Profesional dan Disiplin, Sosok Kartini Masa Kini

0
183
Vice President PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Yosita Dachtar, SE, MT.,

Cirebon,- Siapa yang tak kenal sosok Raden Ajeng Kartini? Tokoh perempuan yang namanya akan selalu dikenang dan diperingati setiap tahunnya di Indonesia. Dialah pejuang perempuan yang mampu menginspirasi.

Mengerti akan perjuangan tersebut, Vice President PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Yosita Dachtar, S.E., M.T. mengatakan sosok Kartini masa kini harus memiliki jiwa profesional dan disiplin diri.

Aston Hotel

“Seperti yang kita ketahui bahwa perempuan sudah ada yang menjadi presiden, pilot, dan jabatan lainnya yang biasanya identik dengan laki-laki. Berkat perjuangan ibu Kartini inilah perempuan mampu berkarier secara terbuka,” ungkapnya.

Baginya, sikap yang dapat di teladani dari sosok R. A. Kartini adalah perempuan harus memiliki pendidikan yang tinggi agar memiliki pengetahuan keilmuan yang mumpuni. Tidak hanya itu saja, pembentukan karakter juga penting, yaitu dengan menanamkan jiwa profesional dan disiplin dalam diri.

“Saya ini dibesarkan dengan didikan orang tua yang disiplin, terutama ibu saya untuk menjadikan saya mandiri dan dari situlah saya belajar menjalani hidup dengan profesional dan disiplin,” ujar wanita kelahiran Payakumbuh, 3 Juni 1963.

Berkarier menjadi suatu pilihan baginya. Dia juga menerapkan dua hal itu dalam hal bekerja. Tidak serta merta jabatan yang diraihnya saat ini. Yosita pun memulai dengan perjalanan yang cukup panjang.

“Bergabung pertama kalinya di PT KAI itu sejak 1997, waktu itu saya dapat panggilan untuk mengikuti S2 dari PT KAI. Saya lolos masuk 30 besar, kemudian dikuliahkan di ITB Jurusan Manajemen Perkeretaapian, dan bergabung di KAI,” terangnya.

Yosita pernah bekerja di beberapa bidang di PT KAI. Dia mengaku pernah ditempatkan di bagian angkutan penumpang setingkat asisten manajer waktu itu, pernah pula di bagian penarifan, hingga tahun 2010 mulailah menjabat sebagai Vice President (VP) dan ditempatkan di beberapa kota, seperti di Daop 2 Bandung, Daop 9 Jember, Daop 7 Madiun, Daop 5 Purwokerto, dan saat ini di Daop 3 Cirebon.

“Saya terus mencoba profesional dalam bekerja secara sungguh-sungguh. Saya cukup keras pada diri saya sendiri dan disiplin pula pada diri sendiri. Tujuan saya satu yaitu untuk bekerja di KAI sesuai dengan amanat yang diberikan, karena saya digaji sesuai dengan kinerja. Itulah profesional bagi saya,” paparnya.

Yosita yang baru mulai bekerja di PT. KAI Daop 3 Cirebon ini memiliki kegemaran traveling. Dia mengaku dengan traveling dapat menyegarkan diri dan memberikan semangat baru untuk menjalani rutinitas. (AC560)