Rabu, 27 Oktober 2021

Peringati Hari Indonesia Menabung, OJK Cirebon Gelar Kegiatan Puncak Kreasi

Populer

Nasabah BRI Cirebon Kartini Dapat Hadiah Mobil dari Panen Hadiah Simpedes

Cirebon,- Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cirebon Kartini menggelar undian Panen Hadiah Simpedea (PHS) periode pertama tahun 2021....

Satreskrim Polresta Cirebon Amankan Delapan Pelaku Penganiayaan

Cirebon,- Jajaran Satreskrim Polresta Cirebon mengamankan delapan pelaku penganiayaan. Peristiwa tersebut mengakibatkan seorang korban meninggal dunia dan dua korban...

Kecintaan Hariyani Prasetyaningtyas terhadap Dunia Perpustakaan Membuahkan Banyak Prestasi

Cirebon,- Kecintaan di bidang perpustakaan, dirasakan oleh Hariyani Prasetyaningtyas. Seorang librarian yang bekerja di BPK Penabur Cirebon sejak tahun...

BI Fast Payment Siap Diluncurkan, Biaya Transfer Antarbank Hanya Rp 2.500

Jakarta,- Pakai BI Fast Payment, transaksi antarbank untuk Rp 250 juta hanya dengan biaya Rp 2.500 per transaksi. Implementasi...

Inilah Tradisi Muludan Tiap Tahun Masyarakat Argasunya Kota Cirebon

Cirebon, — Ribuan santri dan warga ikut memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Piderma, Sumur Loa, Kelurahan...

Cirebon,- Memperingati Hari Indonesia Menabung 2021, Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon menyelenggarakan Puncak KEJAR Prestasi Anak Indonesia (KREASI) secara hybrid perpaduan daring dan tatap muka terbatas di Kantor OJK.

Kegiatan dengan tema “KEJAR Prestasi untuk Menjadi Generasi yang Menginspirasi” ini bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat, industri keuangan perbankan, dan Kementerian/ Lembaga. Hal ini untuk menanamkan budaya menabung sejak dini, meningkatkan komitmen, kerja sama, dan sinergi dengan seluruh stakeholders terkait, serta mengakselerasi penambahan rekening khususnya dari segmen pelajar.

Kepala OJK Cirebon, Mohammad Fredly Nasution mengatakan pemerintah melalui Dewan Nasional Keuangan Inklusif telah mencanangkan program Aksi Indonesia Menabung sebagai langkah strategis yang memberikan manfaat yang besar dan mendorong masyarakat untuk menabung di lembaga jasa keuangan formal.

Loading...

“Hal ini juga untuk mendukung pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90 persen pada tahun 2024 sebagaimana arahan Presiden RI dalam Rapat Terbatas (Ratas) SNKI pada tanggal 28 Januari 2020,” ujar Fredly.

Instruksi Presiden tersebut, lanjut Fredly, telah dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dengan mengeluarkan edaran tentang Program Simpanan Pelajar kepada Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia. Yang pada intinya pemimpin daerah diharapkan menghimbau kepala dinas yang membidangi urusan pendidikan untuk berpartisipasi aktif dalam mendorong implementasi budaya menabung.

Hal ini yang kemudian akan ditindaklanjuti oleh Wali Kota dan Bupati termasuk di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Majalengka, dan Kuningan berupa Surat Edaran (SE) kepada Kepala Dinas Pendidikan setempat untuk membantu mewujudkan Program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR).

BACA YUK:  Bantu Persediaan Darah PMI, Aston Cirebon Gelar Donor Darah

“Penerbitan Surat Edaran (SE) tersebut menjadi salah satu dari empat fokus kegiatan KEJAR Prestasi Anak Indonesia (KREASI) tahun 2021 ini. Fokus lainnya adalah pembukaan rekening, edukasi sosialisasi program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR), dan Penyelenggaraan Puncak Kreasi,” ungkapnya.

BACA YUK:  Bantu Persediaan Darah PMI, Aston Cirebon Gelar Donor Darah

Terkait pembukaan rekening, tambah Fredly, pada kegiatan KREASI ditargetkan pembukaan rekening dengan segmen pelajar (SimPel/SimPel iB atau tabungan anak lainnya) di seluruh Indonesia sebanyak 200.000 rekening dengan periode mulai bulan Juli sedangkan 27 Agustus 2021.

Pada tingkat wilayah kerja OJK Cirebon, pihaknya telah meminta perbankan di Kota Cirebon dan sekitarnya untuk lebih aktif melakukan pembukaan rekening pelajar pada periode ini.

Dari sisi edukasi sosialisasi program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR), telah dilakukan 3 (tiga) kali edukasi keuangan melibatkan perbankan yaitu Bank BJB Syariah, Bank Syariah Indonesia, dan Bank Mandiri. Edukasi dilakukan secara daring kepada pelajar di Ciayumajakuning dengan total peserta lebih 400 (empat ratus) siswa.

“Kegiatan edukasi keuangan ini akan terus berlanjut sampai dengan Bulan Inklusi Keuangan di bulan Oktober nanti,” jelasnya.

Pada penyelenggaraan Puncak Kreasi, Kantor OJK Cirebon menjadi salah satu dari 35 Kantor Regional dan Kantor OJK di seluruh Indonesia yang mengadakan kegiatan secara serempak pada tanggal 24 Agustus 2021.

Mengusung konsep edutainment, Kantor OJK Cirebon mengadakan lomba kreatif bagi pelajar di Wilayah 3 Cirebon yaitu lomba mewarnai, lomba menggambar, dan lomba tiktok bertema menabung. Seluruh pemenang mendapatkan bantuan beasiswa berupa tabungan pelajar dengan total hadiah sembilan juta rupiah.

Kegiatan Puncak Kreasi Kantor OJK Cirebon juga menghadirkan influencer keluarga AIUEO yang bercerita tentang pentingnya menabung sejak dini dan dihadiri oleh lebih dari 500 peserta secara online. Selain influencer, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, dan perwakilan perbankan pun melengkapi informasi tentang literasi keuangan dan tips agar menjadi generasi yang cerdas digital.

Pada kegiatan tersebut pula dilakukan pemberian bantuan dalam rangka corporate social responsibility (CSR) Hari Indonesia Menabung 2021 dari Bank Mandiri kepada SMA Santa Maria berupa berupa komputer dan perangkat pendukung kegiatan belajar senilai Rp 20 juta.

BACA YUK:  Bertabur Promo di Mataram, Untung Wujudkan Impian di FIFGROUP FEST

Pada sambutannya, Wali Kota Cirebon yang diwakilkan oleh Asisten Daerah Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Cirebon, Drs. Sumanto mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan yang telah mendorong pembukaan rekening bagi pelajar.

BACA YUK:  Vaksinasi untuk Lansia di Kabupaten Cirebon Gencar Dilakukan

Pihaknya akan terus mendukung program KEJAR salah satunya dengan penerbitan Surat Edaran (SE) kepada Kepala Dinas Pendidikan serta seluruh Kepala Sekolah di Kota Cirebon untuk dapat melakukan pembukaan rekening kepada siwa di sekolahnya bekerja sama dengan perbankan.

“Pembukaan rekening di kalangan pelajar adalah sebuah hal yang potensial. Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021 menunjukkan jumlah proyeksi penduduk Indonesia yang berusia 5-19 tahun (usia sekolah) adalah 66,2 juta atau mencapai 24,3 persen dari total jumlah penduduk Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pada tahun ajaran 2020/2021, jumlah peserta didik nasional secara keseluruhan berjumlah 44.579.613 orang. Jumlah tersebut adalah gabungan dari jumlah peserta didik dari 34 provinsi dan semua jenjang pendidikan baik SD/SMP/SMA/SMK di Indonesia.

Sedangkan, berdasarkan data Kementerian Agama Republik Indonesia, terdapat 20.055.250 peserta didik dari jenjang pendidikan MI/MTS/MA dan Pondok Pesantren. Apabila dijumlahkan secara total keseluruhan peserta didik di Indonesia berjumlah 64.634.863.

“Kondisi demografi tersebut menunjukkan besarnya manfaat menabung khususnya dari segmen pelajar dalam mendukung pembangunan nasional. Sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi termasuk di Wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan,” pungkasnya. (AC212)

Loading...
- Advertisement -

Latest News

Kawasan Industri di Kota Cirebon Hanya 49,09 Hektar, Perlu Rencana Induk Pembangunan Industri Kota

Cirebon,- Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon menggelar Forum Group Discussion (FGD) terkait rencana...

Edi Baredi Terpilih Menjadi Ketua Kadin Kabupaten Cirebon

Cirebon,- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Cirebon menggelar Musyawarah Kabupaten (Mukab) VII tahun 2021. Kegiatan tersebut berlangsung di salah satu hotel Jalan Tuparev,...

Satreskrim Polresta Cirebon Amankan Delapan Pelaku Penganiayaan

Cirebon,- Jajaran Satreskrim Polresta Cirebon mengamankan delapan pelaku penganiayaan. Peristiwa tersebut mengakibatkan seorang korban meninggal dunia dan dua korban lainnya mengalami luka-luka. Kapolresta Cirebon, Kombes...

Kecintaan Hariyani Prasetyaningtyas terhadap Dunia Perpustakaan Membuahkan Banyak Prestasi

Cirebon,- Kecintaan di bidang perpustakaan, dirasakan oleh Hariyani Prasetyaningtyas. Seorang librarian yang bekerja di BPK Penabur Cirebon sejak tahun 1999 sampai dengan saat ini....

“Bosch Virtual Chef” Tekankan 3 Kiat Kunci bagi UMKM Kuliner Indonesia untuk Menangkan Bisnis Pascapandemi

Jakarta,- UMKM kuliner menjadi kelompok sektor usaha yang paling terdampak pandemi COVID-19 di Indonesia. Survei “Dampak Pandemi COVID-19 terhadap UMKM” yang digagas Paper.id bersama...

More Articles Like This