Peringati HANI 2020, BNN Kota Cirebon Deklarasikan 3 Kelurahan Bersinar

Cirebon,- Dalam rangka memperingati puncak Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2020, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon mengikuti upacara secara virtual yang berlangsung di Ruang Adipura Balai Kota Cirebon, Jumat (26/6/2020).

Kegiatan upacara HANI 2020 yang diselenggarakan BNN Kota Cirebon ini, dihadiri oleh Forkopimda Kota Cirebon dan juga penandatanganan komitmen bersama oleh 32 instansi pemerintah.

Kepala BNN Kota Cirebon, Yaya Satyanagara mengatakan hari ini tanggal 26 Juni 2020 merupakan puncak peringatan hari anti narkotika internasional, yang dilaksanakan secara virtual di seluruh Indonesia di BNN Kabupaten/Kota, Provinsi hingga pusat yang terpusat di Istana Negara.

BACA YUK:  Jadwal Samsat Keliling Kabupaten Cirebon, 16 – 21 Mei 2022

Baca Yuk : Bersama BNN Kota Cirebon, Akper Dharma Husada Lakukan Tes Urine Mahasiswa Baru

“Adapun HANI ini mengusung sebuah motto hidup 100 persen sadar, sehat, produktif dan bahagia tanpa narkoba,” ujarnya usai kegiatan.

Khusus untuk Kota Cirebon, Yaya mengajak kepada masyarakat untuk mewujudkan Kota Cirebon Bersinar (Bersih Narkoba).

“Ayo wujudkan Kota Cirebon Bersinar (Bersih Narkoba) Mantap,” ungkapnya.

Mengenai kasus narkoba di wilayah Kota Cirebon, Yaya menjelaskan bahwa dilihat dari angka terjadi penurunan, namun bila dilihat dari jenisnya bukan narkotika melainkan psikotropika.

BACA YUK:  Penambahan Masa Libur Sekolah, Kang Emil: Kami Ikuti Kebijakan Pemerintah Pusat

“Dari segi angka ada penurunan, tetapi dari jenisnya mayoritas yang terjadi di Cirebon ini lebih kepada psikotropika,” terangnya.

Jenisnya adalah obat-obatan di Kota Cirebon, kata Yaya, yang terkenal seperti tramadol, zenit, riklona, dan sejenisnya.

Baca Yuk : Peringatan HANI 2019, BNN Kota Cirebon Sasar Kaum Millenial

“Kita juga membutuhkan bantuan dari masyarakat menginformasikan manakala di sekitar kita ada orang-orang yang mungkin masih menjual di era pandemi covid-19 ini tolong informasikan kepada kami,” katanya.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk jangan mudah terpengaruh dengan informasi bila memiliki orang dibelakangnya, langsung laporkan saja kepada BNN Kota Cirebon.

BACA YUK:  Abbott-Kemendikbudristek Bermitra untuk Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Pengukuran Tumbuh-Kembang Anak demi Turunkan Stunting

“Karena kami yakin dan percaya bahwa seluruh aparat penegak hukum, mereka semua komitmen dan konsisten untuk bagaimana menolak narkoba di Kota Cirebon ini,” jelasnya.

Menurut Yaya, kita sudah melakukan penandatangan komitmen bersama agar kota Cirebon ini bersih narkoba yang terdiri dari 5 Kecamatan dan 22 Kelurahan.

“Hari ini saya mendeklarasikan 3 kelurahan sebagai pilot projek kelurahan bersinar yakni Kelurahan Harjamukti, Kasepuhan dan Drajat,” paparnya.

“Target tahun ini, saya akan mendeklarasikan semuanya di 23 Kelurahan menjadi Bersih Narkoba,” tandasnya. (AC212)

(Dilihat: 11 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.