Selasa, 12 November 2019

Pertama Kalinya, Produk Rotan Unggulan Dipamerkan di Cirebon Rattan Expo 2019 CSB Mall

Populer

Begini Tradisi Pencucian Gong Sekati di Keraton Kanoman Cirebon Jelang Maulid Nabi

Cirebon,- Jelang peringatan maulid Nabi SAW, Keraton Kanoman Cirebon melaksanakan tradisi Pencucian Gong Sekati yang berlangsung di Langgar Alit...

Claudia Emmanuela Santoso Gadis Cirebon Masuk Final The Voice of Germany

Cirebon,- Gadis Asal Cirebon Claudia Emmanuela Santoso yang mengikuti ajang pencarian bakat The Voice of Germany lolos ke babak...

Sebagai Icon Baru, PT. KAI Daop 3 Cirebon Resmikan Monumen Mesin Mekanik VDM 800 GS, Ini Bentuknya

Cirebon,- Bertepatan Hari Pahlawan yang jatuh tanggal 10 November 2019, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Oprasional (Daop) 3...

Tim Ahli Cagar Budaya Teliti Batu Bata Diduga Peninggalan Candi di Indramayu

Indramayu,- Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dan Pemerintah Kabupaten Indramayu mulai meneliti temuan batu bata bertanda tapak kaki anjing...

Rayakan Ulang Tahun ke-4, Cordela Hotel Cirebon Menggelar Berbagai Kegiatan Sosial

Cirebon,- Cordela Hotel Cirebon yang beroperasi sejak tahun 2015, kini memasuki usia yang ke-4. Untuk memperingati usia ke-4, Cordela...

Cirebon,- Pameran Mebel dan Kerajinan Rotan yang bertajuk Cirebon Rattan Expo (Cirex) 2019 hadir di Atrium CSB Mall, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, Rabu (28/8/2019).

Pameran yang diselenggarakan oleh Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) bekerja sama dengan CSB Mall berlangsung sejak tanggal 26 Agustus sampai 8 September 2019.

1. Pameran Rotan Pertama Kali

Ketua HIMKI DPD Cirebon Raya, Supriharto mengatakan Cirebon Rattan Expo merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Cirebon. Apalagi kerajinan rotan di Cirebon sudah mendunia dari jaman 1500 Masehi.

Loading...

“Tapi masyarakat Cirebon kadangkala belum tahu, bahwa produk-produk dari Cirebon yang bagus-bagus tidak bisa didapatkan di kotanya sendiri,” ujarnya saat Presconfrence, Rabu (28/8/2019).

Lanjut Supriharto, event Cirebon Rattan Expo hadir di Kota Cirebon bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk unggulan yang selama ini tidak bisa dilihat dan didapatkan di Cirebon.

Press Conference Kegiatan Cirebon Rattan Expo 2019

“Tapi sekarang kita hadirkan Rattan Expo ini untuk memperkenalkan dan memiliki dari produk unggulan yang selama ini hanya diekspor ke luar negeri,” jelasnya.

Menurut Supriharto, supply mebel rotan di dunia sebagain besar dikirim dari Cirebon, tetapi di Cirebon sendiri tidak bisa dilihat oleh masyarakat.

“Jadi, dengan acara ini masyarakat bisa melihat dan bisa memiliki produk-produk rotan unggulan dari Cirebon,” bebernya.

2. Mendorong Perekonomian Kreatif

Sementara itu, Wakil Ketua HIMKI DPD Cirebon Raya, Iyan Rahardian menambahkan saat ini pemerintah sedang giat-giatnya mendorong perekonomian, utamanya di bidang ekonomi kreatif.

“Cirebon ini salah satu paling unggulan yang sudah mendunia salah satunya rotan. Bahkan kalau bisa ditarik sejarahnya, kalau sama batik masih duluan rotan mendunianya,” terang Iyan.

Menurutnya, 80 persen produksi rotan hasil hutan kita adanya di Indonesia dan 80 persennya ini adalah rotan-rotan terbaik.

“Sisanya, 20 persen tersebar di berbagai negara itu bukan untuk produksi furniture,” jelasnya.

Makanya keunggulan ini, kata Iyan, harus benar-benar dijaga dan jelas terdepan HIMKI Cirebon menolak adanya kebijakan atau wacana tentang ekspor bahan baku rotan.

“Ini yang harus kita jaga dan ini benar-benar negara kebanggaan Cirebon yang bisa mendunia salah satunya adalah rotan,” ungkapnya.

Cirebon Rattan Expo yang pertama ini, kata Iyan, diharapkan tiap tahunnya selalu ada Cirex. Sehingga, image masyarakat kalau ingin membeli rotan berkualitas di Cirebon mampir di Cirex.

3. Produkproduk Unggulan

Supriharto menambahkan, peserta yang mengikuti Cirebon Rattan Expo 2019 sebanyak 15 peserta, dengan menghadirkan produk-produk mulai dari perabotan kebutuhan rumah tangga, kursi tamu, kursi taman, dan lain sebagainya.

“Untuk material yang dipamerkan juga mulai dari jenis material yang kecil sampai besar, dari yang mudah didapatkan sampai yang susah didapatkan,” bebernya.

Kerajinan yang dipamerkan, tambah Supriharti, sudah tersebar di seluruh dunia, Autralia, Afrika, Eropa, hingga Amerika. Apalagi Amerika memilik pasar yang besar sekali.

“Oleh karena itu, peserta yang mengikuti pameran ini produknya sudah ekspor keluar negeri. Jadi masyarakat di pameran ini bisa melihat dan memiliki produk-produknya,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

CSB Fashion Week Jadi Indikator Live Style di Kota Cirebon

Cirebon,- CSB Fashion Week kembali digelar, mulai tanggal 11 - 16 November 2019 di Atrium Utama CSB Mall, Jalan...

Satlantas Polres Cirebon Kota Salurkan Air Bersih Sebanyak 18.000 Liter di Argasunya

Cirebon,- Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon Kota kembali melakukan bakti sosial pemberian bantuan air bersih di wilayah Kedung Jumbleng, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota...

Nikmati Promo Spa Coklat Hanya di Artha Spa Aston Cirebon Hotel

Cirebon,- Coklat merupakan makanan atau minuman yang disukai oleh banyak orang, mulai dari anak kecil hingga orang tua. Bahkan, coklat sudah menjadi rahasia umum...

EB Batik Tradisional Kenalkan Koleksi Terbaru di CSB Fashion Week 2019

Cirebon,- Puluhan koleksi terbaru dari EB Batik Tradisional diperkenalkan melalui peragaan busana dalam acara CSB Fashion Week 2019, yang berlangsung di Atrium CSB Mall,...

RSIA Cahaya Bunda Berikan Special Gift Kepada Para Pasien

Cirebon,- Setelah sukses menggelar berbagai rangkaian di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda kembali menghadirkan program special...

More Articles Like This