Permudah Masyarakat, Bupati Cirebon Upayakan Pengurusan KTP Hanya di Kecamatan

Cirebon,- Untuk mempermudah masyarakat Kabupaten Cirebon, Bupati Cirebon, Drs. H. Imron berkeinginan pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) hanya di tingkat kecamatan.

Hal tersebut disampaikan Imron saat melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, Kamis (16/7/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Imron menjelaskan bahwa pihaknya sedang berupaya untuk mempermudah pengurusan KTP, hanya sampai kecamatan saja.

“Saya sedang berusaha, nanti pengurusan KTP tidak usah ke kabupaten lagi, tapi cukup di kecamatan saja,” kata Imron.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Pemkab Cirebon sudah bekerja sama dengan Telkom, untuk bisa memfasilitasi internet di seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Cirebon.

BACA YUK:  Resmikan Gedung Khusus PPA, Bupati Harapkan Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Cirebon Turun

Imron mengatakan, dengan adanya akses internet diseluruh wilayah di Kabupaten Cirebon, nantinya akan mempermudah pendataan dan juga proses pelayanan kepada masyarakat.

“Karena pendataan bantuan dan lainnya, sumbernya itu dari KTP. Sehingga ini sangat penting sekali,” ungkap Imron.

Imron juga membahas masih adanya kekurangakuratan data penduduk, saat proses penerimaan bantuan dari pemerintah. Menurut Imron, carut marut data tersebut, akibat banyaknya data yang tidak sama antar instansi.

Oleh karena itu, dengan terfasilitasinya akses internet di seluruh Kabupaten Cirebon, nantinya Pemkab Cirebon akan menerapkan single data. Sehingga hanya ada satu data, terkait data kependudukan dan lainnya.

BACA YUK:  Bupati Imron Lepas Keberangkatan 440 Calon Haji di Asrama Haji Watubelah Sumber

“Kita akan membuat data terpadu satu pintu. Sehingga nanti, tidak ada lagi data desa beda dengan kecamatan dan juga instansi lainnya,” kata Imron.

Bupati menyebutkan, bahwa kunjungan kerjanya ke sejumlah kecamatan di Kabupaten Cirebon, untuk bisa melihat secara langsung potensi dan problem yang sedang dialami oleh wilayah tersebut.

Berdasarkan hasil kunjungan kerja ini, pihaknya nantinya bisa membuat kebijakan berdasarkan masukan yang diterima langsung dari bawah.

“Agar kita bisa bersama-sama membangun Kabupaten Cirebon,” tandas Imron. (AC212)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *