PT. MBM Buka Program Kemitraan Kembangbiak Lebah Klanceng

Populer

Tilik Kana Cirebon Hadir untuk Angkat Potensi UKM Khusus Kuliner

Cirebon,- Untuk menjadikan UKM (Usaha Kecil Menengah) naik kelas, Food Court Tilik Kana yang berlokasi di Jalan Pancuran Barat...

46 Santri Pondok Pesantren di Kuningan Terpapar Covid-19

Kuningan,- Sebanyak 46 santri di Pondok Pesantren Husnul Khotimah di Kuningan Jawa Barat terkonfirmasi positif Covid-19.Aktivitas di pondok pesantren...

Wali Kota Cirebon: Mulai 1 Oktober 2020 yang Tidak Patuh Protokol Kesehatan akan Ditindak Tegas

Cirebon,- Untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon, Walikota Cirebon Drs. Nashrudin Azis tak henti-hentinya melakukan edukasi dan sosialisasi...

RM Abah Wardja Wedangan 90an Hadir dengan Konsep Djadul

Cirebon,- Dengan konsep kayu dan interior lawas, rumah makan dengan menu tradisional hadir untuk para pecinta kuliner Cirebon.Bertempat di...

Wakil Wali Kota Cirebon Kunjungi Warga Terkonfirmasi Positif Covid-19

Cirebon,- Wakil Wali Kota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati kembali mengunjungi warga terkonfirmasi positif Covid-19 yang isolasi mandiri, Jumat...

Cirebon,- PT. MBM (Mahakarya Berkah Madani) perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangbiakan lebah klanceng penghasil madu bekerja sama dengan masyarakat dan melebarkan sayapnya di Cirebon.

Sebelumnya PT. MBM telah membuka kemitraan di Bandung, dan kini membuka kantor di Cirebon yang berlokasi di Perumahan Jember Agung Majasem, Blok B No. 38, Jalan Perjuangan, Kota Cirebon.

1. Kelebihan dan Keunggulan Madu Klanceng

Loading...

Direksi PT MBM, Made Purna Wijaya mengatakan pengembangbiakan lebah klanceng ini, masyarakat umum bisa membeli paket bibit lebah yang sudah disediakan dalam bentuk wadang kandang atau stup.

“Stup ini sudah membentuk koloni yang terdiri dari lebah ratu, lebah pekerja, sel telur, kantong madu, dan siap berkembang biak,” ujarnya kepada awak media, Kamis (3/10/2019).

Made menjelaskan, banyak sekali kelebihan ternak lebah klanceng dan keunggulan madu klanceng ini. Kelebihannya adalah mudah perawatannya, tidak repot menyiapkan pakan, tidak menyengat, harga madu lebih mahal, dan penghasil bee pollen dan propolis terbaik.

“Sedangkan keunggulan madu klanceng ini sangat kaya akan nutrisi, vitamin, mineral dan berbagai enzim untuk pemulihan stamina dan perbaikan sel organ tubuh,” terangnya.

“Kandungan nutrisi, vitamin mineral dan enzimnya bisa lima kali lipat dibanding madu asal lebah apis (madu tawon),” imbuhnya.

Para peneliti, lanjut Made, sudah membuktikan kandungan energi dari 100 gran madu klanceng hampir setara dengan 50 butir telur ayam.

“Dan kandungan propolis dan bee pollennya sangat tinggi, bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan terapi berbagai penyakit berat,” bebernya.

2. Manfaat Madu Klanceng

Selain kelebihan dan keunggulannya, menurut Made, manfaat madu klanceng dari bunga Matahari sebagai antioksidan kuat yang banyak melawan kerusakan radikal bebas di dalam tubuh.

“Madu ini juga mengurangi kangker, tumor, anti bakteri, antibiotik dan anti peradangan. Bahkan, mampu mengurangi kolestrol LDL dan mencegah hipertensi,” jelasnya.

Tak hanya itu, tambah Made, Madu Klanceng juga bisa membantu memerangi osteoporosis, kram otak, menambah kejantanan bagi pria, hingga meningkatkan kecerdasan pada anak.

3. Program Kemitraan

Kami PT. MBM, kata Made, membuka program kemitraan yang membawa berkah bagi mitra dengan membeli bibit lebah yang sudah disediakan.

“Bibit lebah ini sudah dalam wadah kotak (stup) yang sudah membentuk koloni dan siap berkembang biak,” terangnya.

“Bila stup tersebut sudah memasuki masa panen selama empat bulan, bisa dijual kembali kepada kami atau dipanen sendiri,” tambahnya.

Namun, Made menjelaskan, pada saat masa panen, mitra panen sendiri berarti mereka putus kemitraan.

“Potensi keuntungan menjadi mitra lebah klanceng bila sudah masa panen, yaitu satu stup bibit lebah mendapat keuntungan Rp. 400 ribu,” kata Made.

Made mengilustrasikan, bila mitra memiliki 100 stup bibit lebah, maka potensi keuntungannya yaitu Rp. 400 ribu dikalikan 100 stup, maka keuntungannya Rp. 40 juta.

“Untuk 1 stup bibit lebah seharga Rp. 1,2 juta dengan masa pemeliharaan empat bulan. Setelah empat bulan panen, bisa panen sendiri dan bisa dijual ke kami dengan harga maksimal Rp. 1,6 juta. Maka potensi keuntungan per satu stup sebesar Rp. 400 ribu,” tutupnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Mulai 1 Oktober 2020, Hotel Langensari Cirebon Dijadikan Tempat Isolasi Mandiri

Cirebon,- Wali Mota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis bersyukur dan terharu ada hotel di Kota Cirebon yang mau dijadikan tempat...

Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemda Kota Cirebon Akan Berubah, Salah Satunya DKOKP

Cirebon,- Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) di Pemerintah Kota Cirebon akan diubah yakni dinas-dinas akan dilakukan pemisahan. Seperti yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, Pemkot Cirebon Raperda Penyertaan Modal untuk Perumda Air Minum

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon mengusulkan empat rancangan peraturan daerah (Raperda) dalam rapat paripurna DPRD Kota Cirebon, Kamis (1/10/2020).Empat Raperda yang diusulkan yakni Raperda...

Metland Hotel Cirebon Hadirkan Konsep Live Show Saat Breakfast

Cirebon,- Memberikan suasana berbeda, Metland Hotel Cirebon by Horison yang berlokasi di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon mulai bulan Oktober 2020 melakukan perubahan menu dan...

Kuartal III – 2020, Pertamina Salurkan Modal Kerja Pinky Movement Hingga Rp3,1 Miliar

Jakarta,- PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III mencatatkan penyaluran pinjaman modal usaha sebesar Rp 3,1 miliar untuk mitra usaha program Pinky...

More Articles Like This