Jumat, 30 Oktober 2020

Petugas Gabungan di Kabupaten Cirebon Kembali Lakukan Razia Masker

Populer

Momen Mengharukan Saat Wisuda, Seorang Ayah Gantikan Wisuda Anaknya yang Meninggal

Cirebon,- Sebanyak 803 wisudawan/ wisudawati program Sarjana dan Magister Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Kota Cirebon mengikuti acara wisuda...

Warga Cirebon Budidaya Ikan Cupang Hingga Dijual ke Luar Negeri

Cirebon,- Budidaya ikan cupang kini semakin diminati di Indonesia. Pasalnya, bisnis ikan cupang ini sangat menjanjikan omset hingga ratusan...

Mulai Besok Pembatasan Aktivitas Masyarakat di Kota Cirebon Dicabut

Cirebon,- Pembatasan aktivitas masyarakat di Kota Cirebon rencananya akan berlangsung sampai 31 Oktober 2020. Namun, Walikota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis...

Bupati Cirebon Bolehkan Belajar Tatap Muka Bagi Kecamatan Zona Hijau

Cirebon,- Beberapa sekolah di Kabupaten Cirebon mulai memberlakukan belajar tatap muka. Bupati Cirebon, Drs. H. Imron meminta tetap menjaga...

Wali Kota Cirebon Berikan Rekomendasi Pembukaan Bioskop di Kota Cirebon

Cirebon,- Wali Kota Cirebon Drs. Nashrudin Azis telah memberikan surat rekomendasi terkait pembukaan bioskop di Kota Cirebon. Penyerahan tersebut diberikan...

Cirebon,- Dalam rangka fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal, petugas gabungan di Kabupaten Cirebon melakukan razia penggunaan masker, Rabu (26/8/2020).

Penindakan dan kesadaran penggunaan masker tersebut berlangsung serentak dibeberapa titik yang dibagi menjadi tiga tim.

Untuk wilayah Barat, razia masker hari pertama ini berlangsung di depan Kantor Kecamatan Plered, Kaliwulu, dan juga Trusmi Wetan.

Loading...

Camat Plered Kabupaten Cirebon, Hardomo mengatakan penegakan kesadaran penggunaan masker di Kecamatan Plered dalam rangka adaptasi kebiasaan baru yang akan berlangsung selama 15 hari.

“Kegiatan ini akan berlangsung selama 15 hari. Untuk 5 hari pertama kita masih memberikan sosialisasi dan sanksi ringan seperti membaca Pancasila dan push up,” ujar Hardomo saat ditemui About Cirebon, Rabu (26/8/2020).

BACA YUK:  Nakes RSD Gunung Jati Positif Covid-19, Ini Penjelasan Rumah Sakit

Kemudian untuk 5 hari kedua, lanjut Hardomo, masih tahap sosialisasi namun diberikan sanksi sedang. Sanksi sedang ini berupa sanksi sosial, seperti bersih-bersih di lokasi kegiatan.

“5 hari ketiga kedepan, akan kita berikan sanksi berat bagi masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah,” ungkapnya.

Selain melaksanakan razia masker, petugas gabungan juga melakukan rapid test terhadap warga yang tidak menggunakan masker. Bahkan, ada juga warga yang menolak untuk di Rapid Test.

Seperti pantauan About Cirebon di lokasi, ada salah satu pengendara yang tidak menggunakan masker, menolak untuk dilakukan rapid test. Namun, tetap diberikan sanksi berupa push up.

Mengenai tingkat kesadaran di Kecamatan Plered, menurut Hardomo, kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan seharusnya lebih tinggi. Akan tetapi, saat razia dilakukan masih menemukan warga yang tidak menggunakan masker.

“Kita masih menemukan puluhan warga yang tidak menggunakan masker,” terangnya.

Di kecamatan Plered, kata Hardomo, masuk dalam wilayah Zona Merah, karena ada 22 orang yang terkonfirmasi. Dari 22 yang terkonfirmasi, tersisa 5 orang yang masih menjalankan isolasi.

BACA YUK:  Musim Gadu, Harga Gabah Kering di Cirebon Alami Kenaikan

“Info terakhir, dari 22 orang yang terkonfirmasi di Kecamatan Plered, masih ada 5 yang di rawat RSUD Arjawinangun,” katanya.

Sementara itu, Nana Mulyana, selaku Tim penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian covid-19 Kabupaten Cirebon, wilayah barat mejelaskan penegakan disiplin protokol kesehatan ini sesuai dengan Perbup Nomor 53 tahun 2020 terkait penegakan disiplin dan protokol kesehatan.

“Aplikasi di lapangan akan melihat perkembangan maping dari Dinas Kesehatan perubahan pergerakan zona yang akan ada,” ujarnya.

Kegiatan lima hari pertama ini, menurut Nana, menyadarkan masyarakat untuk AKB 3 M, memakai Masker, Mencuci tangan, dan Menjaga Jarak. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Libur Panjang, Okupansi Hotel di Kota Cirebon Naik Signifikan

Cirebon,- Libur panjang bersamaan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2020, hunian kamar atau okupansi hotel di Kota Cirebon...

Hari Sumpah Pemuda, KNPI Kabupaten Cirebon Gelar Berbagai Kegiatan

Cirebon,- Dalam rangka Hari Sumpah Pemuda tahun 2020, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Cirebon menggelar berbagai rangkaian kegiatan bakti...

Oktober 2020, Satgas Waspada Investasi Blokir 206 Fintech Lending Ilegal dan 154 Entitas Tanpa Izin

Jakarta,- Satgas Waspada Investasi (SWI) terus meningkatkan upaya penindakan fintech peer to peer lending ilegal serta penawaran investasi dari entitas yang tidak berizin melalui...

Mandiri Syariah Selenggarakan Program Ketahanan Pangan di Lingkungan Pesantren

Cirebon,- Mengimplementasikan Program Pemberdayaan Pondok Pesantren sebagai Ekosistem Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia, Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) Region IV Bandung dan...

More Articles Like This