Jumat, 14 Agustus 2020

Pertama Kalinya, Produk Rotan Unggulan Dipamerkan di Cirebon Rattan Expo 2019 CSB Mall

Populer

Inilah Tambahan 16 Kasus Baru Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon

Cirebon,- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon bertambah 16 kasus baru. Penambahan baru tersebut merupakan kasus ke-79 sampai...

8 Orang Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Tol Cipali

Cirebon,- Delapan orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) KM 184.300, Senin...

Budidaya Ikan Dalam Ember Semakin Diminati di Tengah Pandemi⁣

Cirebon,- Budidaya ikan lele dan ikan patin merupakan salah satu peluang usaha dengan keuntungan yang sangat menggiurkan. Bahkan, untuk...

Sentosa Live Seafood Market Hadir di Kota Cirebon

Cirebon,- Sentosa Live Seafood Market by Kharisma hadir di Kota Cirebon. Restoran Seafood hidup pertama di Kota Cirebon ini...

Kasus Konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Cirebon Tembus 106 Kasus ⁣

Cirebon,- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon kembali bertambah 6 kasus. Sehingga, kasus terkonfirmasi sampai hari ini, Rabu...

Cirebon,- Pameran Mebel dan Kerajinan Rotan yang bertajuk Cirebon Rattan Expo (Cirex) 2019 hadir di Atrium CSB Mall, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, Rabu (28/8/2019).

Pameran yang diselenggarakan oleh Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) bekerja sama dengan CSB Mall berlangsung sejak tanggal 26 Agustus sampai 8 September 2019.

1. Pameran Rotan Pertama Kali

Loading...

Ketua HIMKI DPD Cirebon Raya, Supriharto mengatakan Cirebon Rattan Expo merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Cirebon. Apalagi kerajinan rotan di Cirebon sudah mendunia dari jaman 1500 Masehi.

“Tapi masyarakat Cirebon kadangkala belum tahu, bahwa produk-produk dari Cirebon yang bagus-bagus tidak bisa didapatkan di kotanya sendiri,” ujarnya saat Presconfrence, Rabu (28/8/2019).

Lanjut Supriharto, event Cirebon Rattan Expo hadir di Kota Cirebon bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk unggulan yang selama ini tidak bisa dilihat dan didapatkan di Cirebon.

Press Conference Kegiatan Cirebon Rattan Expo 2019

“Tapi sekarang kita hadirkan Rattan Expo ini untuk memperkenalkan dan memiliki dari produk unggulan yang selama ini hanya diekspor ke luar negeri,” jelasnya.

Menurut Supriharto, supply mebel rotan di dunia sebagain besar dikirim dari Cirebon, tetapi di Cirebon sendiri tidak bisa dilihat oleh masyarakat.

“Jadi, dengan acara ini masyarakat bisa melihat dan bisa memiliki produk-produk rotan unggulan dari Cirebon,” bebernya.

2. Mendorong Perekonomian Kreatif

Sementara itu, Wakil Ketua HIMKI DPD Cirebon Raya, Iyan Rahardian menambahkan saat ini pemerintah sedang giat-giatnya mendorong perekonomian, utamanya di bidang ekonomi kreatif.

“Cirebon ini salah satu paling unggulan yang sudah mendunia salah satunya rotan. Bahkan kalau bisa ditarik sejarahnya, kalau sama batik masih duluan rotan mendunianya,” terang Iyan.

Menurutnya, 80 persen produksi rotan hasil hutan kita adanya di Indonesia dan 80 persennya ini adalah rotan-rotan terbaik.

“Sisanya, 20 persen tersebar di berbagai negara itu bukan untuk produksi furniture,” jelasnya.

Makanya keunggulan ini, kata Iyan, harus benar-benar dijaga dan jelas terdepan HIMKI Cirebon menolak adanya kebijakan atau wacana tentang ekspor bahan baku rotan.

“Ini yang harus kita jaga dan ini benar-benar negara kebanggaan Cirebon yang bisa mendunia salah satunya adalah rotan,” ungkapnya.

Cirebon Rattan Expo yang pertama ini, kata Iyan, diharapkan tiap tahunnya selalu ada Cirex. Sehingga, image masyarakat kalau ingin membeli rotan berkualitas di Cirebon mampir di Cirex.

3. Produkproduk Unggulan

Supriharto menambahkan, peserta yang mengikuti Cirebon Rattan Expo 2019 sebanyak 15 peserta, dengan menghadirkan produk-produk mulai dari perabotan kebutuhan rumah tangga, kursi tamu, kursi taman, dan lain sebagainya.

“Untuk material yang dipamerkan juga mulai dari jenis material yang kecil sampai besar, dari yang mudah didapatkan sampai yang susah didapatkan,” bebernya.

Kerajinan yang dipamerkan, tambah Supriharti, sudah tersebar di seluruh dunia, Autralia, Afrika, Eropa, hingga Amerika. Apalagi Amerika memilik pasar yang besar sekali.

“Oleh karena itu, peserta yang mengikuti pameran ini produknya sudah ekspor keluar negeri. Jadi masyarakat di pameran ini bisa melihat dan memiliki produk-produknya,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Bupati Cirebon: Minta Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan

Cirebon,- Terus melonjaknya jumlah warga yang terkonfirmasi positif covid-19, membuat pemerintah pusat menekankan kepada pemerintah daerah, untuk tegas dalam...

Mobil Mikrobus yang Terlibat Kecelakaan di Tol Cipali Tidak Laik Jalan

Cirebon,- Mobil Mikrobus Elf yang terlibat kecelakaan lalu lintas di Tol Cipali KM 184.300 yang mengakibatkan 8 orang meninggal dunia tersebut tidak laik jalan.Berdasarkan...

Sopir Elf Ditetapkan sebagai Tersangka Kecelakaan Lalu Lintas di Tol Cipali ⁣

Cirebon,- Penanganan kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Tol Cipali KM 184.300 pada hari Senin (10/8) lalu, Satlantas Polresta Cirebon sudah menetapkan satu...

42 Orang Sembuh Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon

Cirebon,- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon kembali bertambah dua kasus. Sehingga, total keseluruhan sampai tanggal 13 Agustus 2020 mencapai 108 kasus terkonfirmasi.Dari...

Grab Cirebon Sosialisasi Layanan Grab Protect dari Kantor ke Kantor

Cirebon,- Di tengah pandemi, Grab terus melakukan inovasi-inovasi untuk meningkatkan kenyamanan bagi para pelanggan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.Seperti yang dilakukan Grab Cirebon dengan...

More Articles Like This