Peringati Hari Kesehatan Sedunia, Ketua IDI Kota Cirebon: Harus Diperhatikan Mental, Ibu dan Anak, serta Iklim

Cirebon,- Setiap tahunya pada tanggal 7 April selalu diperingati dengan Hari Kesehatan Sedunia atau World Health Day (WHD). Tahun 2022, Hari Kesehatan Sedunia jatuh pada hari Kamis 7 April 2022.

Tema yang diusung di Hari Kesehatan Sedunia 2022 yaitu ‘Our Planet, Our Health’. Tema tersebut bermakna bahwa kesehatan manusia yang bergantung pada keadaan bumi.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Cirebon, dr. Edial Sanif mengatakan di peringatan Hari Kesehatan Sedunia 2022 yang perlu diperhatikan adalah mental. Menurutnya, mental manusia harus betul-betul diperhatikan.

BACA YUK:  Seagate Meluncurkan Hard Disk Eksternal Koleksi Baru yang Terinspirasi dari Star Wars Galaxy

“Yang harus diperhatikan adalah mental manusianya. Karena, mental ini sangat diperlukan untuk menata dunia ini. Harus menata organisasi masing-masing, menata negara masing-masing, hingga menata pribadi masing-masing” ujar Edial saat ditemui About Cirebon, Kamis (7/4/2022).

Selain mental, kata Edial, yang yang harus kita perhatikan adalah Ibu dan Anak, serta iklim. Iklim yang tidak makin menentu, menurutnya, tentu harus mendapat perhatian dari organisasi gerakan dunia.

“Jadi di Hari Kesehatan Sedunia 2022 dititikberatkan pada tiga hal tersebut, mental, ibu dan anak, serta iklim. Mental manusia ini harus diperhatikan, karena mental di dunia ini satu kata itu bisa menghebohkan dunia,” jelasnya.

BACA YUK:  Prakiraan Cuaca Kota Cirebon, 20 April 2022

“Sama halnya seperti dokter, satu tindakan tidak benar akan menyebabkan manusia meninggal dunia. Itulah pesan yang sangat luar biasa dari WHO,” sambungnya.

Menurut beberapa study, tambah Edial, sudah banyak masyarakat yang mengalami depresi ringan hingga berat cukup banyak. Dari dua diantara tiga orang mengalami depresi ringan sampai berat.

“Sehingga, anak-anak sekolah sekarang sudah mulai mencoba bunuh diri. Artinya mentalnya sudah betul-betul harus diperhatikan. Kemudian kesehatan ibu dan anak perlu diperhatikan dan iklim juga mendapat perhatian dari WHO,” pungkasnya. (HSY)

BACA YUK:  Setiap Malam Minggu, Disbudpar Kota Cirebon Akan Hadirkan Musik di Depan Balaikota
(Dilihat: 51 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.