Pernah Coba Pancake Tape Ketan? Ini Dia Kudapan Segar yang Wajib Dicoba

Cirebon,- Tape ketan. Sekilas mendengar kata itu, pasti sudah terbayang bentuk dan rasanya bagi foodlovers. Namun, sekarang tape ini dikemas menjadi pancake yang lezat dan segar.

Adalah Nur Atikah, wanita kelahiran tahun 1990 mengolah tape Khas Bakung menjadi pancake. Pancake Tape Bakung mulai dipasarkan pada 2017 lalu.

“Awal ide tuh pas diceritain desa Bakung terkenal dengan tape ketannya yang enak, tapi nggak sebooming tape Kuningan. Akhirnya saya kepikiran untuk mengolah menjadi beberapa kudapan dengan tujuan meningkatkan nilai jual tape ketan tersebut,” ujar wanita yang akrab disapa Tika kepada About Cirebon.

BACA YUK:  Permudah Masyarakat, Pemda Kota Cirebon Luncurkan Pembayaran Pajak Melalui Virtual Account

Sebelum terpikirkan membuat pancake, ibu satu orang anak ini pun sempat mengolah tape Bakung menjadi cake. Pernah pula dibuat cookies dan sampai akhirnya dibuat pancake. Lalu, ketika mengolah menjadi pancake, dia mengaku rasanya pas dan menyatu dengan tape ketan tersebut.

“Pancake itu kan harus dingin penyimpanannya dan tape ketan enak kalo disajikan saat dingin, jadi rasanya pas,” tambahnya.

Dia mengaku dari sana mencoba memasarkan mulai Juni 2017. Saat itu Tika pernah diminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cirebon untuk melakukan kegiatan cara pembuatan tape ketan di Desa Bakung secara langsung. Tujuan diadakannya kegiatan itu agar pengrajin bisa mengolah tape lebih inovatif dan nilai jualnya juga lebih tinggi.

BACA YUK:  Biznet Bangun Infrastruktur Internet Masa Depan di Pulau Bangka

Dari sanalah Tika tergerak untuk mulai memasarkan melalui media sosial maupun saat acara bazar. Baginya dengan mengijuti Bazar akan banyak orang yang tahu, karena produk tersebut didisplay.

Terbukti, sekarang pemasaran diakui jauh lebih meningkat karena banyak reseller yang mulai memesan pancake tape ketan ini untuk dijual kembali oleh mereka di kotanya masing-masing.

“Aku sih bisa bilang memang beneran pertama kali pancake tape ketan di Indonesia,” imbuhnya.

Di dalam kulit pancake yang tipis, terdapat wipe cream yang lembut dan tape ketan Khas Bakung yang segar, sehingga rasanya unik dan lembut di lidah. Untuk menikmati pancake ini, sajikan saat dingin, agar lebih meknyus. Bagi yang ingin memesannya bisa cek instagram nya di @nengalena.id.

BACA YUK:  Pertama di Indonesia, Health Insurtech Rey Rilis Membership Kesehatan Terjangkau Berbasis Proteksi

Tika mengatakan resellernya pun saat ini sudah tersebar di berbagai kota besar lainnya seperti Jakarta, Bandung, Majalengka, dan Kuningan. Dia berharap oleh-oleh Khas Cirebon ini akan lebih dikenal dan disukai banyak orang. (AC560)

(Dilihat: 154 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.