PT KAI Daop 3 Cirebon Siagakan K-9 di Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

Cirebon,- Memfasilitasi masyarakat yang ingin berpergian menggunakan transportasi kereta api pada liburan Natal 2019 dan tahun baru 2020 (Nataru), PT Kereta Api Indoenesia (Persero) Daerah Oprasional (Daop) 3 Cirebon menyiagakan seluruh sarana, prasarana, dan SDM yang dimiliki.

Selain itu, untuk mengantisipasi datangnya musim hujan yang bertepatan dengan masa Angkutan Nataru, PT KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan 48 petugas penilik jalan (PPJ) ekstra, 174 penjaga jalan lintas (PJL) ekstra, dan 18 petugas posko daerah rawan ekstra.

“Petugas-petugas ini akan disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas Daop 3 Cirebon dan memantau apabila terjadi rintang jalan yang dapat menghambat perjalanan KA,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif.

BACA YUK:  Jelang Mudik Lebaran 2022, Penjualan Mobil Hyundai di Cirebon Meningkat 20 Persen

Lanjut Luqman, Daop 3 Cirebon juga menyiapkan AMUS atau alat material untuk siaga berupa batu balas/kricak, bantalan rel, pasir, dan sebagainya yang ditempatkan di 20 titik.

“AMUS ini akan kita siagakan mulai dari Stasiun Pabuaran, Pasirbungur, Pegaden Baru, Haurgeulis, Cilegeh, Kadokangabus, Telagasari, Jatibarang, Arjawinangun, Cirebon, Cirebon Prujakan, Tanjung, Brebes, Luwung, Sindanglaut, Ciledug, Ketanggungan, dan Songgom,” bebernya.

Meskipun jumlah PJL ditingkatkan, kata Luqman, PT KAI dengan tegas mengimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan untuk tetap mematuhi rambu-rambu di pelintasan sebidang. UU No 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) menyebutkan bahwa perjalanan KA mendapat prioritas di jalur yang bersinggungan dengan jalan raya.

BACA YUK:  Prakiraan Cuaca Kota Cirebon, 23 April 2022

“Dari aspek sarana pada masa angkutan Natal dan tahun baru kali ini PT KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan 14 unit lokomotif, 93 armada kereta, serta 1 unit crane,” jelasnya.

Untuk memberikan rasa aman bagi pengguna jasa KA, tambah Luqman, selama angkutan Nataru 2019/2020, PT KAI Daop 3 Cirebon juga menyiapkan 445 personel keamanan yang terdiri dari 121 personel Polsuska, 218 personel security, 10 personel staf, dan bantuan eksternal dari TNI-Polri sebanyak 96 personel termasuk K-9.

“Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lainnya seperti dipo lokomotif dan kereta,” paparnya.

BACA YUK:  Evaluasi DTKS, Komisi III DPRD Apresiasi Kinerja Dinsos Kota Cirebon

Pada masa angkutan Nataru nanti, para Komisaris dan Direksi PT KAI, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, dan Kepolisian turut melakukan inspeksi langsung ke sejumlah stasiun pada 10 hingga 12 Desember 2019.

“Inspeksi ini dilakukan dengan Kereta Inspeksi untuk mengecek kesiapan pelayanan hingga lintasan kereta api di jalur utara dan selatan Jawa,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 18 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.