Polda Jabar Umumkan Perubahan Tipe Polres Cirebon

Cirebon – Polres Cirebon yang berlokasi di Sumber berubah menjadi Polresta Cirebon yang akan dipimpin oleh perwira menengah berpangkat Komisaris Besar (Kombes) bersamaan dengan keputusan untuk Polres Bandung. Saat ini, kedua polres tersebut dipimpin oleh perwira berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). Kenaikan pangkat kapolres di kedua wilayah tersebut sebagai konsekuensi perubahan status kewilayahan berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor Kep/1889/X/2019 tanggal 2 Oktober 2019.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan Keputusan Kapolri tersebut berisi tentang perubahan tipe kepolisian di Wilayah Polda Jawa Barat yaitu Polres Cirebon dan Polres Bandung menjadi Polresta.

BACA YUK:  Info Event : Popilar With For Revenge & Ravi Andika

“Dengan kenaikan status kedua polres tersebut, maka pejabatnya akan berpangkat Kombes dengan golongan II B1,” ujar Truno yang ditemui wartawan, Selasa (12/11/2019).

Dikatakan Truno, selain pangkat kapolresta naik, pejabat di bawahnya, yaitu para kasat, akan naik menjadi Kompol. Sebelum perubahan status, para kasat di kedua polres tersebut berpangkat AKP.

Perubahan status itu, menurut Truno sudah lama diusulkan Polda Jabar ke Mabes Polri. Setelah melalui pembahasan di Mabes Polri, akhirnya usulan tersebut disetujui.

“Usulan tersebut tentunya sudah melalui sebuah kajian mendalam oleh Polda Jabar. Dasarnya hakikat ancaman, karakteristik wilayah, dan jumlah penduduk di kedua wilayah tersebut. Kenaikan status ini akhirnya akan bermuara pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Truno. (AC350)

BACA YUK:  Bentuk Rasa Syukur, HUT bank bjb ke-61 Gelar Acara Sosial KolaborAksi
(Dilihat: 99 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.