Pertamina Internasional EP Resmikan Sekolah Tari Gratis di Keraton Kasepuhan Cirebon

Cirebon,- PT. Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT. Pertamina Internasional EP (PIEP) meresmikan sekolah tari gratis yang berlangsung di Keraton Kasepuhan Cirebon, Sabtu (22/9/2018).

Dengan mengusung program Pertamina Budaya, Sekolah Tari Gratis tersebut bekerja sama dengan Keraton Kasepuhan Cirebon dan Yayasan Belantara Budaya Indonesia.

Presiden Direktur PIEP, Denie S Tampubolon mengatakan Cirebon merupakan kota sejarah yang banyak menyimpan kekayaan budaya Indonesia yang harus dilestarikan bersama-sama.

Menurutnya, dirinya pernah melihat tari topeng Cirebon yang sangat impresif, dan pihaknya sangat bersyukur bahwa salah satu program yang dipilih adalah Tari Topeng.

BACA YUK:  Program Literasi Budaya dan Profesi Kota Cirebon Bisa Jadi Gambaran Cita-Cita Anak

“Kami meyakini pula, bahwa memang tari-tari itu tidak hanya gerak semata, namun juga refleksi dari kulturnya,” beber Denie

Sehingga, kata dia, kerja sama dengan Keraton Kasepuhan sebagai salah satu yang dapat memfasilitasi dan menjaga budaya bangsa merupakan suatu yang sangat penting.

Pada pembukaan sekolah tari gratis di Keraton Kasepuhan, peserta yang sudah terdaftar mencapai 260 peserta dan peserta ini akan berlatih setiap hari Sabtu pada pukul 15.00 WIB.

Denie berharap, kepada Yayasan Belantara Budaya Indonesia yang membantu kami untuk memberi pelatihan, mengharapkan dari 260 peserta ini dapat melatih di daerah atau lingkungannya masing-masing.

BACA YUK:  Akhir-akhir Ini Cuaca Panas dan Terasa Gerah pada Malam Hari, ini Penyebabnya

“Sehingga yang bisa mengembangkan dan menampilkan tari-tari kita tidak hanya 260 peserta tersebut, tapi bisa dikembangkan di lingkungannya hingga seterusnya,” harap Denie.

Sementara itu, Founder Yayasan Belantara Budaya Indonesia, Diah Kusumawardani Wijaya mengatakan peserta Sekolah Tari Gratis sampai saat ini peminatnya sudah mencapai 260 peserta, dan berharap setiap minggunya bisa bertambah terus.

“Sehingga, Keraton Kasepuhan sudah memiliki member tetap, yang setiap minggunya akan hadir di Keraton Kasepuhan Cirebon,” ujarnya.

Kami disini, lanjut Diah, bersama-sama bergandengan tangan untuk pelestarian budaya, kearifan lokal tradisional Cirebon.

BACA YUK:  Komisi II DPRD Kota Cirebon Soroti Potensi Kebocoran Pendapatan Asli Daerah

“Sekolah Tari Gratis di Cirebon merupakan sekolah ke-9 dan pada pembukaan pertama ini sudah mencapai 260 peserta,” tandasnya.

Sekedar diketahui, Gelaran Pertamina Budaya, merupakan bagian dari rangkaian Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Internasioan EP di Kota Cirebon.

Sehari sebelumnya juga, Pertamina Internasional EP telah dilaksanakan Pertamina Mengajar sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan.

PIEP juga menyerahkan bantuan seperti tas sekolah untuk para siswa serta sumbangan buku-buku bacaan untuk melengkapi perpustakaan sekolah. (AC212)

(Dilihat: 20 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.