Sabtu, 30 Mei 2020

Periksa Kesehatan di Rail Clinic, Ibu Ini Baru Pertama Naik Kereta

Populer

Ada Pedagang Positif Covid-19, Pasar Sumber Ditutup Sementara Selama 14 Hari

Cirebon,- Dua Pedagang Pasar Sumber Kabupaten Cirebon terkonfirmasi Positif Covid-19 setelah dilakukan tes massal swab pada tanggal 18 Mei...

Masuk Zona Biru, Kabupaten Cirebon Tidak Perpanjang PSBB

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Cirebon berakhir pada hari ini, Jumat 29 Mei 2020.Pemerintah Daerah Kabupaten...

Mulai Besok Grage Mall dan Grage City Mall Siap Beroperasi Kembali

Cirebon,- Setelah menutup sementara operasional mall, Grage Group memutuskan Grage Mall dan Grage City Mall akan dibuka kembali besok,...

Tanpa Gejala Klinis, Dua Pedagang Pasar Sumber Terkonfirmasi Positif Covid-19

Cirebon,- Dua pedagang Pasar Sumber terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil test swab massal menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction)...

Kondisi Rumah Sangat Memprihatikan, Baznas Kota Cirebon Turun Tangan⁣ ⁣

Cirebon,- Sungguh mengejutkan saat memasuki rumah warga di RT 005 RW 001 No. 196 Gg. Rebon Pesisir Selatan Kelurahan...

Indramayu,- PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Persero, kembali menggelar Bakti Sosial Pengobatan Gratis dengan Rail Clinic dan Rail Library yang berlangsung di Stasiun Jatibarang, Selasa (26/3/2019).

Selain pengobatan gratis, PT. KAI memberikan bantuan kacamata gratis untuk 45 siswa-siswi SD di UPT Pendidikan Jatibarang. Pembagian kacamata diberikan kepada siswa yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan mata.

Selain pembagian kacamata, PT KAI Daop 3 Cirebon juga mengundang siswa-siswi dari SDN 1 & 2 Jatibarang, SDN 1, 2, 3 Bulak Lor, SD PUI, dan SD Santo Yusuf untuk mendapatkan penyuluhan kesehatan gigi serta pengetahuan tentang keselamatan perkeretaapian.

1. Baru Pertama Kali Naik Kereta

Loading...

Salah satu warga Blok Gudang Timur, Kecamatan Jatibarang, Sri Rahyu (60) mengaku senang dengan adanya pengobatan gratis dengan rail clinic.

Sri yang mengeluhkan sakit pada tangan kanannya mengaku baru pertama kali memeriksakan kesehatannya yang digelar oleh PT. KAI dengan rangkaian kereta api.

“Sebelumnya belum pernah periksa begini (diatas kereta), seneng Alhamdulillah dan baru pertama kali naik kereta sebagus ini,” ungkap Sri kepada About Cirebon.

2. Fasilitasnya Seperti Rumah Sakit

Berbeda dengan Nureni, warga Desa Bulak, blok Roma, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu yang memeriksakan kandungannya di rail clinic.

“Ini baru pertama kali periksa di Rail Clinic, tempatnya enak dan gratis juga, serta pelayanannya seperti di rumah sakit. Terus aneh, ada rumah sakit dalam kereta,” terangnya.

Nuraeni yang setiap bulannya periksa di bidan, mengaku perlengkapan dan fasilitas yang ada di Rail Clinic semuanya bagus.

Dirinya menginginkan kegiatan pengobatan gratis seperti ini rutin digelar. Pasalnya, sangat membantu bagi warga yang kurang mampu.

“Pengennya sih setiap bulan ada seperti ini, biar bisa membantu masyarakat yang kurang mampu,” harapnya.

3. Komitment PT. KAI di Bidang Kesehatan

Sementara itu, Deputi Vice President Daop 3 Cirebon, Raden Agus Dwinanto mengatakan kegiatan pengobatan gratis merupakan wujud kepedulian sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) KAI di bidang kesehatan.

“KAI berkomitmen membangun negeri dengan integritas, dedikasi, dan inovasi untuk terus memberi manfaat bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya di sela-sela kegiatan pengobatan gratis di Stasiun Jatibarang.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut Agus, PT. KAI Persero memberikan bantuan kesehatan gratis kepada 400 dan pembagian kacamata gratis untuk 45 siswa-siswi SD di UPT Pendidikan Jatibarang.

“Rail Clinic sudah 4 kali memberikan bantuan layanan kesehatan di sekitar jalur KA di wilayah Daop 3 Cirebon selama 4 tahun terakhir,” jelasnya.

“Pelayanan kesehatan gratis dengan Rail Clinic ini sudah menjadi program rutin PT KAI sebagai salah satu bentuk kepedulian KAI kepada masyarakat di sekitar jalur KA,” imbuh Agus.

Pihaknya berharap, dengan adanya layanan Rail Clinic generasi ke-4 di Stasiun Jatibarang ini, dapat membantu meningkatkan kesehatan dan minat baca masyarakat sekitar, serta membuat masyarakat semakin mencintai kereta api dengan lebih peduli terhadap keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api.

4. Pelayanan Kesehatan Primer

Pelayanan kesehatan gratis dengan Rail Clinic di Stasiun Jatibarang dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00 WIB.

Menurut Agus, masyarakat yang melakukan pemeriksaan kesehatan gratis mendapatkan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama.

Untuk pemeriksaan kesehatan, kata Agus, meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan kesehatan mata, pemeriksaan laboratorium sederhana, penyuluhan kesehatan, serta pelayanan kefarmasian.

“Kami menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 6 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 dokter spesialis kandungan, 2 bidan, 2 apoteker, 1 analis, 1 asisten apoteker, dan 7 paramedis,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Kepala Daerah di Ciayumajakuning Sepakat Perniagaan Antar Wilayah Ada Kelonggaran⁣

⁣Cirebon,- Pemerintah Provinsi Jawa Barat memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau...

Tren Kopi Susu Literan, Lebih Hemat dan Bisa Untuk Hampers

Cirebon,- Belum selesai dengan tren kopi susu, akhir-akhir ini berbagai Coffee Shop mulai mengembangkan produksi kopi susu dengan kemasan literan.Apalagi, di tengah situasi Pandemi...

Mulai Hari ini Objek Wisata Keraton Kasepuhan, Goa Sunyaragi, dan Makam Sunan Gunung Jati Dibuka Kembali

Cirebon,- Setelah pusat perbelanjaan dan masjid diperbolehkan untuk ibadah Salat Jumat di Kota Cirebon, kini tempat wisata di Cirebon juga mulai buka.Sudah hampir 3...

Moment RAFI 2020, Layanan Data Telkomsel Alami Peningkatan

Jakarta,- Momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) yang baru saja berlalu, pemanfaatan layanan berbasis data Telkomsel mengalami peningkatan.Seperti layanan data mengalami peningkatan yang tertinggi...

Setiap Pekan, PT Soca Samudera Nusantara Rutin Berbagi Nasi dan Masker

Cirebon,- PT Soca Samudera Nusantara membagikan nasi kotak dan masker kepada para pengendara yang melintas di Jalan Pangeran Cakrabuana, Kelurahan Sendang, Kabupaten Cirebon, Jumat...

More Articles Like This