Pj Wali Kota Cirebon: Bantuan Mesin Konverter Kit Dapat Memangkas Biaya Produksi Nelayan

0
52

Cirebon,- Sesuai aturan yang berlaku, Pemerintah Daerah Kota Cirebon terus mengupayakan mendorong para nelayan untuk menjual hasil tangkapannya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Menurut Penjabat Wali Kota Cirebon, Drs. H. Dedi Taufik mengatakan dengan konversi mesin kapal dari pemerintah pusat dapat memangkas biaya produksi nelayan.

Aston Hotel

“Sehingga dengan konversi mesin kapal dapat memangkas ketergantungan terhadap tengkulak,” ujarnya saat meninjau TPI di Pesisir, Kota Cirebon, Kamis (17/5/2018).

Menurutnya, Kota Cirebon mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat berupa 17 konverter kit dan juga tiga alat traktor.

Ia menilai, bahwa ketergantungan nelayan terhadap tengkulak, karena besarnya kebutuhan modal. “Oleh karena itu, jika bantuan konverter kit dari Kemenristek mulai digunakan nelayan dan memangkas biaya operasional, maka ketergantungan kepada tengkulak juga bisa berkurang,” ungkapnya.

Walaupun bantuan datang dari pusat, kata Dedi, pemerintah daerah juga harus berkontribusi terkait pembinaan nelayan.

Sementara itu, salah satu nelayan pesisir Kota Cirebon, Sadikin sangat menyambut baik atas bantuan konverter kit yang diberikan oleh Pemerintah Pusat, serta Pemerintah Daerah yang telah memberikan pembinaan.

“Ini sangat membantu sekali, bahan bakar menggunakan gas tentunya lebih mudah dan bisa memangkas biaya produksi,” tandasnya. (AC212)