Petugas Gabungan Lakukan Cek Kendaraan dan Tes Urine Pengendara di Terminal Harjamukti

Cirebon,- Petugas Gabungan dari Polres Cirebon Kota bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon, TNI, Dishub, Jasa Raharja melakukan cek kendaraan umum di Terminal Harjamukti Kota Cirebon, Kamis (26/12/2019).

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy mengatakan kegiatan ini kami melakukan pengecekan kendaraan, baik kelengkapan kendaraan, fisik kendaraan, dan kondisi kesehatan para pengemudi bus.

“Dari BNN Kota Cirebon telah menyiapkan test kit untuk mengetes urine, apakah pengemudi itu menggunakan narkoba atau tidak,” ujarnya saat ditemui About Cirebon di Terminal Harjamukti, Kota Cirebon.

Lanjut Roland, hal tersebut dilakukan bekerja sama untuk menjaga keselamatan para penumpang, mengingat bahwa di Operasi Lilin 2019 ini perlu menjamin keselamatan para penumpang yang berpergian.

Test urine untuk pengemudi di Terminal Harjamukti.

 

BACA YUK:  Info Loker : LP3I Cirebon

“Sampai dengan saat ini, belum kita temukan pengemudi yang menggunakan narkoba dan kondisi pengemudi sehat. Namun, ada beberapa kendaraan yang kita temukan tidak layak jalan, karena ada beberapa kendaraan yang mengalami ban gundul serta beberapa kelengkapan yang tidak dilengkapi,” ungkapnya.

“Untuk kendaraan yang tidak layak jalan sudah kami berikan peringatan untuk segera memperbaiki dan melengkapi,” tambahnya.

Penyebab kecelakaan, kata Roland, ada beberapa faktor, seperti dari sisi pengemudi sendiri dan juga faktor dari kendaraannya seperti ban gundul dan sebagainya, itu menjadi penyebab kecelakaan.

“Ini juga sebagai upaya antisipasi agar kejadian pagar alam tidak terjadi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Cirebon, Yayat Satya menambahkan pengemudi yang sudah diperiksa test urine sudah mencapai sekitar 30 pengemudi di Terminal Harjamukti Kota Cirebon. Sedangkan yang sudah di test kesehatan sudah di atas 50 orang.

BACA YUK:  Info Loker : Ponsel Mart Cirebon

“Sampai detik ini, kami belum menemukan adanya unsur-unsur penyalahgunaan dari narkoba. Sehingga hasil test urine masih negatif,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya menargetkan sebanyak 50 pengemudi di Terminal Harjamukti Kota Cirebon. Namun kedepan bersama-sama dengan Polres Cirebon Kota dan unsur lain akan melakukan test urine di pool-pool bus.

“Kita bukan hanya terbatas di terminal saja, tapi kita akan datang ke pool untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap supir maupun awak kendaraan, termasuk untuk pemeriksaan kendaraan. Karena salah satu faktornya, selain dari pengemudi dan kendaraan adalah faktor jalan,” terangnya.

BACA YUK:  Lulusan SD Kebon Baru VII, Rahmat Bagja Terpilih Menjadi Ketua Bawaslu RI 2022 - 2027

“Oleh karena itu, faktor jalan kami akan melibatkan unsur-unsur terkait yang bertanggung jawab dengan permasalahan di jalan raya,” imbuhnya.

Bila supir terganggu kesehatan dan mengkonsumsi narkoba, Yayat menegaskan, sangat berbahaya. Karena pandangan yang mengkonsumsi narkoba melihat satu titik tidak seperti yang kita bayangkan.

“ Kendaraan lawan atau objek terlihat jauh, namun itu sebenarnya sudah menempel. Dia juga tidak mengendalikan dirinya dan kendaraan bisa saja los, artinya bisa saja kendaraan tersebut melewati dari ketentuan yang berlaku. Bisa menerabas marka jalan, menyalip tanpa memperhatikan keselamatan orang lain, bahkan bisa membahayakan keselamatan orang lain,” pungkasnya. (AC212)

https://www.instagram.com/p/B6hcwb9BhWi/

(Dilihat: 15 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.