Peringati Hari Pahlawan, Wali Kota Cirebon: Para Generasi Penerus Harus Bisa Mewarisi Sifat-sifat Kepahlawan

Cirebon,- Upacara peringatan Hari Pahlawan tingkat Kota Cirebon diselenggarakan di Taman Makam Pahlawan, Jalan Diponogoro, Kota Cirebon, Kamis (10/11/2022). Bertindak selaku inspektur upacara dipimpin oleh Dandim 0614 Kota Cirebon, Letkol Inf. Robil Syaefullah dan dihadiri Wali Kota Cirebon, unsur Forkopimda, Veteran, TNI-Polri, dan elemen masyarakat.

Selain upacara peringatan Hari Pahlawan, kegiatan juga diisi dengan berziarah sekaligus tabur bunga dan juga memberikan bingkisan berupa paket sembako kepada Veteran Kota Cirebon.

Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis mengungkapkan makna dari Hari Pahlawan tahun 2022 ini adalah bagaimana kita bisa meneladani apa yang telah ditunjukkan melalui perjuangan-perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Semangat rela berkorban untuk bangsa dan negara, menurut Azis, tentunya harus selalu tertanam dalam hati sanubari generasi penerus bangsa Indonesia.

BACA YUK:  Marak Kasus Gagal Ginjal Pada Anak, RS PAD Kota Cirebon Gelar Seminar Awam

“Semangat untuk kemudian memberikan yang terbaik buat bangsa dan negara, ini juga harus selalu dimiliki oleh setiap generasi penerus bangsa Indonesia. Oleh karena itu, saya selaku kepala daerah mengharapkan para generasi penerus untuk bisa mewarisi sifat-sifat kepahalawan dari para pejuang kita,” ujar Azis usai upacara Hari Pahlawan.

“Rela berkorban dan juga mempersiapkan masa depan untuk bangsa ini, itulah yang harus menjadi tauladan kita. Jadi tepat sekali kalau kita mengambil tema Pahlawanku Tauladanku,” tambahnya.

Sementara itu, Dandim 0614 Kota Cirebon, Robil Syaefullah mengatakan upacara peringatan Hari Pahlawan ini bertujuan untuk mengenang para jasa pahlawan-pahlawan kita. Lanjut Robil, mereka buka saja berkorban nyawa, harta dan benda, tetapi segalanya mereka korbankan untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

BACA YUK:  Wali Kota Cirebon Minta Seluruh Kepala SKPD Bisa Hadir Saat Rapat Paripurna DPRD

“Itulah yang harus kita kenang, kita ikuti. Tugas kita saat ini lebih berat, karena harus mempertahankan kemerdekaan. Mempertahankan itu lebih berat daripada merebut,” kata Robil.

Pihaknya berharap ke depan para generasi penerus harus mewarisi semangat perjuangan mereka. Seperti salah satu contohnya, menurut Robil, Aki Tisna seorang Veteran Kota Cirebon, diusia yang sudah sepuh masih mempunyai semangat yang luar biasa, masih memperhatikan bangsa dengan tulisan-tulisan yang beliau buat di facbook.

“Ini yang sangat luar biasa dan harus kita ikuti hal-hal yang beliau lakukan. Terutama untuk generasi muda, karena saya lihat banyak generasi muda kita yang tidak peduli dengan kondisi bangsa maupun sejarah bangsa,” ujarnya.

BACA YUK:  Yellow.ai Luncurkan USD 43 Juta Dalam Program Kepemilikan Saham Karyawan, Mendemokratisasi Penciptaan Kemakmuran Untuk Semua Karyawan

Robil berpesan kepada generasi muda untuk selalu mengingat pesan dari Presiden pertama Indoneisa Ir. Soekarno.

“Beliau menyampaikan Jas Merah, “Jangan sekali-kali Melupakan Sejarah” tanpa sejarah kita tidak akan seperti sekarang ini,” pungkasnya. (HSY)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *