PT. Pelindo II Akan Optimalkan Pengembangan Pelabuhan Cirebon

Cirebon, 9 Juni 2015,- Rencana pengembangan dan revitalisasi Pelabuhan Cirebon akan dimulai pada kuartal keempat tahun ini. PT Pelindo II selaku pengelola Pelabuhan Cirebon telah menyiapkan dana sebesar kurang lebih 2 triliun untuk program yang ditargetkan selesai pada tahun 2017 tersebut. Hal tersebut diungkapkan GM PT Pelindo II Cabang Cirebon Hudadi Soerja Djanegara pada sesi jumpa pers di Balaikota Cirebon pada senin (08/06/2015).

 

Menurutnya Pelabuhan Cirebon saat ini perlu dikembangkan mengingat perubahan zaman yang terjadi. Kedalaman tempat sandar kapal yang hanya 5-6 meter di Pelabuhan Cirebon, menyulitkan kapal ukuran besar untuk bisa bersandar. Akibatnya Pelabuhan Cirebon tidak mengalami perubahan sejak pertama dibangun, Maka dengan itu pihaknya merencanakan untuk mengembangkan Pelabuhan Cirebon agar transaksi arus barang dan penumpang bisa berjalan dengan baik di Pelabuhan Cirebon. kalau tidak direvitalisasi maka tidak akan berkembang karena kapal – kapal besar tidak masuk ” Ujar Hudadi.

BACA YUK:  Jadwal Samsat Keliling P3DW Ciledug Kabupaten Cirebon, 3 - 8 Oktober 2022

 

kedalaman Pelabuhan Cirebon akan diperdalam lagi menjadi 14 LWS. Dengan begitu, kapal besar yang memuat kontainer sekalipun bisa bersandar di Cirebon. Sehingga ekspor-impor bisa dilakukan di Cirebon. Masih menurut Hudadi, pada tahap awal, pengembangan dilakukan untuk luas areal 50 hektar. Pengembangan tahap awal itu pun sudah dikaji sejak 2009, dan dibutuhkan dana sekitar Rp 1,4 triliun sampai dengan Rp 2 triliun. Pengembangan, kata Hudadi, dimulai kuartal keempat tahun ini dengan ground breaking. Ditargetkan pembangunan selesai dalam kurun dua tahun atau pada 2017 nanti.

BACA YUK:  Pasar Muludan di Alun-alun Keraton Kasepuhan Tahun ini Ditiadakan

 

Sementara itu Walikota Cirebon Nasrudin Azis yang hadir dalam kegiatan jumpa pers tersebut berharap pengembangan dan revitalisasi Pelabuhan Cirebon bisa segera terwujud agar bisa memberikan banyak manfaat. Sebagai tahapan selanjutnya PT Pelindo II Cirebon bekerja sama dengan berbagai pihak pada Rabu tanggal 10 Juni 2015 mendatang akan menggelar seminar dan diskusi terkait pengembangan dan Revitalisasi Pelabuhan Cirebon di salah satu hotel berbintang di Kabupaten Cirebon yang menurut rencana akan dihadiri oleh berbagai kalangan mulai dari Tingkat Nasional, Provinsi hingga daerah. (AC112)

BACA YUK:  Warga Temukan Bunga Bangkai di Dekat TPA Kopi Luhur Argasunya

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *