Jumat, 24 Januari 2020

Pertama Kalinya, Produk Rotan Unggulan Dipamerkan di Cirebon Rattan Expo 2019 CSB Mall

Populer

Geger Penemuan Mayat Wanita Tanpa Busana di Jalan Wiratama Cirebon

Cirebon,- Mayat wanita tanpa busana ditemukan warga di Jalan Wiratama, Kecematana Kedawung, Kabupaten Cirebon, Minggu (19/1/2020) siang. Warga yang pertama...

Sultan Sepuh XIV : Keraton Agung Sejagat Tidak Terdaftar Dalam FSKN

Cirebon,- Kemunculan Keraton Agung Sejagat yang berada di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo menggegerkan banyak pihak setelah...

Pengembang Perumahan Bersubsidi di Kabupaten Cirebon Terancam Mandeg

Cirebon,- Forum Komunikasi Pengembang Perumahan Cirebon (FKPPC) memberikan pernyataan terkait permasalahan pemberian hak guna bangunan atas tanah yang akan...

Asyiknya Berwisata di Grand Maerakaca Semarang

Semarang,- Waktu tempuh dari Cirebon ke Semarang semakin cepat, baik menggunakan kereta api maupun menggunakan kendaraan mobil yang memakan...

Rusak Tanaman Padi, Petani di Kabupaten Cirebon Berburu Tikus

Cirebon,- Banyaknya hama tikus yang merusakan tanaman padi, puluhan petani di Blok Krapyak, Desa Panguragan Kulon, Kecamatan Panguragan, Kabupaten...

Cirebon,- Pameran Mebel dan Kerajinan Rotan yang bertajuk Cirebon Rattan Expo (Cirex) 2019 hadir di Atrium CSB Mall, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, Rabu (28/8/2019).

Pameran yang diselenggarakan oleh Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) bekerja sama dengan CSB Mall berlangsung sejak tanggal 26 Agustus sampai 8 September 2019.

1. Pameran Rotan Pertama Kali

Ketua HIMKI DPD Cirebon Raya, Supriharto mengatakan Cirebon Rattan Expo merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Cirebon. Apalagi kerajinan rotan di Cirebon sudah mendunia dari jaman 1500 Masehi.

Loading...

“Tapi masyarakat Cirebon kadangkala belum tahu, bahwa produk-produk dari Cirebon yang bagus-bagus tidak bisa didapatkan di kotanya sendiri,” ujarnya saat Presconfrence, Rabu (28/8/2019).

Lanjut Supriharto, event Cirebon Rattan Expo hadir di Kota Cirebon bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk unggulan yang selama ini tidak bisa dilihat dan didapatkan di Cirebon.

Press Conference Kegiatan Cirebon Rattan Expo 2019

“Tapi sekarang kita hadirkan Rattan Expo ini untuk memperkenalkan dan memiliki dari produk unggulan yang selama ini hanya diekspor ke luar negeri,” jelasnya.

Menurut Supriharto, supply mebel rotan di dunia sebagain besar dikirim dari Cirebon, tetapi di Cirebon sendiri tidak bisa dilihat oleh masyarakat.

“Jadi, dengan acara ini masyarakat bisa melihat dan bisa memiliki produk-produk rotan unggulan dari Cirebon,” bebernya.

2. Mendorong Perekonomian Kreatif

Sementara itu, Wakil Ketua HIMKI DPD Cirebon Raya, Iyan Rahardian menambahkan saat ini pemerintah sedang giat-giatnya mendorong perekonomian, utamanya di bidang ekonomi kreatif.

“Cirebon ini salah satu paling unggulan yang sudah mendunia salah satunya rotan. Bahkan kalau bisa ditarik sejarahnya, kalau sama batik masih duluan rotan mendunianya,” terang Iyan.

Menurutnya, 80 persen produksi rotan hasil hutan kita adanya di Indonesia dan 80 persennya ini adalah rotan-rotan terbaik.

“Sisanya, 20 persen tersebar di berbagai negara itu bukan untuk produksi furniture,” jelasnya.

Makanya keunggulan ini, kata Iyan, harus benar-benar dijaga dan jelas terdepan HIMKI Cirebon menolak adanya kebijakan atau wacana tentang ekspor bahan baku rotan.

“Ini yang harus kita jaga dan ini benar-benar negara kebanggaan Cirebon yang bisa mendunia salah satunya adalah rotan,” ungkapnya.

Cirebon Rattan Expo yang pertama ini, kata Iyan, diharapkan tiap tahunnya selalu ada Cirex. Sehingga, image masyarakat kalau ingin membeli rotan berkualitas di Cirebon mampir di Cirex.

3. Produkproduk Unggulan

Supriharto menambahkan, peserta yang mengikuti Cirebon Rattan Expo 2019 sebanyak 15 peserta, dengan menghadirkan produk-produk mulai dari perabotan kebutuhan rumah tangga, kursi tamu, kursi taman, dan lain sebagainya.

“Untuk material yang dipamerkan juga mulai dari jenis material yang kecil sampai besar, dari yang mudah didapatkan sampai yang susah didapatkan,” bebernya.

Kerajinan yang dipamerkan, tambah Supriharti, sudah tersebar di seluruh dunia, Autralia, Afrika, Eropa, hingga Amerika. Apalagi Amerika memilik pasar yang besar sekali.

“Oleh karena itu, peserta yang mengikuti pameran ini produknya sudah ekspor keluar negeri. Jadi masyarakat di pameran ini bisa melihat dan memiliki produk-produknya,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Komisioner OJK Minta OJK Daerah Terus Intensifkan Investasi Bodong

Cirebon,- Keberadaan Kantor OJK (Otoritas Jasa Keuangan) di daerah memegang peranan yang sangat penting sebagai ujung tombak dalam mengeksekusi...

Perkembangan Ekonomi di Wilayah Ciayumajakuning Menunjukkan Pertumbuhan Positif

Cirebon,- Perekonomian Indonesia pada tahun 2019 menghadapi tantangan yang tidaklah ringan. Perlambatan ekonomi global sudah mulai kita rasakan, khususnya dalam aktivitas perdagangan luar negeri...

Arief Budi Wibisono Kini Jabat Kepala OJK Cirebon Gantikan Muhammad Lutfi

Cirebon,- Budi Arief Wibisono resmi menggantikan Muhammad Lutfi sebagai Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon.Acara pelantikan dan serah terima jabatan Kepala OJK Cirebon dari...

Core Coffee Shop Ramaikan Bisnis Kopi di Kota Cirebon

Cirebon,- Core Coffee Shop yang berlokasi di PIA Hotel, Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kota Cirebon menggelar acara Grand Opening, Rabu (22/1/2020) sore. Grand Opening Core...

Mudahkan Kebutuhan Pesta Pernikahan, Intimate Wedding Showcase Pertama Digelar di Cirebon

Cirebon,- Metland Hotel by Horison Cirebon bekerja sama dengan ab PRO Wedding and Talent Organizer menggelar acara yang bertajuk “Intimate Wedding Showcase”, Rabu (22/1/2020). Acara...

More Articles Like This