PT MBM Buka Kemitraan Bisnis Lebah Klenceng, ini Keunggulan dan Manfaatnya

Cirebon,- PT. Mahakarya Berkah Madani (MBM) yang bergerak bisnis lebah klenceng pastikan tidak ada kendala permasalahan. Hal tersebut disampaikan Direktur PT. MBM Made Purna Wijaya, di Kantornya Jalan Pemuda, Kota Cirebon, Senin (3/5/2021).

“Kami pastikan, perusahaan kami dalam bisnis lebah klenceng tidak masalah. Baik itu secara finansial ataupun internal,” ujar Made.

Menurut Made, pihak perusahaan dengan mitra sampai saat ini tidak ada masalah. Pihaknya bersama mitra tetap eksis dan baik-baik saja.

“Yang mau saya klarifikasi yaitu terkait pemberitaan yang beredar di media sosial dan lainnya. Kami dengan mitra baik-baik saja,” ungkapnya.

BACA YUK:  Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon, Seluruh Fraksi Tolak Raperda RTRW Kota Cirebon 2024-2044

Sementara itu, menurut Made, pengembangbiakan lebah klanceng ini dapat dilakukan oleh siapa saja. Karena, saat membeli paket bibit lebah, sudah disediakan dalam bentuk kandang atau stup.

“Stup ini sudah membentuk koloni yang terdiri dari lebah ratu, lebah pekerja, sel telur, kantong madu, dan siap berkembang biak,” terangnya.

Pengembangbiakan lebah klenceng, tambah Made, memiliki banyak sekali kelebihan dan keunggulan. Kelebihannya adalah mudah perawatannya, tidak repot menyiapkan pakan, tidak menyengat, harga madu lebih mahal, dan penghasil bee pollen dan propolis terbaik.

“Sedangkan keunggulan madu klanceng ini sangat kaya akan nutrisi, vitamin, mineral dan berbagai enzim untuk pemulihan stamina dan perbaikan sel organ tubuh,” katanya.

BACA YUK:  Tahun 2024, Hari Jadi Cirebon Alami Perubahan di Tahun Peringatan

Bahkan, menurut Made, kandungan nutrisi, vitamin mineral dan enzimnya bisa lima kali lipat dibanding madu asal lebah apis (madu tawon). Para peneliti, lanjut Made, sudah membuktikan kandungan energi dari 100 gram madu klanceng hampir setara dengan 50 butir telur ayam.

“Dan kandungan propolis dan bee pollennya sangat tinggi, bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan terapi berbagai penyakit berat,” ujarnya.

Selain kelebihan dan keunggulannya, menurut Made, manfaat madu klanceng dari bunga Matahari sebagai antioksidan kuat yang banyak melawan kerusakan radikal bebas di dalam tubuh. Madu ini juga mengurangi kangker, tumor, anti bakteri, antibiotik dan anti peradangan.

BACA YUK:  Ada Kearifan Lokal, Pj Wali Kota Cirebon dan Forkopimda Tinjau TPS di Benda Kerep

“Madu ini mampu mengurangi kolestrol LDL dan mencegah hipertensi,” jelasnya.

Tak hanya itu, tambah Made, Madu Klanceng juga bisa membantu memerangi osteoporosis, kram otak, menambah kejantanan bagi pria, hingga meningkatkan kecerdasan pada anak.

Kami PT. MBM, kata Made, membuka program kemitraan yang membawa berkah bagi mitra dengan membeli bibit lebah yang sudah disediakan.

“Bibit lebah ini sudah dalam wadah kotak (stup) yang sudah membentuk koloni dan siap berkembang biak,” pungkasnya. (AC212)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *