Produksi Garam di Indonesia Masih Kurang

0
44
Deputi Sumber Daya Alam dan Jasa Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Agung Kuswandono berbicara di depan awak media.

Cirebon,- Jumlah kebutuhan garam industri Nasional masih sangat kurang. Diperkirakan total kebutuhan saat ini harusnya mencapai 3,7 juta ton pertahun, sedangkan yang diproduksi nasional hanya mencapai 1,2 juta ton di tahun 2017 lalu.

Untuk itu, Deputi Sumber Daya Alam dan Jasa Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman, Agung Kuswandono mengaku, pihaknya bekerja keras melalui pemerintah mengadakan ekstensifikasi ladang garam baru dan juga membangun pabrik di wilayah Timur Indonesia seperti di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Di sana garam diolah, dicuci dengan baik sesuai standar industri diatas lahan 10.000 hektar. Hal ini diupayakan untuk menghasilkan garam dengan kualitas berstandar industri.

Aston Hotel

“Kami memanfaatkan lahan sekitar yang tidak terpakai di daerah Timur Indonesia dengan prediksi kedepannya mampu menghasilkan 100 sampai 120 ribu ton per hektar per tahun,” jelasnya.

Ektensifikasi ini sudah berjalan 2 tahun, dan akan terus berkembang sampai 40.000 hektar.

“Tahun 2021 cita-cita kita sudah bisa swasembada garam, kalau bisa kita ekspor garam,” imbuhnya. (AC560)

Bagikan:
Signup for the newsletter