Program Bulan Dana, PMI Kota Cirebon Targetkan Rp 3 Milyar

Cirebon,- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cirebon meluncurkan program Bulan Dana PMI Kota Cirebon tahun 2022, Kamis (11/8/2022). Peluncuran yang dilakukan oleh Wali Kota Cirebon Drs. Nashrudin Azis, berlangsung di Ruang Griya Sawala Kantor DPRD, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon.

Menurut Azis, Bulan Dana PMI Kota Cirebon merupakan gerakan penggalangan dana dari masyarakat, tempat wisata, sekolah, dan perusahaan. Program ini bertujuan untuk mendukung kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Manfaat dari gerakan ini tidak semata-mata tentang pengumpulan dan, melainkan juga untuk melatih kepekaan sosial dalam diri individu,” ujar Azis.

Pihaknya berharap Gerakan Bulan Dana PMI Kota Cirebon dapat disosialisasikan lebih luas lagi kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kota Cirebon. Bulan Dana PMI ini hendaknya didukung oleh seluruh elemen agar target yang ditetapkan dapat terpenuhi, bahkan terlampaui.

BACA YUK:  Info Loker : Asisten Terapis Edufa

“Penggalangan Bulan Dana PMI bukan termasuk dalam pungutan liar (pungli), karena telah diatur dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan,” jelasnya.

Pemanfaatan dana yang terhimpun, kata Azis, untuk membiayai berbagai program dan kegiatan kemasyarakatan di Kota Cirebon. Seperti kesiapsiagaan dan bantuan bencana, bantuan kemanusiaan, pelayanan pertolongan pertama, pendidikan, dan pembinaan bagi Palang Merah Remaja, sukarelawan, serta pelestarian donor darah sukarela.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Cirebon, dr. Edial Sanif mengatakan selama pandemi COVID-19, penggalangan Bulan Dana PMI di Kota Cirebon ditiadakan. Namun karena pandemi mulai sudah berlalu dan tetap kehati-hatian, Bulan Dana PMI kembali dilaksanakan.

BACA YUK:  Inilah 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Gigi Anda

“Untuk penggalangan Bulan Dana PMI Kota Cirebon tahun 2022 ini tidak hanya menggunakan kupon, namun juga bisa dilakukan dengan QRIS,” ujar dr. Esia usai kegiatan.

Pada Bulan Dana PMI Kota Cirebon 2022, kata dr. Edial, pihaknya menargetkan sebesar Rp. 3 Milyar selama tiga bulan. Pihaknya berharap, target yang ditentukan bisa tercapai.

“Insyaallah, target Rp3 Milyar bisa tercapai dalam waktu 3 bulan. Sebelum pandemi COVID-19, program Bulan Dana menargetkan hanya Rp 50 juta,” katanya.

Menurut dr. Edial, dana yang terkumpul nanti diperuntukkan untuk kegiatan-kegiatan PMI, seperti yang dikatakan yaitu relawan ujung tombak kita. Karena mereka akan melakukan kegiatan, pelatihan, menyiapkan kebutuhan masyarakat, termasuk perahu karet, mobil air bersih, alat dapur.

BACA YUK:  Info Loker : Sekolah Kristen Terang Bangsa

“Bulan Dana PMI ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Pada tahun ini juga, kita diberi tugas oleh Palang Merah Amerika. Bahwa di Indonesia hampir terjadi peningkatan vaksinasi tidak terlaksana dan Amerika meminta 2 kota di Pulau Jawa dan 2 kota di Luar Jawa,” ungkap Edial.

“Untuk 2 kota di Pulai Jawa, Kota Cirebon dan Kota Purworejo yang terpilih,” tandasnya. (HSY)

(Dilihat: 54 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.