Polresta Cirebon Siagakan Posko Penanggulangan Bencana Alam di Wilayah Rawan

Cirebon,- Jajaran Polresta Cirebon menyiagakan Posko Penanggulangan Bencana Alam di sejumlah titik yang dianggap rawan terjadinya bencana alam. Khususnya saat musim penghujan seperti sekarang.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman mengatakan posko tersebut disiagakan sebagai upaya antisipasi bencana alam hidrometrologi seperti banjir dan longsor yang dikhawatirkan terjadi selama musim hujan. Posko tersebut tersebar di titik rawan bencana di wilayah Kabupaten Cirebon.

“Kami bekerja sama instansi terkait yang akan bersiaga di posko-posko yang didirikan. Lokasi poskonya di Mapolresta Cirebon dan sejumlah titik rawan bencana di Kabupaten Cirebon,” ujar Arif saat ditemui usai Apel Siaga Dalam Rangka Kesiapan Menghadapi Kontijensi Bencana Alam di Wilayah Kabupaten Cirebon di Mapolresta Cirebon, Rabu (26/10/2022).

BACA YUK:  Tahun 2024, Pemda Kota Cirebon Targetkan 4 Juta Kunjungan Wisatawan Domestik dan Mancanegara

Menurut Arif, posko siaga bencana juga disiapkan di masing-masing instansi, diantaranya Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, BPBD Kabupaten Cirebon, pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan lainnya.

Ia mengatakan, unsur yang terlibat dalam antisipasi dan penanggulangan bencana alam di antaranya, Satpolair dan Satsabhara Polresta Cirebon, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, BPBD Kabupaten Cirebon, Tagana, Basarnas, serta lainnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiagakan alat SAR terbatas yang akan digunakan dalam penanggulangan bencana alam. Dari mulai perahu karet, pelampung, life jacket, dan kendaraan khusus lainnya.

BACA YUK:  Komisi II DPRD Kota Cirebon Ingatkan Janji Perumda Tirta Giri Nata Soal Kebutuhan Air Bersih Warga

“Seluruh personel Polresta Cirebon hingga Polsek jajaran disiagakan selama 24 jam untuk memberikan respon cepat bersama unsur terkait lainnya membantu warga terdampak bencana seperti banjir dan lainnya,” pungkas Arif. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *