Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama, Kerukunan Umat Beragama di Kota Cirebon Sudah Baik

Cirebon,- Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama 2022 tingkat Kota Cirebon berlangsung di halaman Gedung Setda Balaikota Cirebon, Senin (3/1/2022). Pada kesempatan itu, Wali Kota Cirebon Drs. Nashrudin Azis membacakan amanat dari Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Kementerian Agama hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama. Kementerian Agama juga telah memberikan pelayanan prima untuk masyarakat.

Sejak dibentuk 3 Januari 1946, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang memiliki peran penting dan strategis.

“Kementerian agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua umat beragama,” tutur Azis.

BACA YUK:  Lestarikan Budaya Cirebon, GH Group Tampilkan Seni Tradisional dan Siapkan Kolaborasi Tarling-Jazz

Kementerian Agama juga telah hadir dan memberikan pelayanan prima untuk masyarakat, menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) agar tetap berada di jalurnya. Ini dibuktikan dengan naiknya indeks kesalehan umat beragama di Indonesia. Dari sebelumnya 82,52 pada 2020 menjadi 83,92 pada 2021.

Selain itu, indeks kerukunan umat beragama juga mengalami peningkatan dari semula 67,46 di 2020 menjadi 72,39 pada 2021. Sedangkan indeks kepuasan layanan KUA juga meningkat dari 77,28 pada 2020 menjadi 78,90 pada 2021.

Kementerian Agama, lanjut Wali Kota juga telah menjalin hubungan yang baik dengan tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, forum kerukunan umat beragama, serta unsur masyarakat lainnya.

BACA YUK:  Komunitas Sepeda Minitrek Cherbon Bagikan Ratusan Takjil di Jalan Siliwangi

““Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam berbagai pertemuan yang telah dilakukan. Baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi,” ungkapnya.

Banyaknya prestasi yang telah dicapai Kementerian Agama, kata Azis, merupakan hasil kerja keras semua pihak. Baik para perintis dan sesepuh Kementerian Agama serta semua pihak terkait. Untuk itu Azis meminta agar prestasi yang telah diraih dengan kerja keras dapat dipertahankan.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, Dr. H. Moh. Ahsan, M.Ag., menjelaskan bahwa kerukunan umat beragama di Kota Cirebon sudah baik. Bahkan Kota Cirebon memiliki satu daerah yang merupakan cermin dari kerukunan umat beragama yang ada di Kelurahan Larangan.

BACA YUK:  Kementerian Agama Tetapkan Label Halal Indonesia yang Baru

“Kita juga telah memiliki forum kerukunan umat beragama (FKUB) yang di dalamnya tidak hanya umat Islam, namun juga perwakilan dari umat beragama lainnya,” ujar Ahsan.

Pada kesempatan itu, turut diberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 21 PNS di Kementerian Agama Kota Cirebon. Penghargaan diberikan atas pengabdian tanpa cacat sebagai abdi negara di Kementerian Agama. (AC212)

(Dilihat: 55 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.