Selasa, 26 Januari 2021

Pipa Distribusi Pecah, Aliran Air PDAM Kota Cirebon Terhenti di Beberapa Lokasi

Populer

Obyek Wisata Baru Tenjo Layar Kuningan Segera Dibuka⁣⁣

⁣Kuningan, - Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Tenjo Layar merupakan salah satu obyek wisata baru di Kuningan...

Sensasi Makan Durian Montong Petik Langsung dari Pohon di Kopi Montong

Cirebon,- Berada di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut (MDPL), agrowisata durian Kopi Montong yang berlokasi di Sindang...

Agrowisata dan Edukasi Griya Hidroponik Tawarkan Konsep Petik Sendiri⁣

Cirebon,- Griya Hidroponik Cirebon yang berada di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Kedawung, Kabupaten Cirebon menjual segala macam produk sayuran...

Program Jelajah Rasa, Kandang Ayam Hadirkan Menu Korean Taste⁣⁣⁣

⁣⁣Cirebon,- Kandang Ayam Resto yang yang berlokasi di Jalan Sudarsono No. 281A, Kota Cirebon, pada Januari 2021 menghadirkan program...

Saung Kopi Gowes Hadir di Jalur Favorit Bersepeda, ini Konsepnya⁣

Cirebon,- Berada di jalur favorit bersepeda dengan view pesawahan dan berlatar gunung Ciremai, Sakowes (Saung Kopi Gowes) hadir untuk...

Cirebon,- Pecahnya pipa distribusi milik Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Kota Cirebon mengakibatkan pengaliran air di beberapa wilayah di Kota Cirebon terhenti.

Pipa distribusi berdiameter 300 milimeter yang pecah di Majasem tersebut mengakibatkan pengaliran air ke konsumen terhenti selama perbaikan dan penggantian pipa PVC.

“Dengan adanya pipa distribusi yang pecah, terdapat beberapa daerah di Kota Cirebon yang aliran airnya terhenti selama masa perbaikan dan penggantian pipa PVC,” ujar Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Giri Nata, Sofyan Satari, Kamis (14/1/2021).

Loading...

Selain itu, PDAM Tirta Giri Nata mulai melakukan ujicoba penampungan air (reservoir) yang berkapasitas 9.000 meter kubik, serta Jaringan Distribusi Utama (JDU) yang baru selesai dibangun beberapa waktu lalu.

BACA YUK:  Mengasah Kemampuan Karyawan, Aston Cirebon Hotel Gelar Simulasi Fire Drill

Menurut Sofyan, pihaknya telah melakukan pemetaan dan monitoring pelaksanaan ujicoba, sehingga dengan aktifnya penampungan air dan pipa JDU berdiameter 600 milimeter akan memberikan tekanan yang lebih besar pada pipa distribusi.

“Sejauh ini (uji coba) berjalan baik, hanya saja ada pipa distribusi berdiameter 300 milimeter di Majasem yang pecah,” ungkapnya.

“Penyesuaian tekanan di pipa distribusi perkotaan terus kami lakukan sebelum dan hingga selama masa ujicoba reservoir dan JDU baru,” tambahnya.

Sofyan mengungkapkan permasalahan penyaluran air PDAM di Kota Cirebon sedikitnya ada 3 hal, pertama masalah penampungan, jaringan distribusi utama (JDU) dan jaringan distribusi perkotaan.

Sedangkan untuk masalah penampungan dan JDU telah dibangun, maka tinggal mengganti jaringan distribusi ke konsumen.

“Tekanan air dari reservoir yang mengalir melalui JDU baru sangat tinggi, maka perlu ditopang dengan jaringan distribusi yang baru,” beber Sofyan.

Jaringan pipa distribusi perkotaan yang mengalir ke konsumen, kata Sofyan, usianya kini sekitar 47 tahun padahal usia teknis sebuah pipa maksimal 20 tahun.

BACA YUK:  Menguak Sejarah Berdirinya Obyek Wisata Telaga Biru Cicerem Kuningan⁣

“Kami mengalirkan air dengan reservoir dan JDU baru sangat hati-hati, itupun masih ada kerusakan pipa distribusi,” katanya.

Sofyan menambahkan untuk mengganti seluruh jaringan pipa distribusi perkotaan membutuhkan dana investasi yang sangat besar, maka dari itu PDAM Kota Cirebon akan melakukan pergantian secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dana yang ada.

“Penggantian sistem saluran distribusi air harusnya dilakukan sejak tahun 2000, dan baru bisa terealisasi tahun 2021,” pungkasnya.

Sofyan berharap dengan adanya penampungan air (reservoir) dan Jaringan Distribusi Utama (JDU) yang baru selesai dibangun ini, menjadikan pelayanan air bersih kepada warga Kota Cirebon bisa lebih baik lagi. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Ruang Isolasi Mandiri di The Radiant Hotel Cirebon Sudah Terisi 9 Pasien

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon telah menyiapkan tempat isolasi mandiri untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di The Radiant Hotel Cirebon. Namun,...

PPKM di Kabupaten Cirebon Diperpanjang Hingga 8 Februari 2021

Cirebon,- Pelaksanaan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Kabupaten Cirebon berakhir hari ini 25 Januari 2021. Namun, Bupati Cirebon Drs. H. Imron akan memperpanjang...

ACT Cabang Cirebon Kirim Bantuan Untuk Sulbar dan Kalsel

Cirebon,- Aksi Cepat Tanggap (ACT) cabang Cirebon melepas bantuan dari Cirebon untuk korban terdampak bencana di Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin...

Maryam Qonita, Wanita dari Kuningan yang Pernah Mewakili Indonesia di Forum PBB⁣

Kuningan,- Tidak pernah terbayangkan oleh Maryam Qonita bisa menempuh pendidikan beasiswa S2 hingga ke New York University di Amerika Serikat. Dengan kesederhanaan yang dimiliki,...

More Articles Like This