Senin, 14 Oktober 2019

PT. MBM Buka Program Kemitraan Kembangbiak Lebah Klanceng

Populer

Menurunkan Tingkat Kecelakaan, Jasa Marga Cabang Tol Palikanci Lakukan Razia ” Odol “

Cirebon,- Untuk meminimalisir kecelakaan di jalan tol, Jasa Marga Cabang Tol Palikanci menggelar Operasi Gabungan bersama dengan Dinas Perhubungan...

Satlantas Polres Cirebon Kota Gelar Safety Riding Bareng Komunitas Ojek Online

Cirebon,- Dalam rangka menjalin silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan, Satlantas Polres Cirebon Kota menggelar kegiatan Safety Riding bersama Komunitas...

Dua Pebalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di ATC Thailand 2019

Jakarta,- Dua pebalap muda binaan PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil mempersembahkan podium pada dua balapan yang digelar pada...

Jelajah Kuliner Bulan Oktober di Aston Bogor

Bogor, Sebagai kota tujuan wisata, kota Bogor selalu menarik untuk dikunjungi. Selain menawarkan suasana yang tepat untuk berlibur, kota...

Tingkatkan Koordinasi dan Penanganan, Kantor SAR Bandung Gelar Rakor dan Latihan di Cirebon

Cirebon,- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Bandung menggelar Rapat Koordinasi dan Latihan Pencarian dan Pertolongan Daerah yang berlangsung...

Cirebon,- PT. MBM (Mahakarya Berkah Madani) perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangbiakan lebah klanceng penghasil madu bekerja sama dengan masyarakat dan melebarkan sayapnya di Cirebon.

Sebelumnya PT. MBM telah membuka kemitraan di Bandung, dan kini membuka kantor di Cirebon yang berlokasi di Perumahan Jember Agung Majasem, Blok B No. 38, Jalan Perjuangan, Kota Cirebon.

1. Kelebihan dan Keunggulan Madu Klanceng

Direksi PT MBM, Made Purna Wijaya mengatakan pengembangbiakan lebah klanceng ini, masyarakat umum bisa membeli paket bibit lebah yang sudah disediakan dalam bentuk wadang kandang atau stup.

“Stup ini sudah membentuk koloni yang terdiri dari lebah ratu, lebah pekerja, sel telur, kantong madu, dan siap berkembang biak,” ujarnya kepada awak media, Kamis (3/10/2019).

Made menjelaskan, banyak sekali kelebihan ternak lebah klanceng dan keunggulan madu klanceng ini. Kelebihannya adalah mudah perawatannya, tidak repot menyiapkan pakan, tidak menyengat, harga madu lebih mahal, dan penghasil bee pollen dan propolis terbaik.

“Sedangkan keunggulan madu klanceng ini sangat kaya akan nutrisi, vitamin, mineral dan berbagai enzim untuk pemulihan stamina dan perbaikan sel organ tubuh,” terangnya.

“Kandungan nutrisi, vitamin mineral dan enzimnya bisa lima kali lipat dibanding madu asal lebah apis (madu tawon),” imbuhnya.

Para peneliti, lanjut Made, sudah membuktikan kandungan energi dari 100 gran madu klanceng hampir setara dengan 50 butir telur ayam.

“Dan kandungan propolis dan bee pollennya sangat tinggi, bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan terapi berbagai penyakit berat,” bebernya.

2. Manfaat Madu Klanceng

Selain kelebihan dan keunggulannya, menurut Made, manfaat madu klanceng dari bunga Matahari sebagai antioksidan kuat yang banyak melawan kerusakan radikal bebas di dalam tubuh.

“Madu ini juga mengurangi kangker, tumor, anti bakteri, antibiotik dan anti peradangan. Bahkan, mampu mengurangi kolestrol LDL dan mencegah hipertensi,” jelasnya.

Tak hanya itu, tambah Made, Madu Klanceng juga bisa membantu memerangi osteoporosis, kram otak, menambah kejantanan bagi pria, hingga meningkatkan kecerdasan pada anak.

3. Program Kemitraan

Kami PT. MBM, kata Made, membuka program kemitraan yang membawa berkah bagi mitra dengan membeli bibit lebah yang sudah disediakan.

“Bibit lebah ini sudah dalam wadah kotak (stup) yang sudah membentuk koloni dan siap berkembang biak,” terangnya.

“Bila stup tersebut sudah memasuki masa panen selama empat bulan, bisa dijual kembali kepada kami atau dipanen sendiri,” tambahnya.

Namun, Made menjelaskan, pada saat masa panen, mitra panen sendiri berarti mereka putus kemitraan.

“Potensi keuntungan menjadi mitra lebah klanceng bila sudah masa panen, yaitu satu stup bibit lebah mendapat keuntungan Rp. 400 ribu,” kata Made.

Made mengilustrasikan, bila mitra memiliki 100 stup bibit lebah, maka potensi keuntungannya yaitu Rp. 400 ribu dikalikan 100 stup, maka keuntungannya Rp. 40 juta.

“Untuk 1 stup bibit lebah seharga Rp. 1,2 juta dengan masa pemeliharaan empat bulan. Setelah empat bulan panen, bisa panen sendiri dan bisa dijual ke kami dengan harga maksimal Rp. 1,6 juta. Maka potensi keuntungan per satu stup sebesar Rp. 400 ribu,” tutupnya. (AC212)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

CSB 3on3 Basketball Tournament Open Seri 4 Siap Digelar

Cirebon,- Setelah sukses menggelar turnamen basketball seri ketiga pada 29 April hingga 5 Mei 2019, CSB Mall siap menggelar...

Tim Densus 88 Amankan Seorang Terduga Teroris Di Kota Cirebon

Cirebon,- Tim Densus 88 Anti Teror mengamankan seorang terduga teroris di Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Minggu (13/10/2019) malam.Seorang terduga teroris yang ditangkap...

Mahasiswa UPH Berikan Pelatihan di Desa Wisata Gerabah Sitiwinangun

Cirebon,- Guna mendukung pengembangan desa wisata, Universitas Pelita Harapan (UPH) memberikan pelatihan kepada masyarakat di Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat...

Puluhan Peserta Dari Berbagai Daerah Ikuti Kejuaran Nasional Cirebon Brewers Championship 2019

Cirebon,- Puluhan peserta dari berbagai daerah mengikuti Cirebon Brewers Championship #CBrC2019 yang diselenggarakan oleh Cirebon Coffee Event, Sabtu (12/10/2019). Event lomba seduh kopi manual ini...

Oppo Store Complete Selular Kini Hadir di Ciledug Cirebon

Cirebon,- Untuk lebih mendekatkan kepada pelanggan, Complete Selullar kembali membuka store terbarunya di wilayah Cirebon Timur, Sabtu (12/10/2019). Store Complete Selular yang ke-37 dengan nama...

More Articles Like This