PT PNM Cabang Cirebon Targetkan 3.000 Nasabah PNM Mekar Miliki NIB

Cirebon,- PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Cirebon menggelar kegiatan sosialisasi manfaat memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) kepada nasabah PNM Mekar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera). Kegiatan tersebut berlangsung di Taman Air Goa Sunyaragi, Jalan Brigjen Darsono, Bypass, Kota Cirebon, Jumat (17/6/2022).

Dalam kegiatan tersebut, PT PNM Cabang Cirebon menargetkan 3.000 nasabah PNM Mekar di wilayah Kota/Kabupaten Cirebon dan Kuningan memiliki NIB.

Muhammad Komar, Pimpinan PT. PNM Cabang Cirebon mengatakan kegiatan ini merupakan rangakaian kegiatan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) secara maraton yang diselenggarakan sejak 6-17 Juni 2022. Kegiatan tersebut melibatkan kurang lebih 3.000 nasabah PNM.

BACA YUK:  Pelanggan Telkomsel asal Depok Bawa Pulang mobil Honda Mobilio

“Hari ini rangkaian PKU ditutup dengan sosialisasi atau pendaftaran NIB untuk nasabah Mekar. Dari 3.000 nasabah, sudah tercetak sebanyak 1.000 nasabah untuk NIB, sisanya masih dalam proses,” ujar Komar kepada About Cirebon.

“Target kami untuk kegiatan ini 3.000 nasabah bisa memiliki NIB yang melibatkan nasabah dari wilayah Kota/Kabupaten Cirebon dan Kuningan,” tambahnya.

Pendaftaran NIB ini, lanjut Komar, didaftarkan online melalui Badan Penanaman Modal. Karena, NIB ini sangat dibutuhkan oleh para pengusaha.

“NIB ini secara legal bisa untuk mengajukan pinjaman kepada perbankan. Kita dorong, semua nasabah PNM sudah memiliki NIB,” katanya.

BACA YUK:  Jangan Lengah, Rawat Mata Saat Ramadan untuk Rayakan Lebaran Tanpa Gangguan Pandangan

Nasabah PNM Mekar Cabang Cirebon, kata Komar, saat ini memiliki 240 ribu nasabah. Setiap nasabah diberikan pinjaman Rp. 2-3 juta per orang dan dilakukan secara berkelompok, minimal 10 orang dan maksimal 30 orang.

Sementara itu, Kepala OJK Cirebon, Mohammad Fredly Nasution mengapresiasi langka PT PNM Cabang Cirebon yang memberikan fasilitas kepada nasabah PNM Mekar untuk mendapatkan NIB. Dengan NIB, lanjut Fredly, para nasabah memiliki legalitas.

“Dengan memiliki NIB, nasabah ini punya legalitas. Tentunya mereka juga akan terdata, sehingga dari pemerintah atau lembaga-lembaga yang memiliki program pendampingan atau pelatihan mereka bisa ikuti,” ujar Fredly.

BACA YUK:  Bangkitkan Ekonomi Masyarakat, BUMN Gelar Pasar Murah dan Bazar UMKM di Kota Cirebon

“Sehingga, dengan program pendampingan dan pelatihan bisa memperkaya kemampuan dan kompetensi mereka. Misalnya bagaimana cara memasarkan, cara mencari pelanggan, sampai meningkatkan kualitas produksinya,” sambungnya.

Pihaknya berharap para nasabah PNM Mekar yang sudah memiliki NIB bisa naik kelas dan bisa juga mendapatkan benefit untuk meningkatkan usaha dan bisa naik kelas.

“Kita harapkan dari yang mikro ini, kita harapkan muncul pengusaha-pengusaha baru dan bagus. Yang kita tahu usaha mikro ini merupakan penopang ekonomi kita, sehingga harus kita dorong,” pungkasnya. (HSY)

(Dilihat: 96 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.