Pertama di Indonesia, Health Insurtech Rey Rilis Membership Kesehatan Terjangkau Berbasis Proteksi

Jakarta,– Rey, startup insurtech kesehatan yang terintegrasi pertama di Indonesia  pada hari ini melalui mengumumkan pendanaan baru sebesar 4,2 juta USD. Seri pendanaan  dipimpin oleh Trans-Pacific Technology Fund (TPTF), Genesia Ventures, dan PT Reycom  Document Solusi (RDS). Rey juga merilis produk- produk asuransi eksklusif yang merupakan  produk signature miliknya yang akan menjadi komponen utama membership Rey dengan  didukung oleh ekosistem kesehatan, kebugaran, dan klaim cashless yang terintegrasi dari  ujung ke ujung (end to end). Dari sisi teknologi, Rey berhasil memperoleh sertifikasi ISO/IEC  27001/2013 yang merupakan standarisasi Manajemen Informasi, perlindungan, dan enkripsi  data.

CEO dan Co-Founder Rey Evan Wijaya Tanotogono menjelaskan bahwa Rey bercita-cita  turut berkontribusi mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat dan terproteksi. Untuk  itu, Rey membuka seluas-luasnya akses masyarakat terhadap asuransi kesehatan yang  disesuaikan dengan kebutuhan dengan biaya terjangkau sekaligus bisa mendapatkan layanan  kesehatan yang lebih baik. Hal ini lantaran ia melihat penetrasi asuransi di Indonesia masih  rendah dan layanan kesehatan sampai saat ini masih terkonsentrasi pada wilayah tertentu.

Proteksi kesehatan dengan konsep lebih transparan, efisien, dan terjangkau  

Rey menjadi aplikasi kesehatan pertama di Indonesia yang menerapkan sistem membership  berbasis proteksi. Sinergi antara layanan kesehatan dan produk proteksi menjadikan akses  terhadap layanan kesehatan lebih pasti, terjangkau, dan terintegrasi ujung ke ujung. Layaknya  layanan streaming musik dan hiburan, Member Rey dapat berlangganan dengan biaya yang  cukup terjangkau. Dalam membership Rey, masing-masing Member dapat memilih produk  proteksi kesehatan yang sesuai dengan perlindungan. Produk proteksi ini telah dilengkapi  dengan fitur-fitur ekosistem kesehatan sehingga Rey hadir menjadi one-stop solution yang  melindungi sekaligus melayani kebutuhan kesehatan para Member.

(Kiri ke kanan) Chief Business & Co-Founder Rey David Nugroho, CTO & Co Founder Rey,
Bobby Siagian, CEO & Co-Founder Rey Evan Tanotogono VP Product & Co-Founder, Rosi
Setyo Nugroho, Praktisi Kesehatan, dr. Adam Prabata, menunjukkan ReyCard, kartu
pembayaran cashless yang dapat digunakan di rumah sakit dan penyedia kesehatan mana pun di
Indonesia saat peluncuran membership kesehatan di Jakarta, Rabu (6/7/2022). Rey, startup
insurtech kesehatan yang terintegrasi pertama di Indonesia merilis produk- produk asuransi
eksklusif. Rey bercita-cita untuk turut berkontribusi mewujudkan masyarakat Indonesia yang
lebih sehat dan terproteksi.

Proteksi kesehatan yang dapat diakses melalui Rey saat ini mencakup rawat jalan dan rawat  inap. Saat pertama kali menjadi Member maka membershipnya sudah mencakup manfaat  rawat jalan yang disediakan dari polis Rey Outpatient Care dan dilengkapi dengan fitur-fitur  utama Rey, yaitu ReyCare, ReyCard, dan ReyFit. Semuanya dapat diperoleh dengan harga  langganan mulai dari Rp35 ribu per bulan saja.

BACA YUK:  Pemda Kota Cirebon Sedang Kaji Vaksin Booster Jadi Persyaratan Pelayanan Publik

ReyCare merupakan fitur yang melayani Member dalam mengakses seluruh layanan  kesehatan. Mulai dari chat dokter online sepuasnya untuk mendapatkan triase dan tindakan  lanjutan yang sesuai, penebusan resep online, dan pembuatan janji dengan dokter offline (tatap  muka), hingga proses pembayaran yang terjadi di rumah sakit. Semuanya dilakukan tanpa  biaya tambahan, dilakukan secara digital melalui aplikasi Rey, dan dibantu oleh tim ReyCare  yang ramah.

Selain ReyCare, Member juga akan memperoleh ReyCard, yaitu kartu debit berbasis jaringan  GPN yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran cashless di faskes mana pun di  seluruh Indonesia. Terakhir, Member Rey juga dimotivasi untuk terus menjalankan hidup lebih  sehat melalui fitur ReyFit. Sementara itu, polis Rey Outpatient Care sendiri menanggung biaya  medis apabila Member sampai berobat offline, termasuk konsultasi dokter umum dan dokter  spesialis, pemeriksaan laboratorium, tebus resep obat lewat aplikasi, rawat jalan darurat akibat  kecelakaan.

Apabila Member ingin menambahkan dengan rawat inap, harganya sangat terjangkau dan  dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Rey menawarkan tiga cakupan rawat inap. Adapun yang  paling komprehensif, Rey Complete Care, mengcover semua kondisi kesehatan selama tidak masuk ke dalam pengecualian. Rey Complete Care memberikan pertanggungan biaya medis  rawat inap hingga batas limit tahunan Rp1 miliar, perawatan kamar 1 tempat tidur di Indonesia  dan Malaysia. Semuanya sesuai tagihan atau as charge. Tambahan polis rawat inap Rey  Complete Care dapat diperoleh Member mulai dari Rp105 ribu per bulan saja.

Apabila Member menginginkan perlindungan yang lebih terjangkau, Rey menyediakan Rey  Accident & Infection Care, yaitu asuransi rawat inap yang mengcover risiko cedera akibat  kecelakaan serta 16 penyakit menular. Polis Rey Accident & Infection Care dimulai dari Rp95  ribu per bulan. Kemudian, Rey Critical Care yang mengcover 9 risiko penyakit kritis termasuk  kanker, serangan jantung, stroke, hingga gagal ginjal. Tidak tanggung-tanggung, produk ini  sudah dapat diperoleh mulai dari Rp10 ribu per bulan.

“Dengan pendekatan digital first secara operasional maupun distribusi akses produk, Rey dapat  memberikan premi yang lebih terjangkau kepada pengguna. Hal ini juga diperkuat oleh  optimalisasi layanan kesehatan yang terintegrasi. Selain itu, dengan pendekatan ini, kami juga  dapat menyajikan informasi yang lebih efisien dan straightforward sehingga masing-masing  calon Member mendapatkan kebebasan untuk menelaah, memilih, dan membeli produk yang  sesuai dengan kebutuhan mereka semudah mengakses dari gadget masing-masing,” ujar  Evan.

Proses pembayaran premi keanggotaan pun sangat mudah, yakni setelah proses pengisian  data dilengkapi, calon Member dapat memilih metode membership secara bulanan atau  tahunan menggunakan kartu kredit, e-wallet (OVO, DANA, Shopee), atau transfer Virtual  Account (VA).

BACA YUK:  Hidupkan Percaya Diri dengan “Maybelline Sky High Waterproof Mascara”

Proses yang Nyaman dan Klaim yang Mudah di mana saja 

Kenyamanan Member. Itulah yang menjadi „obsesi‟ dari Rey. Kembali berkiblat pada proses  operasional yang digital first, banyak proses yang sebelumnya terjadi secara offline dan kini  telah terinkorporasi secara digital melalui aplikasi Rey. Salah satu contohnya adalah  mendigitalisasi rawat jalan primer yang berfokus pada kualitas layanan.

Dengan menggunakan fitur chat dokter yang disediakan unlimited, Member dapat segera  mendapatkan diagnosis awal yang dapat dilanjutkan dengan pemberian resep obat yang  tentunya dilakukan oleh dokter yang ada dalam tim ReyCare. Tentunya, dapat dipastikan,  semua dokter dalam tim ReyCare memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktik (SIP) serta melaksanakan konsultasi berdasarkan SOP yang sesuai dengan  kaidah kedokteran. Resep dokter pun dapat ditebus langsung melalui aplikasi untuk untuk  dikirim, maupun diambil sendiri secara offline. Semuanya sesuai preferensi dan kenyamanan  Member. Jika diberikan rekomendasi untuk menemui dokter secara tatap muka maka tim  ReyCare akan membantu proses pemilihan rumah sakit atau dokter yang diinginkan oleh  Member sampai membuat janji temu.

Salah satu praktisi kedokteran, dr.Adam Prabata, turut memberikan pendapatnya. “Integrasi  antara layanan kesehatan online dan offline serta didasari oleh kontinuitas data akan sangat  membantu proses kesembuhan pasien menjadi lebih cepat dan efisien. Menyaksikan langsung doctor chat demo yang ditampilkan Rey, saya kira akan sangat membantu para pelaku industri  kesehatan menjalankan misi literasi kesehatan, yaitu menyadarkan masyarakat agar  menjalankan hidup sehat dan segera melakukan pengobatan jika sakit serta tidak melakukan  diagnosa diri sendiri. Tidak harus mendatangi fasilitas kesehatan langsung untuk penyakit  tertentu, cukup manfaatkan konsultasi online,” sebut dr.Adam.

Perihal klaim yang sulit dan kurang transparan merupakan salah satu pain point yang telah  diidentifikasi oleh Rey dari pengguna asuransi di Indonesia. Oleh karena itu, proses ini  dimodifikasi agar menjadi sesederhana mungkin dan dapat dilakukan hanya dengan  mengakses gadget Member saja.

Yang pertama adalah proses klaim sepenuhnya dilakukan tanpa kertas (paperless) untuk rawat  inap dan rawat jalan. Kemudian, proses klaim dapat dilakukan hanya dengan mengunggah foto  dokumen medis yang diperlukan melalui aplikasi Rey. Kedua, saat Member mengalami  perawatan, segala proses mulai dari pre-admisi, admisi, hingga discharge akan ditemani oleh  tim ReyCare. Untuk proses pre-admisi, Member pun dapat menghubungi tim ReyCare melalui  chat yang tersedia pada aplikasi Rey. Tujuannya agar segala proses dapat dipersiapkan lebih  awal oleh tim ReyCare sehingga tidak ada lagi proses menunggu berjam-jam di rumah sakit  karena kurangnya koordinasi antara rumah sakit dengan pihak asuransi. Ketiga, Member juga  dibekali dengan ReyCard, yaitu kartu pembayaran cashless yang dapat digunakan di rumah  sakit dan penyedia kesehatan mana pun di seluruh Indonesia. ReyCard dapat digunakan pada  mesin EDCapapun bertanda GPN, layaknya kartu kredit atau debit biasa ketika melakukan  pembayaran. Dengan ReyCard, Member tidak perlu lagi merasa terbatas pada jaringan rumah  sakit rekanan saja.

BACA YUK:  Pentingnya Rencanakan Pendidikan Anak Sejak Dini, Berikut Beberapa Hal yang Harus Disiapkan Menurut Qoala

“Penyederhanaan dan digitalisasi proses klaim merupakan salah satu fokus kami di Rey karena  mengetahui betapa rumitnya proses ini yang terjadi pada kondisi offline. Namun, untuk  memastikan kenyamanan penggunaan layanan para Member, kami tetap memberlakukan  human-assisted digital process dengan tim ReyCare yang siap membantu di setiap proses  klaim,” urai Evan yang menguraikan latar belakang proses klaim pada Rey.

Fitur Kebugaran yang Tak Kalah Penting: ReyFit dan ReyCoin 

ReyFit dan ReyCoin merupakan salah satu manifestasi dari visi Rey dalam meningkatkan  kualitas kesehatan penggunanya. Dengan menginkorporasi fitur kebugaran dalam aplikasi Rey,  kami ingin meningkatkan dan membantu para Member dalam memperbaiki gaya hidupnya menjadi lebih sehat dengan versi mereka sendiri. Terkait hal ini, Rey bahkan akan memberikan  hadiah melalui fitur ReyCoin jika Member dapat memenuhi milestone kesehatan.

ReyFit dihadirkan tidak hanya bagi Member tapi juga dapat digunakan oleh user app yang  belum menjadi Member. Ini adalah wujud manifestasi visi Rey yang ingin meningkatkan  kesehatan penggunanya. Fitur ini akan memotivasi user mengubah gaya hidup menjadi lebih  sehat sehingga risiko kesehatan mereka menjadi lebih kecil. Pada versi aplikasi yang telah di  release sekarang, target harian yang dapat di track adalah mengukur jumlah langkah kaki dan  tingkat hidrasi. Dua fitur ini merupakan kegiatan dasar yang dapat dijalankan sehari-hari  dengan mudah sehingga dapat digunakan oleh semakin banyak pengguna dengan berbagai  tingkat kebugaran.

Sedangkan Fitur ReyCoin sebagai insentif khusus bagi pengguna yang sudah menjadi Member.  Melalui ReyCoin, Member yang sudah mencapai target harian akan mendapat ReyCoin yang  dapat ditukarkan dengan hadiah menarik yang mendukung kesehatan atau diskon membership Rey. Hal ini merupakan salah satu upaya Rey untuk membuat layanan tidak hanya digunakan  untuk membantu proses penyembuhan namun juga untuk meningkatkan kebugaran dari para  Member.

Didukung Teknologi Mumpuni 

Memiliki teknologi yang canggih akan memungkinkan Rey menambah fitur layanan kesehatan  dan dapat diakses dengan cepat sehingga para Member bisa mendapatkan keamanan,  kemudahan, dan kenyamanan menggunakan keseluruhan layanan Rey.

Menutup rangkaian media launching Rey, Evan menambahkan, “Kami bangga mengumumkan  bahwa Rey kini menjadi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memperoleh  sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 untuk cakupan Sistem Manajemen Informasi dalam penyediaan  asuransi digital yang terintegrasi dengan ekosistem kesehatan. Pencapaian ini kami peroleh  hanya dalam waktu kurang dari 1 tahun sejak kami berdiri. Harapannya, Member Rey dapat  lebih percaya karena data pribadi, data kesehatan, dan data telekonsultasi yang ada pada  platform Rey dikelola sesuai dengan standar yang semestinya,” tutup Evan. (*)

 

(Dilihat: 25 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.