Polres Cirebon Kota Musnahkan Ribuan Miras, Knalpot Brong, Hingga Petasan Jelang Idulfitri

Cirebon,- Polres Cirebon Kota menggelar apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Ketupat Lodaya – 2024” yang berlangsung di halaman Balai Kota Cirebon, Rabu (3/4/2024).

Kegiatan itu dalam rangka pengamanan Idulfitri 1445 H/2024 di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

Selain menggelar apel gelar pasukan, kegiatan dilanjutkan dengan pemusnahan barang bukti minuman keras, petasan dan juga kenalpot tidak sesuai spesifikasi. Pemusnahan itu dihadiri oleh seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cirebon.

Pemusnahan minuman keras hasil operasi pekat dan kegiatan rutin yang ditingkatkan atau KRYD itu dengan cara dilindas dengan menggunakan alat berat. Sedangkan untuk knalpot tidak sesuai spesifikasi dimusnahkan dengan cara di potong menggunakan mesin pemotong dan petasan direndam dengan air.

BACA YUK:  Bupati Cirebon Minta Proses dan Pengesahan Perda KTR Bisa Diproses Cepat

Kapolres Cirebon Kota, AKBP M. Rano Hadiyanto mengatakan barang bukti yang berhasil di musnahkan merupakan hasil operasi pekat dan KRYD dari Satnarkoba, Satreskrim, Satsabhara, dan Polsek jajaran Polres Cirebon Kota.

“Adapun barang bukti yang berhasil diamankan dan dimusnahkan berupa miras, knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi, dan petasan,” ujar Rano usai pemusnahan di Balai Kota Cirebon.

Barang bukti yang dimusnahakan yakni 5000 botol minuman keras dengan berbagai jenis dan merk. 200 buah knalpot tidak sesuai dengan spesifikasi, dan 100.000 buah petasan.

BACA YUK:  Pemkab Cirebon Gelar Pembinaan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Bupati Ajak Bekerja Profesional

“Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyakit masyarakat yang sering muncul mendekati hari raya idulfitri. Lebih baik kita mencegah daripada mengobati,” katanya.

Operasi Pekat, kata Rano, akan terus dilakukan sebagai wujud komitmen untuk membrantas penyakit masyarakat. Sehingga, ke depan peredaran miras, penggunaan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi, dan penggunaan petasan dapat ditekan.

Untuk itu, Rano mengajak seluruh pihak mengawal kondusifitas dalam rangka operasi ketupat lodaya tahun 2024 di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

“Hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama, agar keamanan dan kenyamanan menjelang hari raya Idulfitri 1445 H/2024 di wilayah hukum Polres Cirebon Kota dapat dinikmati bersama,” pungkasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *