Promosikan Hasil Tani, Dinas Pertanian dan Pemerintah Kabupaten Cirebon Gelar Pasar Tani

Cirebon,- Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Cirebon ke-536, melalui Dinas Pertanian dan Pemerintah Kabupaten Cirebon melakukan pasar tani untuk mempromosikan produk hasil pertanian dan perternakan yang ada di Wilayah Kabupaten Cirebon.

Plt Bupati Cirebon, Selly Andriyani Gantina mengatakan, bagaimanapun juga para petani yang ada di Kabupaten Cirebon butuh tempat untuk pemasaran, dan juga butuh difasilitasi untuk pertemuan dengan para pembeli.

“Hari ini kita coba menunjukkan bahwa, ini loh produk pertanian Kabupaten Cirebon yang selama ini sudah melakukan usahanya. Tanpa bantuan pemerintah pun mereka sudah berjalan sendiri,” ujarnya usai Sidang Paripuna Istimewa, Senin (2/4/2018).

BACA YUK:  Belanja Kebutuhan Dapur di Pasar Tradisional di Kota Cirebon Yuk!

Kata dia, Pemerintah Kabupaten Cirebon melalu Dinas Pertanian berkomitmen dengan memberikan 100 traktor kepada kelompok-kelompok tani, bantuan kompensasi, bantuan kepada peternakan. Khusus untuk peternakan yang mengalami musibah akibat banjir kemarin sehingga, mata pencarian mereka tidak terputus begitu saja pasca terjadinya banjir.

“Saya harap, stimulan yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Cirebon saat ini, bisa memotivasi para petani yang ada di wilayah kabupaten Cirebon, untuk meningkatkan produktivitas pertanian maupun peternakan,” ungkapnya.

Karena, bagaimanapun juga, kata Selly, Kabupaten Cirebon sudah ditetapkan oleh Provinsi maupun Pemerintah Pusat sebagai lumbung pangan nasional.

BACA YUK:  Diskominfo Provinsi Jawa Barat Fasilitasi Bantuan Internet Untuk Pengungsi dan Petugas di Cianjur

Untuk produk unggulan yang sudah pasti dari Kabupaten Cirebon, lanjut dia, di luar masalah beras kita juga punya gedong gincu dan itik ranggon. Itik Rangon ini adalah terbaik se-Indonesia dan produktivitasnya sangat tinggi.

“Insyaallah, karena sudah ada komitmen antara pemerintah Provinsi maupun Kabupaten Cirebon, rencananya pemerintah provinsi akan mengembangkan perunggasan di wilayah Ciayumajakuning,” bebernya.

Bahkan, lebih lanjut, Selly menambahkan, ada keinginan dari Provinsi Jawa Barat membantu Kabupaten Cirebon untuk mendirikan RPH dan RPU yang terbaik di Kabupaten Cirebon.

BACA YUK:  Pramuka Jabar Respons Ancaman Resesi 2023 Melalui Gerakan Menanam Bersama

“Untuk mewujudkan apa yang menjadi cita-cita Kabupaten Cirebon sebagai kabupaten halal,” tandasnya. (AC212)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *