Pihak Kepolisian, TNI dan DLH Kota Cirebon Lakukan Pengangkutan Sampah yang Menumpuk

0
55
Pengangkutan sampah di TPSS Kesambi Kota Cirebon

Cirebon,- Pihak Kepolisian, TNI dan Dinas Lingkuhan Hidup (DLH) melakukan pengangkutan sampah yang mengalami penumpukan di sejumlah Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) di Kota Cirebon, Rabu (5/9/2018).

Pantauan About Cirebon, pengangkutan sampah mulai dilakukan di TPSS Jalan Kesambi, dengan mengerahkan alat berat. Kapolres Cirebon Kota dan Dandim 0614 pun turut hadir dalam menyelesaikan tumpukan sampah yang sudah terjadi beberapa hari lalu.

Aston Hotel

Kapolres Cirebon Kota, AKBP. Roland Ronaldy mengatakan pembersihan sampah di sejumlah TPSS, berangkat dari sisi kemanusiaan dan ketertiban khususnya di jalan raya.

“Karena beberapa hari belakangan, kita lihat banyak sampah berserakan, bahkan tumpukan sampah hingga ke badan jalan,” ujarnya disela-sela kegiatan pembersihan sampah.

Pihaknya akan berkordinasi dan membahas bersama dengan DLH Kota Cirebon terkait permasalahan sampah yang sampai menumpuk seperti ini.

Istana Kerang

“Kalau ini dibiarkan dampaknya tidak baik untuk kesehatan, ketertiban di jalan raya, dan apalagi ini berada di tengah kota,” ungkapnya.

Menurut Roland, seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, bahwa beberapa hari belakangan ada kendala terkait dengan adanya anggaran BBM kendaraan pengangkut sampah.

“Namun, kami masih dalami permasalahan ini apakah ada indikasi-indikasi terkait pembuangan oleh oknum yang tidak tertib atau seperti apa,” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa, dalam aturannya ada kategori-kategori siapa saja yang bisa membuang sampah di TPSS dan siapa yang langsung ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

“Inilah yang masih kita kaji bersama, siapa yang menyebabkan penumpukan sampah tersebut dan akan mencari solusinya,” terang Roland. (AC212)