mendominasi,” bebernya.

“Alhamdulillah dari jumah slot peserta yang kita bukan itu 36 peserta dan habis dalam waktu dua hari, ada sekitar 50-60 persenya adalah brewers dari Cirebon,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, pihaknya ingin meningkatkan kualitas dan pengetahuan brewers-brewers lokal yang ada di Cirebon. Karena juri-juri yang didatangkan ada 4 juri yang nasional dan 3 orang juri lokal.

“Kenapa ada lokal, biar ada semacam kolaborasi. Sehingga juri lokal ini bisa belajar dari juri nasional,” kata Noris.

Selain itu, tujuannya dari event ini sendiri juga ingin menggaungkan kopi-kopi yang ada di wilayah Jawa Barat, karena kopi yang digunakan pada babak open service harus menggunakan kopi dari Jawa Barat.

“Jenis kopi kan banyak tuh, ada dari Toraja, Batak, dan lain sebagainya. Tapi kita hanya menggunakan kopi dari Jawa Barat seperti dari Kuningan, Majalengka, Garut dan lainnya,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, event-event di tahun depan akan lebih meriah lagi, dan tidak hanya brewers saja, namun akan ada latteart, cup teater dan lain sebagainya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Sempat Vakum, Sanggar Kentjana Kembali Menggelar Canon SK Marathon di Cirebon

Cirebon,- Sanggar Kentjana (SK) bekerja sama dengan Canon kembali menggelar Lomba Foto untuk kategori pelajar (SMP & SMA) dan...

Manulife Cirebon Gelar Program CSR Penyediaan Sumber Air Bersih

Cirebon,- Masyarakat desa Nanggela Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon tampak bergembira setelah sumur bor sebagai sumber mata air bersih mengalir ke rumah. Selama ini, warga...

HIPMI Kota Cirebon Gelar Edukasi Pasar Modal Bersama Bursa Efek Indonesia

Cirebon,- Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Cirebon menggelar acara Forum Bisnis Sosialisasi Pasar Modal BMC HIPMI Kota Cirebon, Sabtu...

Musim Hujan, Daop 3 Cirebon Tingkatkan Pengecekan Jalur Rawan Amblas

Cirebon,- Sepanjang musim hujan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon terus meningkatkan antisipasi jalur kereta rawan amblas.Vice President PT KAI...

Menuju Industri 4.0, Bentani Hotel Cirebon Ciptakan Robot yang Dapat Keluar Voucher

Cirebon,- Menuju industri 4.0, Bentani Hotel & Residence Cirebon meluncurkan robot pintar untuk memanjakan tamu. Dengan mengusung tema “I’m Not a Robot, I Have...

More Articles Like This