PPPKMI Cabang Kota Cirebon Hadir Wujudkan Masyarakat Sehat, Sejahtera dan Mandiri

Cirebon,- Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI) Cabang Kota Cirebon mengadakan peresmian sekretariat dan acara Halal Bihalal. Kegiatan tersebut berlangsung di Jalan Pramuka, No. 24 Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon, Jumat (27/5/2022).

Acara dihadiri perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Cirebon, tokoh masyarakat, serta seluruh anggota PPPKMI Cabang Kota Cirebon dari Rumah Sakit swasta maupun pemerintah, Puskesmas se-Kota Cirebon.

Dessy Aryanti, S.Kp., M.Kes., selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Acara Peresmian Sekretariat mengatakan kegiatan peresmian sekretariatan PPPKMI Cabang Kota Cirebon bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada anggota PPPKMI dan juga masyarakat setempat terkait kepengurusan.

“Hadirnya sekretarian PPPKMI cabang Kota Cirebon untuk memberikan sosialisasi terkait kepengurusan PPPKMI Cabang Cirebon kepada anggota PPPKMI se-Kota Cirebon dan juga kepada masyarakat setempat. Kami akan melakukan kegiatan-kegiatan terkait PPPKMI atau promosi kesehatan di Kota Cirebon,” ujar Dessy.

BACA YUK:  CEO LSPR : Begini Kiat-Kiat Komunikasi di Era Disrupsi

PPPKMI atau Indonesian  Society for Health Promotion and Education (ISHPE) adalah organisasi profesi yang beranggotakan ahli dan tenaga promosi kesehatan di Indonesia. PPPKMI berdiri pada 14 Februari 1988 untuk memberikan kesempatan kepada tenaga promosi kesehatan dalam berbagi gagasan dan pengalaman untuk meningkatkan profesionalisme di bidang promosi kesehatan di Indonesia.

Tahun 2013, PPPKMI secara resmi menjadi anggota International Union on Health Promotion and Education (IUHPE), sebuah organisasi promosi dan edukasi kesehatan di dunia.

Sumartin Hatin, SKM, MM, Ketua PPPKMI Kota Cirebon mengatakan PPPKMI memiliki program-program sesuai dengan PPPKMI Pusat. Dimana, program kami mengacu pada visi dan misi yang ditetapkan bersama.

Dimana, lanjut Sumartin, Visi dari PPPKMI yakni mewujudkan tenaga promosi kesehatan yang tanggap, bermutu, dan beretika dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan demi tercapainya masyarakat sehat sejahtera dan mandiri.

“Sedangkan misinya adalah yang pertama, menggerakkan peningkatan Promotor dan Pendidik kesehatan berkaitan dengan penataan/pengaturan dan pembinaannya baik secara kualitas maupun kuantitas,” ujar Sumartin kepada About Cirebon.

BACA YUK:  Cicipi Hidangan Japanese Katsu Seaweed Curry Rice di Aston Bogor

Kedua, lanjut Sumartin, Membantu pemerintah mengingkatkan program edukasi kesehatan untuk memenuhi hak masyarakat guna mendapatkan informasi kesehatan yang benar. Ketiga, menggerakkan masyarakat dalam pembangunan kesehatan yang berbasis perilaku dan berkesinambungan.

“Keempat, melakukan penelitian dan pengembangan program untuk kebijakan dan program promosi kesehatan. Dan kelima, meningkatkan kemitraan dan kerjasama dengan berbagai pihak, baik lokal, nasional maupun global dalam rangka mempromosikan perilaku sehat,” katanya.

Anggota PPPKMI, tambah Sumartin, berasal dari berbagai instansi, seperti Dinas Kesehatan Kota Cirebon, seluruh tenaga promosi Kota Cirebon, seluruh UPT Puskesmas se-Kota Cirebon, Promkes di seluruh rumah sakit pemerintah maupun swasta, tenaga Poltekes, dan instansi kesehatan lainnya.

“Total yang terdaftar menjadi anggota PPPKMI Kota Cirebon ada sebanyak 54 orang yang berasal dari berbagai instansi kesehatan di Kota Cirebon,” jelasnya.

BACA YUK:  Sosok Ma Ipeh, Ibu Rumah Tangga Sukses Pengusaha Siwang Asal Suranenggala

Dalam waktu dekat ini, kata Sumartin, program-program yang akan dijalankan oleh PPPKMK Cabang Kota Cirebon, karena kepengurusan baru tahun 2021-2025 akan melakukan advokasi kepada semua stakeholder, baik yang ada di pemerintahan maupun swasta.

“Kita juga akan melakukan kemitraan, baik dengan Pemerintahan maupun swasta. Karena, kota semua memiliki visi yang sama yaitu membangun Indonesia sehat,” terangnya.

Pihaknya berharap dengan adanya sekretariat PPPKMI ini bisa menjadi wadah berkumpul, koordinasi, melaksanakan kegiatan program oleh masing-masing Ketua Bidang. Karena, menurutnya, Ketua Bidang memiliki program masing-masing dan kita bisa mengakomodir program semua bidang periode 2021-2025.

“Jangka pendek ini, program yang akan dijalankan yaitu program advokasi, kemitraan, dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa ada organisasi PPPKMI hadir ditengah-tengah masyarakat,” pungkasnya. (HSY)

(Dilihat: 78 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.