PPK Kota Cirebon Ikuti Bimtek Verifikasi Dukungan Calon Perseorangan Pilkada 2018

Cirebon, 20 Nopember 2017,- Setelah sebelumnya menyelenggarakan peluncuran tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon Tahun 2018 dengan sukses, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Cirebon, 19 – 20 November 2017. Bimtek yang digelar di Aula Metland Hotel, Jalan Siliwangi ini membahas mengenai tata cara Verifikasi Pencalonan Perseorangan Pilgub Jawa Barat dan Pilwalkot Cirebon Tahun 2018.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan penyelenggara Pilkada serentak Tahun 2018 di tingkat Kecamatan dalam melaksanakan verifikasi dukungan bagi calon perseorangan Pilgub Jawa Barat dan Pilwalkot Cirebon Tahun 2018 yang dihadiri oleh 5 PPK se-Kota Cirebon terdiri dari 1 Ketua dan 2 Anggota.

BACA YUK:  Polres Cirebon Kota Musnahkan Puluhan Ribu Botol Miras dan Obat-obatan Tanpa Izin Edar dengan Cara Dilindas dan Dibakar

Pembukaan acara tersebut disampaikan oleh Dr. Sanusi, S.H., M.H. didampingi oleh Anggota KPU Kota Cirebon lainnya diantaranya Mokh. Iwan Setiawan, S.H., Dita Hudayani, S.H., serta Drs. Asep Gandana selaku Sekretaris KPU Kota Cirebon. Sementara itu, bertindak sebagai narasumber yaitu Moh. Arief, S. Sos., Minggu (19/11/17). Sanusi, dalam sambutannya menyampaikan batas waktu penyerahan dukungan untuk calon perseorangan Pilgub Jawa Barat dan Pilwalkot Cirebon.

“Untuk penyerahan syarat dukungan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat pada 22 – 26 November 2017. Sedangkan, batas penyerahan syarat dukungan Pilwalkot Cirebon 25 – 29 November,” jelasnya.

Ia menambahkan, tugas PPK sebagai penyelenggara di tingkat Kecamatan adalah membantu KPU Kota Cirebon untuk menyukseskan Pilkada Serentak yang berhimpitan dengan Pemilu Tahun 2019.

BACA YUK:  Kopi Gincu Hadirkan Sabyan untuk Menghibur Pengunjung

“Saya berharap PPK dapat menggunakan waktu yang ada untuk mempelajari syarat dukungan calon perseorangan. Dengan kegiatan bimtek ini, anggota PPK bisa memahami dan dapat menggali tugas, pokok, serta fungsinya serta dapat menjalankan tugas dengan baik pada saat pelaksanaan,” tambahnya.

Sebagai Divisi Teknis KPU Kota Cirebon, Moh. Arief, S. Sos. menyampaikan agar PPK mengikuti kegiatan ini secara total dengan harapan materi yang didapatkan dapat dipahami dengan baik.

“Nantinya yang ikut bimtek hari ini dapat menyampaikan kembali kepada anggota PPS. Bimtek ini menjadi penting karena syarat dukungan harus kita mulai lusa, 22 November 2017. Sedangkan penyampaian syarat dukungan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Wali Kota Cirebon pada tanggal 9 – 11 Desember,” tambahnya.

BACA YUK:  Tahun 2021, Sektor Pariwisata Sumbang Rp. 56 Miliar untuk PAD Kota Cirebon

Selain itu, Arief menambahkan bimtek yang sangat penting ini untuk meminimalisir kesalahan. Selain penyampaian materi, Arief juga melakukan simulasi verifikasi pasangan calon perseorangan.

POPULAR :
Terminal Cirebon akan Bersaing dengan Singapura di Proyek Film ini
Golongan 1.300-3.300 VA Dihapus, Tarif Listrik Akan Naik?
Mau Dapat Mobil? Ikutan Yuk Grage Ama21ng Night Walk

“Perlu adanya evaluasi dari materi yang disampaikan. Dengan pendekatan simulasi, diharapkan mekanisme penyerahan syarat dukungan minimal pasangan calon perseorangan dapat dipahami dan berjalan dengan lancar,” ujarnya.(rilis)

(Dilihat: 10 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.