Selasa, 28 Januari 2020

PT. MBM Buka Program Kemitraan Kembangbiak Lebah Klanceng

Populer

NU-JEK Resmi Hadir di Kota Cirebon

Cirebon,- Kini warga Cirebon mempunyai pilihan lagi saat hendak menggunakan transportasi online. Pasalnya, di Kota Cirebon kini telah hadir...

Dua Kendaraan Terlibat Kecelakaan di Jalan Raya Pantura Gebang

Cirebon,- Kecelakaan Lalulintas terjadi di Jalan Raya Pantura Gebang Kulon, tepatnya di depan SPBU Gebang Kulon, Desa Gebang Kulon,...

Grab Hadirkan Layanan Baru “Grab Express Nalangin” di Kota Cirebon

Cirebon,- Mendukung pertumbuhan ekonomi para wirausaha di wilayah Cirebon, Grab meluncurkan layanan terbaru yakni “Grab Express Nalangin Cirebon”, yang...

Geger Penemuan Mayat Wanita Tanpa Busana di Jalan Wiratama Cirebon

Cirebon,- Mayat wanita tanpa busana ditemukan warga di Jalan Wiratama, Kecematana Kedawung, Kabupaten Cirebon, Minggu (19/1/2020) siang. Warga yang pertama...

Gandeng Pihak Ketiga, Bus Rapid Transit Siap Beroperasi di Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon sudah menemukan format untuk pengoperasian Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Cirebon.Wali Kota Cirebon,...

Cirebon,- PT. MBM (Mahakarya Berkah Madani) perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangbiakan lebah klanceng penghasil madu bekerja sama dengan masyarakat dan melebarkan sayapnya di Cirebon.

Sebelumnya PT. MBM telah membuka kemitraan di Bandung, dan kini membuka kantor di Cirebon yang berlokasi di Perumahan Jember Agung Majasem, Blok B No. 38, Jalan Perjuangan, Kota Cirebon.

1. Kelebihan dan Keunggulan Madu Klanceng

Direksi PT MBM, Made Purna Wijaya mengatakan pengembangbiakan lebah klanceng ini, masyarakat umum bisa membeli paket bibit lebah yang sudah disediakan dalam bentuk wadang kandang atau stup.

Loading...

“Stup ini sudah membentuk koloni yang terdiri dari lebah ratu, lebah pekerja, sel telur, kantong madu, dan siap berkembang biak,” ujarnya kepada awak media, Kamis (3/10/2019).

Made menjelaskan, banyak sekali kelebihan ternak lebah klanceng dan keunggulan madu klanceng ini. Kelebihannya adalah mudah perawatannya, tidak repot menyiapkan pakan, tidak menyengat, harga madu lebih mahal, dan penghasil bee pollen dan propolis terbaik.

“Sedangkan keunggulan madu klanceng ini sangat kaya akan nutrisi, vitamin, mineral dan berbagai enzim untuk pemulihan stamina dan perbaikan sel organ tubuh,” terangnya.

“Kandungan nutrisi, vitamin mineral dan enzimnya bisa lima kali lipat dibanding madu asal lebah apis (madu tawon),” imbuhnya.

Para peneliti, lanjut Made, sudah membuktikan kandungan energi dari 100 gran madu klanceng hampir setara dengan 50 butir telur ayam.

“Dan kandungan propolis dan bee pollennya sangat tinggi, bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan terapi berbagai penyakit berat,” bebernya.

2. Manfaat Madu Klanceng

Selain kelebihan dan keunggulannya, menurut Made, manfaat madu klanceng dari bunga Matahari sebagai antioksidan kuat yang banyak melawan kerusakan radikal bebas di dalam tubuh.

“Madu ini juga mengurangi kangker, tumor, anti bakteri, antibiotik dan anti peradangan. Bahkan, mampu mengurangi kolestrol LDL dan mencegah hipertensi,” jelasnya.

Tak hanya itu, tambah Made, Madu Klanceng juga bisa membantu memerangi osteoporosis, kram otak, menambah kejantanan bagi pria, hingga meningkatkan kecerdasan pada anak.

3. Program Kemitraan

Kami PT. MBM, kata Made, membuka program kemitraan yang membawa berkah bagi mitra dengan membeli bibit lebah yang sudah disediakan.

“Bibit lebah ini sudah dalam wadah kotak (stup) yang sudah membentuk koloni dan siap berkembang biak,” terangnya.

“Bila stup tersebut sudah memasuki masa panen selama empat bulan, bisa dijual kembali kepada kami atau dipanen sendiri,” tambahnya.

Namun, Made menjelaskan, pada saat masa panen, mitra panen sendiri berarti mereka putus kemitraan.

“Potensi keuntungan menjadi mitra lebah klanceng bila sudah masa panen, yaitu satu stup bibit lebah mendapat keuntungan Rp. 400 ribu,” kata Made.

Made mengilustrasikan, bila mitra memiliki 100 stup bibit lebah, maka potensi keuntungannya yaitu Rp. 400 ribu dikalikan 100 stup, maka keuntungannya Rp. 40 juta.

“Untuk 1 stup bibit lebah seharga Rp. 1,2 juta dengan masa pemeliharaan empat bulan. Setelah empat bulan panen, bisa panen sendiri dan bisa dijual ke kami dengan harga maksimal Rp. 1,6 juta. Maka potensi keuntungan per satu stup sebesar Rp. 400 ribu,” tutupnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Khawatir Virus Corona, Pasien di RS Waled Cirebon Dirawat di Ruang Isolasi

Cirebon,-Seorang warga Desa Cikulak, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon harus dirawat di ruang khusus isolasi Rumah Sakit Umum Waled, Senin...

Selalu Laporkan Orang Asing, Aston Cirebon Diganjar Penghargaan Oleh Kantor Imigrasi Cirebon

Cirebon,- Aston Cirebon Hotel and Convention Center meraih penghargaan sebagai hotel terbaik ke-1 atas keaktifan dalam melaporkan keberadaan orang asing melalui Aplikasi Pelaporan Orang...

Suka Pedas, Coba Menu Cumi Mercon di Kedai Isoen Grage Mall

Cirebon,- Kedai Isoen kembali hadir meramaikan kuliner di Kota Cirebon. Kali ini, Kedai Isoen hadir di Foodcourt Grage Mall, tepatnya di area Food Row...

Pelayanan Paspor Simpatik “Iron Seni” Imigrasi Cirebon Akan Hadir di Grage City Mall

Cirebon,- Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon melakukan kerja sama dengan Grage City Mall dalam pelayanan paspor simpatik yang akan dilaunching pada pertengahan bulan...

Anggota DPR RI Komisi VIII Tinjau Jembatan Gantung Kali Soka yang Memprihatinkan

Cirebon,- Usai mengunjungi korban rumah ambruk di Desa Kejuden, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, Anggota DPR RI, Komisi VIII Selly Andriani Gantina mengunjungi jembatan gantung,...

More Articles Like This