Sabtu, 14 Desember 2019

PT. MBM Buka Program Kemitraan Kembangbiak Lebah Klanceng

Populer

Keluarga Anang Hermansyah Adopsi Anak Asal Indramayu, ini Sosoknya

Indramayu - Muhammad Saputra (Putra) anak yatim piatu pedagang cilok yang viral karena berjualan di sekolahnya di Tangerang Selatan...

Tahun Depan Bus Rapid Transit Siap Beroperasi di Kota Cirebon, Ini Rutenya

Cirebon,- Sembilan Bus Rapid Transit (BRT) siap beroperasi tahun depan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat Kota Cirebon akan angkutan massal.Pj...

Revitalisasi Alun-alun Kejaksan Cirebon Lanjut Hingga 2020

Cirebon,- Revitalisasi Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon yang sudah berjalan sejak awal bulan Agustus 2019 sampai saat sudah masuk minggu...

Jalur Pendakian Gunung Ciremai Ditutup Sementara, Penyebabnya Bikin Ngeri

Cirebon - Bagi anda yang dalam waktu dekat merencanakan untuk mendaki Gunung Ciremai terpaksa harus menunda, hal ini dikarenakan...

Kasus Pengeroyokan Siswa Setingkat SMP di Kota Cirebon, Ini Penjelasannya

Cirebon,- Salah satu siswa kelas VII B MTs Assunah Kota Cirebon Kaisar Maisarah (13) menjadi korban pengeroyokan yang diduga...

Cirebon,- PT. MBM (Mahakarya Berkah Madani) perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangbiakan lebah klanceng penghasil madu bekerja sama dengan masyarakat dan melebarkan sayapnya di Cirebon.

Sebelumnya PT. MBM telah membuka kemitraan di Bandung, dan kini membuka kantor di Cirebon yang berlokasi di Perumahan Jember Agung Majasem, Blok B No. 38, Jalan Perjuangan, Kota Cirebon.

1. Kelebihan dan Keunggulan Madu Klanceng

Direksi PT MBM, Made Purna Wijaya mengatakan pengembangbiakan lebah klanceng ini, masyarakat umum bisa membeli paket bibit lebah yang sudah disediakan dalam bentuk wadang kandang atau stup.

Loading...

“Stup ini sudah membentuk koloni yang terdiri dari lebah ratu, lebah pekerja, sel telur, kantong madu, dan siap berkembang biak,” ujarnya kepada awak media, Kamis (3/10/2019).

Made menjelaskan, banyak sekali kelebihan ternak lebah klanceng dan keunggulan madu klanceng ini. Kelebihannya adalah mudah perawatannya, tidak repot menyiapkan pakan, tidak menyengat, harga madu lebih mahal, dan penghasil bee pollen dan propolis terbaik.

“Sedangkan keunggulan madu klanceng ini sangat kaya akan nutrisi, vitamin, mineral dan berbagai enzim untuk pemulihan stamina dan perbaikan sel organ tubuh,” terangnya.

“Kandungan nutrisi, vitamin mineral dan enzimnya bisa lima kali lipat dibanding madu asal lebah apis (madu tawon),” imbuhnya.

Para peneliti, lanjut Made, sudah membuktikan kandungan energi dari 100 gran madu klanceng hampir setara dengan 50 butir telur ayam.

“Dan kandungan propolis dan bee pollennya sangat tinggi, bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan terapi berbagai penyakit berat,” bebernya.

2. Manfaat Madu Klanceng

Selain kelebihan dan keunggulannya, menurut Made, manfaat madu klanceng dari bunga Matahari sebagai antioksidan kuat yang banyak melawan kerusakan radikal bebas di dalam tubuh.

“Madu ini juga mengurangi kangker, tumor, anti bakteri, antibiotik dan anti peradangan. Bahkan, mampu mengurangi kolestrol LDL dan mencegah hipertensi,” jelasnya.

Tak hanya itu, tambah Made, Madu Klanceng juga bisa membantu memerangi osteoporosis, kram otak, menambah kejantanan bagi pria, hingga meningkatkan kecerdasan pada anak.

3. Program Kemitraan

Kami PT. MBM, kata Made, membuka program kemitraan yang membawa berkah bagi mitra dengan membeli bibit lebah yang sudah disediakan.

“Bibit lebah ini sudah dalam wadah kotak (stup) yang sudah membentuk koloni dan siap berkembang biak,” terangnya.

“Bila stup tersebut sudah memasuki masa panen selama empat bulan, bisa dijual kembali kepada kami atau dipanen sendiri,” tambahnya.

Namun, Made menjelaskan, pada saat masa panen, mitra panen sendiri berarti mereka putus kemitraan.

“Potensi keuntungan menjadi mitra lebah klanceng bila sudah masa panen, yaitu satu stup bibit lebah mendapat keuntungan Rp. 400 ribu,” kata Made.

Made mengilustrasikan, bila mitra memiliki 100 stup bibit lebah, maka potensi keuntungannya yaitu Rp. 400 ribu dikalikan 100 stup, maka keuntungannya Rp. 40 juta.

“Untuk 1 stup bibit lebah seharga Rp. 1,2 juta dengan masa pemeliharaan empat bulan. Setelah empat bulan panen, bisa panen sendiri dan bisa dijual ke kami dengan harga maksimal Rp. 1,6 juta. Maka potensi keuntungan per satu stup sebesar Rp. 400 ribu,” tutupnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Universitas CIC Cirebon Gelar Wisuda Sarjana dan Diploma III

Cirebon,- Sidang Terbuka Senat Universitas CIC (Catur Insan Cendikia) dalam rangka Wisuda I Program Sarjana dan Diploma 3,  berlangsung...

Rakerda DPD KNPI: Pemuda Harus Berperan Aktif Dalam Pembangunan Kabupaten Cirebon

Cirebon,-  DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Cirebon periode 2019-2020 menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) yang berlangsung di Auditorium NU Center, Jalan R...

Pelatihan Bela Negara, Seratusan Siswa Diberi Penyuluhan Selam Dasar oleh TNI AL Cirebon

Cirebon,- Setelah sukses menggelar berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka pelatihan Bela Negara dan Hari Armada, Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Cirebon kembali menggelar kegiatan...

Cirebon Power Santuni Anak Yatim dan Jompo Pada Kegiatan Syukuran Petani Garam

Cirebon,- Syukuran petambak garam di Dusun Kandawaru Desa Waruduwur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, pada tahun ini dikemas dengan kegiatan yang berbeda.Jika biasanya, kegiatan syukuran...

Group Kawan Lama Retail Akan Kembali Membuka Unit Di Kota Cirebon

Cirebon,- Group Kawan Lama Retail sebagai induk perusahaan yang menaungi ACE Hardware, Informa, Toys Kingdom, Bike Colony, Office 1 Superstore, Chatime akan kembali melebarkan...

More Articles Like This