Puluhan Peserta Cirebon Carnival 2017 Angkat Tema Paksi Nagaliman

Cirebon, 14 Mei 2017,- Mengangkat tema Cirebon Heritage Magnificent of Paksi Nagaliman, puluhan peserta mengikuti kegiatan The Caruban Carnival 2017 yang berlangsung di Jalan Tuparev, Cirebon, Minggu (14/05/2017).

Puluhan peserta tersebut berlengka-lenggok sepanjang Jalan Tuparev, mulai dari kawasan Cirebon Bisnis Center (CBC) hingga berakhir di komplek ruko Kagum City. Ribuan penonton rela berdesakan hanya untuk menyaksikan event tahunan yang dihelat oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon.

Bupati Cirebon, Drs. H. Sunjaya Purwadi Sastra menyampaikan, Kegiatan The Caruban Carnival ini bertujuan untuk memperkenalakan budaya-budaya bagi warga masyarakar Cirebon, Jawa Barat maupun Indonesia.

Menurutnya, Dengan adanya Carnival ini saya yakin dan percaya, bagaimana tadi banyak sekali pengujung yang hadir seperti peserta West Java Travel Mart datang ke Kabupaten Cirebon dari berbagai daerah yang intinya mereka juga tentunya akan memberikan informasi perkembangan pariwisata khususnya yang ada di Cirebon.

BACA YUK:  Info Loker : Trans Studio Mini Cirebon

“Saya beraharap kedepan Cirebon harus lebih baik, lebih maju dan lebih berkembang dunia pariwisata agar lebih dikenal lagi oleh masyarakat di Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, Hartono, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon menambahkan, Denganh tema Magnificent of Paksi Nagaliman sesuai dengan kultur budaya Cirebon kita mengangkat salah satu peninggalan para tokoh Cirebon yaitu berupa kendaraan.

Kendaraan atau kereta Paksi Nagaliman memiliki tiga unsur hewan yang melambangkan ciri budaya, agama, dan suku bangsa, dimana dari ketiga hewan tersebut mempunya arti seperti Paksi ialah burung, Naga yaitu Naga dan Liman adalah Gajah.

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di Kota Cirebon, 4 Agustus 2022

Lanjut dia, Tujuan mengangkat tema Paksi Nagaliman adalah untuk bersiap-siap Go, yang artinya untuk mandiri, go publik, tidak kalah oleh daerah lainnya dalam rangka mensejahterakan masyarakat Kabupaten Cirebon dalam aset Pariwisata.

“Kalau agenda Pariwisata di Kabupaten Cirebon baik, InsyaAllah kesejahteraan masyarakat Cirebon juga akan baik,” tuturnya.

Peserta Caruban Carnival 2017

Pserta yang terlibat pada event Carbuna Carnival 2017 ada 46 peserta yang terdiri dari 2 katagori yaitu katagori sekolah dan katagori umum. Kemudian ada partisipasi dari daerah lain dari Jember, Solo, Semarang, Kepulauan Riau, dan ditambah dengan para juara mulai mega mendung, topeng dan juga pagelaran drumband dari Gita Abdi Negara Kabupaten Cirebon.

BACA YUK:  Masjid Raya At-Taqwa Gelar Salat Iduladha 10 Juli 2022 Pukul 06.30 WIB

Sebelum carnival dimulai diawali dengan Kirab Paksi Nagaliman yang dinaiki oleh Bupati Cirebon dan Ketua DPRD Kabupaten Cirebon. Seperti pengalaman tahun-tahun yang lalu, bahwa hasil fashion akan disiapkan untuk mengikuti fashion ditingkat Asai, Asia Tenggara dan tingkat Internasional.

“Hasil fashion pada kegiatan ini akan mengikuti pada acara Stil Fashion Carnaval yang merupakan agenda rutin yang akan diselenggarakan di Filipina dan untuk bulannya masih menunggu kepastian dari panitia,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 57 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.