PKBM Paket B dan C Kota Cirebon Siap Hadapi UNBK

0
227
Persiapan UNBK untuk Paket B dan C

Cirebon,-Tahun 2018 merupakan tahun pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kota Cirebon. Kegiatan UNBK ini dikhususkan bagi peserta didik Paket B dan C, sedangkan paket A masih menggunakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Diungkapkan oleh Staf Operator UN Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Agus Selamet mengatakan bahwa pihaknya telah mendata peserta yang mengikuti UNBK di tahun 2018 ini. Bahkan pada 19 dan 20 Maret ini, pihaknya mengadakan simulasi gladi bersih UNBK bagi peserta PKBM, salah satunya diselenggarakan di SMA Negeri 7 Kota Cirebon.

Aston Hotel

“Kami harapkan simulasi gladi bersih ini para peserta PKBM paket B maupun C siap menghadapi pelaksanaan UNBK pada tanggal 27 sampai dengan 30 April 2018 mendatang,” ungkapnya.

Dari 17 PKBM di Kota Cirebon, Dinas Pendidikan bekerja sama dengan 7 sekolah formal SMP dan SMA/SMK di Kota Cirebon sebagai tempat pelaksanaan UNBK tersebut.

Jumlah siswa yang mengikuti UNBK dan telah terdaftar di Dapkodik untuk paket C secara keseluruhan terdapat 597 siswa, dan paket B sebanyak 211 siswa. Sedangkan Paket A yang mengikuti UNKP 56 siswa. Menurutnya, memiliki tantangan tersendiri memberikan pelatihan dan simulasi UNBK kepada peserta PKBM.

“Dibandingkan dengan sekolah formal yang sudah biasa mengenal komputer, tentu merupakan tantangan untuk memberikan UNBK kepada peserta PKBM yang kebanyakan belum mengenal dan mengerti komputer,” paparnya. (AC560)