Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 2021 di Wilayah BI Cirebon Alami Perbaikan

Cirebon,- Berdasarkan hasil survei Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon mengindikasi adanya perbaikan ekonomi di wilayah kerja BI Cirebon pada triwulan II tahun 2021. Hal tersebut berdasarkan kegiatan dunia usaha dan peningkatan perkiraan omzet penjualan eceran.

Kondisi ini juga diikuti dengan meningkatnya optimisme konsumen, khususnya yang berkaitan dengan penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja. Sementara, perkembangan harga dari beberapa komoditas strategis masih relatif terjaga.

Kepala KPwBI Cirebon, Bhakti Artanta mengatakan keyakinan konsumen mulai menunjukan perbaikan, meski masih berada di bawah indeks optimis.

BACA YUK:  Info Loker : Aku Cendol Kamu

“Peningkatan ini sejalan dengan kenaikan dua indeks pembentuk Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yaitu Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK),” ujar Bhakti saat ditemui di kantornya, Kamis (14/10/2021).

Menurut Bhakti, pada triwulan II 2021 relatif positif, tetapi kondisi itu kalau dilihat di triwulan III mungkin akan tetap positif. Tapi, lanjutnya, ada kecenderungan sedikit melambat.

“Melambatnya kenapa, karena di bulan Juli itu PPKM darurat, PPKM Level 1-4, itu kecenderungannya melambat. Kemarin trendnya sudah positif, dan triwulan ketiga ini mungkin sedikit menurun dari sisi survei konsumen,” kata Bhakti.

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di Kota Cirebon, 23 Mei 2022

Namun, pihaknya optimis pada triwulan III 2021 tetap positif dan sedangkan triwulan IV masih positif. Sehingga, kondisi saat ini perlu dijaga dan dicermati, terlebih dengan adanya kelonggaran pada masa PPKM.

“Sepanjang masyarakat tidak abai protokol kesehatan, insyaallah itu akan bisa mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, Jawa Barat, maupun Kota Cirebon,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 30 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.