Pertama Kalinya Keraton Kasepuhan Gelar Upacara Kemerdekaan RI

0
814
Upacara Kemerdekaan RI di Keraton Kasepuhan Cirebon.

Cirebon, 17 Agustus 2017,- Untuk pertama kalinya, Keraton Kasepuhan Cirebon menggelar Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung di Taman Dewandaru, Keraton Kasepuhan, Kota Cirebon, Kamis (17/08/2017).

Menariknya, para peserta upacara memakai pakaian adat Kasultanan. Ini merupakan suatu bentuk kecintaan Keraton Kasepuhan atas keberagaman yang ada di Indonesia. Pesertanya pun tak hanya dari abdi dalem dan lingkungan Keraton Kasepuhan, tetapi diikuti oleh lapisan masyarakat dan organisasi masyarakat.

Sultan Sepuh XIV, PRA. Arief Natadiningrat mengatakan, memasuki usia 72 tahun Indonesia Merdeka dan biasanya Sultan-sultan seluruh Indonesia upacaranya dengan Walikota, Bupati, Gubernur dan Presiden, tetapi kali ini kita upacaranya di Kasultanan Cirebon.

Aston Hotel

Menurutnya, kegiatan ini dalam rangka untuk  meningkatkan kembali cinta tanah air, yang kita tahu di era demokrasi, sekarang ini banyak sekali degradasi dari kesatuan dan persatuan. Diantaranya banyak pengelompokan-pengelompokan dengan adanya pemilihan kepala daerah. Oleh karena itu, kita harus menjaga persatuan dan kesatuan dengan menggelar upacara bersama di Keraton Cirebon.

” Sebelumnya kalau memperingati HUT RI, setiap tahun Keraton Kasepuhan selalu memperingati, tetapi tidak seperti upacara yang sekarang,” lanjutnya.

Dengan ulang tahun yang ke-72, tentunya Indonesia sudah mulai dewasa dan kita harapkan betul-betul sudah merdeka dari kebodohan, kemiskinan dan dari kekurangan-kekurangan yang ada.

“Kita tahu bahwa Indonesia di tahun-tahun yang akan datang sangat berat sekali menghadapi tantangan baik ke dalam maupun keluar. Oleh karena itu, dengan peringatan ke-72 ini kita harapkan untuk menjaga persatuan kesatuan dan mendahulukan kepentingan bangsa dan negara,” harapnya. (AC212)

Bagikan:
Signup for the newsletter